Amalan Sunnah Yang Sangat Istimewa Dimalam Jumat

Artikel terkait : Amalan Sunnah Yang Sangat Istimewa Dimalam Jumat


Hari jumat merupakan hari yang sangat besar diantara hari-hari lain dalam sepekan. Jumat artinya berkumpul yaitu berkumpulnya orang-orang dimesjid untuk melakukan ibadah yang sangat besar  yaitu shalat jumat. Shalat jumat diwajibkan bagi setiap muslim laki-laki yang sudah baligh. 




Sebagaimana Firman Allah SWT didalam Al-Qur’an Surah Al-Jumuah ayat 9:


Yang artinya: “Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, Maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui”. (QS. Al-Jumu’ah: 9)

Namun, banyak sekali di antara kita yang mungkin masih belum tahu betapa istimewanya hari jum’at ini bagi ummat muslim, karena banyak amalan-amalan yang disunnahkan pada hari jumat. Mulai dari malam jumat sampai harinya.

Sebagaimana Sabda Nabi SAW: “Hari terbaik dimana matahari terbit di hari itu adalah hari jum’at. Di hari itu Adam diciptakan, di hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan juga dikeluarkan dari surga. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari jum’at.” (HR. Muslim)

Lalu apa saja amalan sunnah yang sangat istimewa dimalam jumat, berikut penjelasannya:

1) Membersih diri
Pada hari jumat kita disunnahkan untuk memebersihkan diri, mulai dari memotong kuku dihari jumat itu juga merupakan ibadah. Mandi membersihkan diri sebelum berangkat jumat juga merupakan ibadah. Memakai wangi-wangian juga merupakan ibadah. 

Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW:
“Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang mandi pada hari jum’at, maka ia mandi seperti mandi janabah…” (HR. Bukhari dan Muslim).

Disebutkan pula didalam Hadis lain:
“Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu shalat sesuai dengan kemampuan dirinya, dan ketika imam memulai khutbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jum’at ini sampai Jum’at berikutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2) Membaca Surat Al-Kahfi
Amalan sunnah yang sangat dianjurkan dimalam jumat atau dihari jumat adalah membaca Surat Al-Kahfi.
Sebagaimana disebutkan didalam Hadis Nabi SAW:
“Dari Abu Sa’id Al Khudri, Rasulullah SAW bersabda: “ Barangsiapa membaca surat Al Kahfi sebagaimana diturunkan, maka ia akan mendapatkan cahaya dari tempat ia berdiri hingga Mekkah. Barangsiapa membaca 10 akhir ayatnya, kemudian keluar Dajjal, maka ia tidak akan dikuasai. Barangsiapa yang berwudhu, lalu ia ucapkan: Subhanakallahumma wa bi hamdika laa ilaha illa anta, astagh-firuka wa atuubu ilaik (Maha suci Engkau Ya Allah, segala pujian untuk-Mu, tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau, aku senantiasa memohon ampun dan bertaubat pada-Mu), maka akan dicatat baginya dikertas dan dicetak sehingga tidak akan luntur hingga hari kiamat.” (HR. Al Hakim)

Dari Abu Sa’id Al Khudri, Rasululah SAW bersabda: “Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka ia akan disinari oleh cahaya di antara dua jum’at”. (HR. hakim) Dalam lafazh lainnya dikatakan: “Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, maka ia akan mendapat cahaya antara dirinya dan rumah yang mulia (Mekkah).”

3) Membaca Surat Yasin
Dimalam jumat atau diharinya kita disunnahkan untuk membaca surah Yasin. Karena Keutamaan membaca Surat Yasin dimalam jumat telah disebutkan didalam sebuah hadits riwayat Abu Daud yang berbunyi:
“Barang siapa membaca Surat Yasin dan As-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud)

4) Memperbanyak Shalawat Nabi
Dimalam jumat kita Disunnahkan untuk memperbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. karena malam jumat merupakan malam-malam tersistimewa dibandingkan dengan malam-malam lain dalam satu pekan.
Bershalawat kepada Nabi SAW adalah sebuah amalan yang bisa kita lakukan kapanpun dan dimanapun kita berada. Namun pada malam jumat atau hari jum’at, ada keistimewaan dimana kita dianjurkan untuk memperbanyak bershalawat kepada nabi pada hari itu. 

Hal ini berdasarkan Hadits Nabi SAW:
“Dari Abu Umamah, Rasulullah SAW bersabda, Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan kepadaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi)

5) Memperbanyak berdoa
Di malam atau hari Jum’at, kita disunnahkan untuk memperbanyak berdoa kepada Allah SWT . Doa apa saja, yang penting untuk kebaikan kita. lebih-lebih kalau kita berdoa diantara dua khutbah, karena pada waktu itulah, waktu istijabahnya doa. 

Sebagaimana disebutkan didalam Hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Nabi SAW menyebut hari Jum’at kemudian berkata: “Di hari Jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah SWT, niscaya permintaannya akan dikabulkan.” Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu”. (HR. Bukhari dan Muslim)

6) Memperbanyak Dzikir
Dzikir artinya mengingat Allah. Jadi kapanpun dan dimanapun kita berada kita disuruh untuk selalu berzikir kepada Allah SWT bahkan setiap detik nafas kita. lebih-lebih dimalam jumat atau harinya. Perbanyaklah berzikir, jika ada dilakukannya zikir bersama dimesjid atau dipengajian maka ikutilah. Jangan malas, karena banyak sekali pahala untu orang-orang yang berzikir (mengingat) Allah SWT.

Sebagaimana Firman Allah SWT Bdidalam Akl-Qur’an surah Al Jumu’ah ayat 9:
Yang artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian diseru untuk shalat pada hari jum’at, maka bersegeralah mengingat Allah…” (QS. Al Jumu’ah: 9)

Itulah beberapa amalan sunnah yang sangat dianjurkan dimalam jumat atau harinya. Malam jumat sangat istimewa bagi kita jikalau kita mengisinya dengan amalan-amalan shaleh. 


Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam