Kelebihan Dan Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi Dimalam Jumat

Artikel terkait : Kelebihan Dan Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi Dimalam Jumat


Surat Al Kahfi adalah salah satu surat yang terdapat didalam Al-Qur’an, pada surat ke 18, juz 15 dan diawal juz 16. Surat ini diturunkan dikota makkah atau disebut dengan surat makkiyyah dengan jumlah ayat 110 ayat.

Surat Al Kahfi merupakan salah satu surat didalam Al-Quran yang memiliki banyak kelebihan dan keutamaan jika kita mau mengamalkannya untuk membacanya rutin setiap hari. Apalagi kalau dibaca dimalam jumat atau dihari jumat. Karena Rasullulah SAW menganjurkan umatnya untuk selalu membaca surat Al-Kahfi  dimalam jum’at atau diharinya.


Namun alangkah sayangnya, Betapa banyak orang yang lalai membaca surat Al-Kahfi dimalam jumat. Apa mungkin karena terlalu banyak ayatnya? atau mungkin karena malas, karena tidak tahu manfaat dan keutamaan yang diperoleh bagi orang yang membacanya. 

Nah, jika anda malas mengamalkan surat tersebut dimalam jumat, yuk kita lihat kelebihan dan keutamaan membaca surat Al-Kahfi di malam jumat atau harinya. Mungkin dengan mengetahui kelebihannya anda akan gemar mengamalkannya.

Berikut beberapa Kelebihan dan keutamaan membaca surat Al-Kahfi  dimalam jumat:

1) Dapat menghindarkan diri dari fitnah dajjal
Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada malam jumat atau harinya, niscaya ia akan terhindar dari fitnah Dajjal. Rasulullah SAW bahkan pernah bersabda bahwa jika seorang manusia rajin membaca surat Al-Kahfi tidak hanya di hari jum’at saja maka dia akan terhindar dari fitnah dajjal yang keji. Apalagi menghafalkannya. 

Sebagaimana Sabda Nabi SAW: “Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya.” (HR. Dailami)
“Maka barangsiapa di antara kamu yang mendapatinya (mendapati zaman Dajjal) hendaknya ia membacakan atasnya ayat-ayat permulaan surat Al-Kahfi.” (HR Muslim)
“Barangsiapa yang membaca sepuluh ayat dari permulaan surat Al-Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal.” (HR Muslim)

2) Akan mendapatkan cahaya dari Allah SWT
Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadist bahwa Rasullullah SAW bersabda : “Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad)

3) Akan dipancarkan cahaya sejauh dirinya dan Ka’bah
Diriwayatkan dari Sahabat Abu Sa’id Al-Khudri bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘Atiq (Ka’bah).” (Sunan Ad-Darimi)

4) Akan dipancarkan cahaya di antara dua jumat
Dalam riwayat lain, Abu Sa’id al-Khudri  Radhiyalahu anhu berkata, Rasulullah SAW Bersabda:  “Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum’at.” (HR. Al-Hakim dan Al-Baihaqi)

5) Akan diampuni dosanya oleh Allah SWT
Dari Ibnu Umar Radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.” (HR. Abu Bakr bin Mardawaih)

6) Akan meneranginya di hari kiamat
Abdullah bin Umar Radhiyallahu anhu berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.” (HR. Abu Bakr bin Mardawaih)

Nah, itulah beberapa manfaaat dan keutamaan membaca Surat Al-Kahfi dimalam jumat atau diharinya, mudah-mudahan dengan mengetahui keutamaan ini kita semakin giat lagi membaca surat Al-Kahfi dimalam tersebut, dan menjadi rutinitas kita dimalam jumat.

 

Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam