Subhanallah! Inilah 10 Keutamaan Menikah Dalam Islam

Artikel terkait : Subhanallah! Inilah 10 Keutamaan Menikah Dalam Islam

Menikah adalah ucapan ijab Kabul yang terjadi antara kedua belah pihak. Atau bisa disebut juga sebagai janji suci yang telah diikatkan. Selain mengikuti sunnah rasul, menikah juga merupakan ibadah kepada Allah SWT. 

Maka jika anda sudah mampu untuk menikah, tunggu apa lagi? ayo segera tunaikan hajatmu. Karena dengan menikah banyak sekali manfaat dan keutamaan yang anda peroleh. Selain mendapatkan pahala disisi Allah SWT, menikah juga memiliki keutamaan lainnya yang sangat banyak, diantaranya akan dijelaskan sebagai berikut:
Berikut keutamaan menikah yang dapat kita raih:
1) Akan mendapatkan pertolongan Allah SWT  di hari kiamat kelak
Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW: “Tiga golongan orang yang berhak ditolong oleh Allah adalah: Pertama orang yang berjihad / berperang di jalan Allah, kedua: Budak yang menebus dirinya dari tuannya, ketiga:  Pemuda  atau pemudi yang menikah karena mau menjauhkan dirinya dari yang haram” (HR. Tirmidzi, Ibnu Hibban dan Hakim)

2) Akan membukakan pintu rizki
Allah SWT telah memerintahkan seseorang untuk menikah. Ketika seseorang dalam keadaan fakir (tidak mampu) dan ia telah menjalankan apa yang diperintahkan oleh-Nya, maka Allah SWT akan senantiasa mencukupkan rizkinya, untuk istri  dan anak-anaknya. Oleh karena itu jangan takut menikah karena fakir. 

Sebagaimana Firman Allah SWT didalam Al-Quran surah An-Nur ayat 32:
Yang artinya:  “Dan menikahlah orang-orang yang sendirian diantara kamu semua dan hamba-hamba sahayamu yang laki-laku dan perempuan. Jika mereka dalam keadaan fakir dan miskin, Allah SWT akan mencukupkan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) dan lagi Maha Mengetahui.” (QS. An-Nur: 32).

3) Dalam beramal orang yang sudah menikah akan mendapatkan pahala yang lebih banyak dibandingkan dengan orang yang belum menikah.
Sebagamana Sabda Rasulullah SAW: “Dua rakaat shalat sunnah yang dilakukan oleh orang yang sudah menikah lebih baik dari tujuh puluh rakaat shalat sunah yang dilakukan orang yang belum menikah.” (HR. Ibnu Adiy dari Abu Hurairah)

4) Akan gugur semua dosa-dosa mereka saat merengkuh tangan pasangannya
Sabda Rasulullah SAW: “Sesungguhnya ketika seorang suami memperhatikan istrinya dan istrinya memperhatikan suaminya,” kata Nabi SAW menjelaskan: “maka Allah memperhatikan mereka berdua dengan perhatian penuh Rahmat. Manakala suaminya merengkuh telapak tangannya (diremas-remas), maka berguguranlah dosa-dosa suami istri itu dari sela-sela jari jemarinya.” (Diriwayatkan Maisarah bin Ali dari Ar-Rafi dari Abu Sa’id Al-Khudzri Radhiyallahu Anhu)

5) Dengan menikah berarti ia telah menyempurnakan separuh dari Ibadah
Sungguh luar biasa manfaat menikah dalam islam, sampai-sampai islam begitu memuliakan sebuah pernikahan yang dibangun atas dasar untuk beribadah kepada Allah SWT. sehingga menikah dianggap sebagian dari kesempurnaan ibadah dari seorang muslim. 

Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW: “Barang siapa menikah, maka ia telah menyempurnakan separuh dari ibadahnya (agamanya). Dan hendaklah ia bertakwa kepada Allah SWT dalam memelihara yang sebagian lagi.” (HR. Thabrani dan Hakim).

6) Dapat meningkatkan ibadah kepada Allah SWT
Dengan menikah dapat meningkatkan ibadah kita kepada Allah SWT. betapa tidak, semua yang dilakukan oleh suami istri merupakan ibadah, bersetubuh ibadah, mencium istri juga ibadah, merangkul dan memeluknya juga ibadah. Bahkan mencari rezki untuknya juga merupakan ibadah. Semua yang dilakukan oleh suami istri merupakan ibadah asalkan sesuai dengan syariatnya.

Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW: “Jika kalian telah bersetubuh dengan istri-istri kalian, maka hal itu adalah sedekah”. Mendengar perkataan Rasulullah tersebut para sabahat kebingungan dan bertanya: “Wahai Rasulullah, seorang suami yang telah memuaskan nafsu birahinya terhadap istri-istri mereka akan mendapatkan pahala?” Rasulullah menjawab: “Bagaimana menurut kalian bila mereka (para suami) bersetubuh dengan selain istri-istrinya, bukankah mereka telah melakukan perbuatan dosa?” Jawab para sahabat: “Ya, benar.” Beliau bersabda kembali: “Begitu pula jika mereka telah bersetubuh dengan sitrinya (di tempat yang halal), maka mereka akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.” (HR. Muslim, Ahmad, Nasa’i)

7) Orang yang menikah berarti ia telah menjalankan Sunnah Rasul
“Rasulullah SAW telah memerintahkan kami untuk segera menikah dan melarang kami membujang dengan larangan yang sangat keras.” Dan Beliau bersabda yang artinya: Nikahilah seorang wanita yang banyak anak dan memiliki sifat penyayang. Karena aku (Rasulullah SAW) akan bangga dengan bertambah banyaknya umatku dihadapan para Nabi  kelak di hari kiamat.” (HR. Ahmad)

8) Dapat menjaga kesucian diri
Rasulullah SAW bersabda: “Wahai pemuda, siapa saja diantara kalian yang sudah mampu untuk menikah, maka menikahlah. Karena menikah itu lebih menundukan pandangan dan membentengi kemaluan. dan barangsiapa yang belum mampu, maka hendaklah ia melakukannya dengan jalan berpuasa. Karena puasa itu dapat membentengi serta menjauhkan dirinya dari perbuatan keji dan munkar.” (HR. Ahmad, Muslim, Bukhari, Tarmidzi, Nasa’i, Ibnu Jarud, Baihaqi, dan Darimi)

9) Agar terhindar dari perbuatan zina
Mengapa Allah SWT menganjurkan kita untuk menikah? agar kita terhindar dari perbuatan zina. Karena seksualitas merupakan kodrat dari manusia. Oleh karena itu bagi yang sudah mampu maka segeralah menikah, agar dapat menundukkan pandangannya.
Sebagaiman Firman Allah SWT: “Janganlah kamu mendekati zina, karena sesungguhnya zina itu adalah perbuatan yang sangat dibenci Allah SWT”.

10) Agar memperoleh keturunan yang shalih dan shalihah
Yang terakhir manfaat dan keutamaan menikah dalam islam adalah untuk memperoleh keturunan yang shalih dan shalihah. 

Hal ini berdasarkan firman Allah SWT:
Yang artinya: “Allah telah menjadikan dari para Ibu-ibu kamu itu pasangan suami-istri dan menjadikan bagimu dari istri-istri kamu, anak-anak dan cucu-cucu, dan memberikannya rezki yang baik-baik. Maka mengapa mereka beriman kepada hal bathil dan mengingkari nikmat Allah SWT?.” (QS. An-Nahl: 72)

Nah begitu banyaknya manfaaat dan keutamaan menikah. oleh karena itu bagi anda yang sudah mampu untuk menikah, maka bersegeralah untuk melamar pasanganmu, karena dia sedang menanti dirimu. 

Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam