Fadhilah Dan Keutamaan Membaca Surah Al-Mulk Sebelum Tidur

Artikel terkait : Fadhilah Dan Keutamaan Membaca Surah Al-Mulk Sebelum Tidur


Surah Al-Mulk merupakan salah satu surat yang terdapat didalam Al-Qur’an pada juz ke 29 (awal juz ke 29), dan surah ke 67 didalam Al-Qur’an. Surah Al Mulk ini diturunkan dimakkah yang terdiri dari 30 ayat. Disebut surah Al-Mulk karena kata “Al-Mulk “ terdapat pada ayat pertama surah ini, yang artinya “kerajaan”. Kerajaan yang dimaksud disini ialah mengenai kerajaan langit dan bumi milik Allah SWT sebagai simbol ke-Maha Rajaan Allah SWT. Surah al Mulk ini juga bisa disebut dengan “AtTabarak” yang artinya “Maha Suci”. Dalam surah ini dijelaskan tentang kekuasaan Allah, kesempurnaan ciptaan Allah dengan penjagaan yang sempurna. Dan disebutkan pula bahwa Allah SWT  yang maha kuasa menciptakan dan mematikan sesuatu menurut kehendak-Nya.

hTahukah anda? Ternyata surah Al-Mulk ini memiliki banyak sekali fadhilahnya dan keutamaannya.  Apalagi kalau kita baca sebelum tidur. Bahkan Rasulullah SAW sendiri sangat memperhatikan dan tidak akan tidur sebelum membaca surah Al-Mulk. Nah, bagaimana dengan kita? apakah kita pernah membacakannya sebelum tidur? Kalau belum, ayo kita amalkan surah ini untuk menjadi rutinitas kita sebelum tidur. Karena surah ini memiliki banyak sekali fadhilah dan keutamaannya, diantaranya akan dijelaskan sebagai berikut;

Fadhilah dan Keutamaaan Membaca Surah Al-Mulk Sebelum Tidur

1) Surah Al-Mulk merupakan diantara surah yang diperhatikan Nabi SAW
Sebagaimana Hadis Rasulullah SAW:
Dari Jabir bin Abdillah berkata: “Rasululullah SAW tidak tidur pada malam hari sehingga dia membaca (Alif Laam Miim, Tanzil) dan (Tabaarakakallazi Biyadihil Mulku).”  (HR. Tirmidzi)

2) Siapa saja yang membaca Surah Al-Mulk maka akan diampuni dosanya.
Sebagaimana Hadis Rasulullah SAW:
Dari Abu Hurairah bahwasannya Rasulullah SAW bersabda:  “Ada surah dari Al-Qur’an yang terdiri dari 30 ayat, Surat tersebut dapat memberikan syafa’at bagi  temannya (yaitu orang yang banyak membacanya) sehingga orang tersebut diampuni dosanya, yaitu: Surat Tabarakallazi biyadihil mulk.” (HR. Abu Dawud)

3) Siapa saja yang membaca Surah Al-Mulk  maka akan dekat dengan surgaNya Allah SWT
Sebagaimana disebutkan didalam Hadis Rasulullah SAW:
Dari Anas bin Malik berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Ada surat dari Alqur’an, ia hanya terdiri dari 30 ayat, Surat tersebut dapat membela temannya (yang membacanya) sehingga memasukkannya ke surga, yaitu: Surat Tabarak.” (HR. Thabarani)

4) Siapa saja yang membaca surah Al-Mulk maka akan menapatkan syafaat pada hari kiamat
Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW: “Bacalah Al-Qur’an, karena sesungguhnya bacaan Al-Qur’an itu akan datang pada hari kiamat untuk memberi syafaat bagi orang-orang yang membacanya (sewaktu di dunia).” (HR. Muslim)

5) Siapa saja yang membaca surah Al-Mulk maka akan terhindar dari siksa kubur dan siksa neraka
Sebagaimana disebutkan didalam Hdis Rasulullah SAW:
Dari Abdullah bin Mas’ud berkata, bahwasannya Rasulullah SAW bersabd”: “Barangsiapa membaca surat Tabarakallazi biyadihil mulk setiap malam, maka Allah SWT menghindarkannya dari adzab kubur, dan dahulu kami (para sahabat) di saat Rasulullah SAW (masih hidup) menamainya “al-Mani’ah” (penghindar/penghalang). Sungguh surah tersebut ada dalam Kitabullah, barang siapa membacanya dalam suatu malam, maka ia telah banyak berbuat kebaikan.” (HR. An-Nasa’i)

Dari hadis tersebut jelas disebutkan bahwa surah ini merupakan surah penghalang/penghindar dari siksa kubur. Jadi barang siapa yang membacanya maka ia akan terhindar dari siksa kubur. Siapa sih yang tidak bahagia ketika kita dibebaskan dari pedihnya azab kubur?  Oleh karena itu mari kita istiqamahkan diri kita untuk mengamalkan surah ini, dan menjadi rutinitas kita membacanya sebelum tidur sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.  Semoga Allah mudahkan langkah kita untuk lebih istiqamah lagi membaca surah Al Mulk ini. Aamiin Ya Rabbal ‘Alamiin…

Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam