Inilah Alasan Kenapa Muslimah Wajib Memakai Kaus Kaki

Artikel terkait : Inilah Alasan Kenapa Muslimah Wajib Memakai Kaus Kaki


Menutup aurat merupakan suatu kewajiban bagi setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan. Namun batasan aurat laki-laki lebih ringan dari aurat perempuan. Aurat laki-laki antara pusar dan lutut sedangkan aurat perempuan adalah seluruh tubuh, kecuali didalam shalat, yang boleh nampak adalah muka dan kedua telapak tangan. Jika kita tidak mampu untuk menutup aurat seluruh tubuh, maka tutuplah aurat seperti halnya didalam shalat.  yaitu seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan. Nah bagaimana dengan kaki? Kaki juga merupakan aurat yang tidak boleh nampak didalam shalat. oleh karena itu diluar shalat pun kaki juga harus ditutup karena merupakan bagian dari aurat. Maka sudah menjadi kewajiban bagi muslimah untuk memakai kaus kaki, Agar tidak nampak auratnya.


Nah kenapa muslimah wajib memakai kaus kaki? Karena memakai kaus kaki merupakan perintah Allah untuk menutup aurat.  Sebagaimana Allah SWT menegaskan didalam Al-Quran surah Al-Ahzab ayat 59:

Artinya: “Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mu’min. Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al Ahzab: 59)

Menutup aurat hukumnya wajib bagi setiap muslim dan muslimah yang sudah menginjaki usia baligh. Tapi sayangnya, tidak semua muslimah tahu apa sajakah bagian tubuh yang termasuk aurat dan wajib ditutupi. Yang ada dipikiran mereka adalah “yang penting mengenakan pakaian tertutup dan jilbab saja itu sudah cukup”. Padahal ada beberapa bagian tubuh yang sering terlupakan bahkan sering diabaikan oleh muslimah kita. salah satunya adalah kaki. Banyak muslimah yang sering mengabaikan untuk memakai kaus kaki. Padahal Kaki termasuk salah satu aurat yang wajib ditutupi. Hanya wajah dan telapak tangan sajalah yang boleh terlihat. 

Sebagaimana Hadis Rasulullah SAW:
Dari ‘Aisyah Radhiallahu‘anha, beliau berkata:  Asma’ binti Abu Bakar pernah menemui Rasulullah SAW dengan memakai pakaian yang tipis. Maka Rasulullah SAW pun berpaling darinya dan bersabda:  “wahai Asma’, sesungguhnya seorang wanita itu jika sudah haidh (sudah baligh), tidak boleh terlihat dari dirinya, kecuali ini dan ini”. beliau menunjuk wajahnya dan kedua telapak tangannya”. (HR. Abu Daud).

Selain memenuhi perintah Allah SWT untuk menutup aurat, ternyata ada beberapa alasan kenapa muslimah harus memakai kaus kaki, ini alasannya :

1) Dapat mencegah kaki lecet
Ternyata mengenakan sepatu tanpa memakai kaus kaki dapat memicu kulit kaki lecet, apalagi jika kita menggunakannya dalam waktu lama. Maka dari itu selalu gunakan kaus kaki  untuk menghindari terjadinya lecet akibat gesekan pada dinding atau alas sepatu.

2) Dapat melindungi kaki dari bakteri dan jamur
Ternyata kaki yang terbuka dapat membuat debu, kotoran dan polusi menempel. Nah, dengan memakai kaus kaki ternyata dapat melindungi dari semua itu. sehingga bakteri dan jamur juga tidak menginfeksi kaki kita.

3) Dapat melindungi dari sengatan sinar matahari
Kulit kaki yang tidak terlindungi dengan baik dapat berpapar dan terbakar matahari sehingga bentuknya akan kering dan menghitam. Tentu sangat tidak menarik, bukan? Oleh karena itu pakailah kaus kaki agar kaki kita dapat terlindungi dari sengatan sinar matahari.

4) Dapat mencegah kaki berbau tidak sedap
Sebenarnya kaki memiliki kelenjar keringat yang banyak dibandingkan bagian tubuh lainnya, maka dari itu tak heran jika mudah berkeringat ketika tertutup sepatu. Inilah yang membuat bakteri betah dan memicu bau tak sedap. Nah dengan memakai kaus kaki ternyata dapat membantu menyerap keringat dan mencegah bau tidak sedap.

5) Dapat menjaga kelembapan alami kaki
Ternyata kaki mudah sekali berkeringat, maka dari itu kaus kaki berfungsi untuk membantu menjaga kelembapan alami kaki, karena kaus kaki yang baik dapat membantu menyerap keringat.

6) Dapat membuat kita tetap hangat saat musim dingin
Ketika musim dingin atau hujan, ternyata kaus kaki dapat membantu menghangatkan tubuh loh. Jadi kita tidak perlu khawatir lagi akan kedinginan.

Nah itulah beberapa alasan kenapa muslimah wajib mengenakan kaus kaki. Semoga dengan ini kita tidak pernah lupa untuk memakai kaus kaki saat berpergian. Dan tidak akan pernah mengabaikannya lagi. Jadi, apapaun pakaian yang kita kenakan, jangan pernah lupa untuk menyempurnakannya dengan memakai kaus kaki. Alangkah sayangnya jika hanya karena abai mengenakan kaus kaki, lantas kita harus menanggung akibatnya di akhirat kelak. Nauzubillah! Semoga dengan ini semakin banyak muslimah yang menyadari akan pentingnya mengenakan kaus kaki saat beraktivitas di luar rumahnya. Wallahua’lam…

Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam