Subhanallah! Inilah Manfaat Dan Keutamaan I’tikaf

Artikel terkait : Subhanallah! Inilah Manfaat Dan Keutamaan I’tikaf


Menurut bahasa i’tikaf artinya diam atau menetapi sesuatu dan menahan diri agar senantiasa tetap berada padanya. Sedangkan menurut istilah syara’ i’tikaf adalah menetapnya seorang muslim di dalam masjid untuk melaksanakan ibadah Allah SWT.

Setiap muslim disunnahkan untuk berniat I’tikaf disaat masuk mesjid. Karena I’tikaf hukumnya adalah sunnah, tujuan I’tikaf adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Bagi orang yang beri’tikaf disunnahkan untuk memanfaatkan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya. seperti untuk  berdzikir, membaca Al-Qur’an, dan mengerjakan shalat-shalat  sunnah. 

Sahabat muslim, jika selama ini anda sering ke mesjid untuk shalat berjamaah, namun lupa untuk berniat I’tikaf. Mulai dari sekarang jangan lupa lagi ya. Paling tidak, anda sudah memperoleh pahala I’tikaf walau hanya melakukan shalat berjamaah. 

Sungguh luar biasa orang yang mengingat Allah dengan cara beri’tikaf didalam mesjid. Karena mesjid merupakan rumah Allah yang sangat agung. Dan Allah pun akan memeberikan pahala dan beberap keutamaan kepada orang tersebut, diantaranya akan dijelaskan sebagai berikut:


Berikut beberapa keutamaan I’tikaf didalam Masjid
I’tikaf memiliki banyak sekali keutamaannya, diantaranya telah disebutkan didalam Hadis Rasulullah SAW:
Dari Aisyah Radhiyallahu anha ia berkata : “Rasulullah SAW melakukan i’tikaf setiap bulan ramadhan selama sepuluh hari, maka ketika di tahun menjelang wafatnya, Rasulullah beri’tikaf dua puluh hari. Dan istri-istrinya beri’tikaf setelah itu.” ( HR. Bukhari dan Muslim)
Dari ibnu Abbas Radhiyallahu anhu ia berkata : “Barang siapa beri’tikaf satu hari karena mengharap keridhaan Allah SWT, Allah akan menjadikan jarak antara dirinya dan api neraka sejauh tiga parit, setiap parit sejauh jarak timur dan barat. (HR. Thabrani dan Baihaqi)
Imam Al-Khatib dan Ibnu Syahin meriwayatkan hadits dari Tsauban Radhiyallahu anhu meriwayatkan, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang beri’tikaf antara maghrib dan isya di masjid, dengan tidak berbicara kecuali sholat dan membaca Al-Quran, maka Allah berhak membangunkan untuknya istana di surga.”

Selain memperoleh keutamaan diatas, dengan I’tikaf juga akan memperoleh beberapa manfaat, diantaranya adalah:
1) Dapat merenungi dosa-dosa dimasa lalu
2) Dapat mendatangkan ketenangan dan ketentraman hati  
3) Akan memperoleh kebaikan dari Allah SWT
4) Semua amalan kita akan diangkat dengan rahmat dan kasih sayangNya
5) Orang yang beri’tikaf pada sepuluh hari terkahir akhir bulan Ramadhan akan terbebas dari dosa-dosa,  karena pada hari-hari itu salah satunya adalah bertepatan dengan malam lailatul qadar.

Tata cara beriktikaf di Masjid
1) Niat melakukan I’tikaf semata-mata karena Allah SWT
2) Selama beri’tikaf ia berputus sementara dari segala hal keduniaan, agar hati tenang untuk beribadah
3) Selama beri’tikaf orang tersebut tidak boleh keluar dari masjid, kecuali hanya untuk memenuhi hajat yang mesti ia laksanakan.
4) Selalu menjaga wudhu’
5) Memperbanyak melakukan amalan-amalan sunat:  seperti membaca Al-Quran, shalawat, berzikir,  dan melakukan shalat sunnat, seperti shalat sunat wudhu, shalat dhuha, shalat tahiyatul masjid, shalat tasbih dan shalat tahajjud.

Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam