Subhanallah! Ternyata Inilah Keutamaan Menjenguk Orang Sakit Yang Sering Anda Sepelekan

Artikel terkait : Subhanallah! Ternyata Inilah Keutamaan Menjenguk Orang Sakit Yang Sering Anda Sepelekan


Menjenguk orang sakit merupakan suatu kewajiban bagi setiap muslim, terutama sekali bagi orang yang memiliki hubungan dengan dirinya, seperti saudaranya, kerabat dekatnya, tetangganya, dan saudara-saudara muslim lainnya.

Menjenguk orang sakit sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Dan perbuatan tersebut merupakan perbuatan yang sangat mulia, dan termasuk amal shalih yang paling utama yang dapat mendekatkan diri kita kepada Allah SWT, sehingga orang yang menjenguk orang sakit akan mendapatkan keutamaan dan pahala yang sangat besar disisi Allah SWT.


Menjenguk orang sakit merupakan salah satu hak setiap muslim terhadap muslim lainnya. Maka penuhilah hak tersebut. Karena orang yang sakit, mereka sedang merasakan penderitaan dan menahan rasa sakit yang menyerangnya. Oleh karena itu, ia lebih membutuhkan perhatian dan bantuan dari sesamanya, serta hiburan dan motifasi untuk menguatkannya. Karena itulah Islam memberikan perhatian besar terhadap akhlak mulia ini sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.
Dari Abu Musa Al-Asy'ari Radhiyallahu 'Anhu, bahwasannya Rasulullah SAW bersabda: “Berilah makan oleh kalian orang yang lapar, jenguklah orang sakit, dan bebaskan tawanan (muslim)”.  (HR. Bukhari)
Disebutkan oleh Al-Bara' bin Azib Radhiyallahu 'Anhu, ia berkata: “Rasulullah SAW memerintahkan kepada kami dengan tujuh perkara dan melarang kami dari tujuh perkara: Beliau memerintahkan kami agar menjenguk orang sakit…” (Muttafaq 'alaih)

Nah, Betapa kuatnya anjuran untuk menjenguk orang sakit. Bahkan perhatian Islam terhadap akhlak mulia ini sampai menjadikannya sebagai bagian dari hak persaudaraan sesama muslim.
Sebagaimana Sanda Rasulullah SAW: “Hak seorang muslim atas muslim lainnya ada lima: Menjawab salam, menjenguk orang sakit, mengantar jenazah, memenuhi undangan, dan mendoakan yang bersin.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Berikut Beberapa Keutamaan Menjenguk Orang Sakit

Allah SWT memberikan ganjaran dan pahala yang banyak bagi orang yang menjenguk orang sakit. Di antara dalil-dalil yang menunjukkan keutamaannya adalah sebagai berikut:
1) Dari Tsauban Radhiyallahu 'Anhu, Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang menjenguk orang sakit, ia berada dalam kebun surga sehingga dia kembali.”  (HR. Muslim dan Ahmad)

2) Dari Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu 'Anhu, ia berkata:  “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Tidaklah seorang muslim yang menjenguk muslim lainnya di pagi hari kecuali ada 70 ribu malaikat yang mendoakannya hingga sore hari. Dan jika menjenguknya di sore hari, ada 70 ribu malaikat yang mendoakannya hingga pagi, dan baginya satu kebun di surga." (HR. At-Tirmidzi)

3) Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu, Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang menjenguk orang sakit, maka ada seorang yang berseru dari langit: kamu adalah orang baik, dan langkahmu juga baik dan engkau berhak menempati satu tempat di surga.” (HR. Ibnu Majah, At-Tirmidzi, dan Ahmad)

4) Rasulullah SAW bersabda: “Apabila seseorang menjenguk saudaranya yang muslim (yang sedang sakit), maka seakan-akan dia berjalan sambil memetik buah-buahan Surga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba.” (HR. At-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad)

Itulah beberapa keutamaan menjenguk orang sakit. Maka dari itu jangan pernah kita spelekan perbuatan tersebut. Karena perbuatan tersebut banyak sekali keutamaan dan pahalanya. dan disaat kita menjenguk orang sakit, jangan lupa kita berdoa untuknya, dengan doa sebagai berikut:
Wallahu a’lam bissawab….

Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam