Adab Menjenguk Orang Sakit Yang Dianjurkan Dalam Islam

Artikel terkait : Adab Menjenguk Orang Sakit Yang Dianjurkan Dalam Islam


Islam adalah agama yang indah, dalam islam kita dianjurkan untuk saling tolong menolong dan toleransi satu sama lain. Diantara bentuk toleransi adalah menjenguk orang yang sakit. Memang menjenguk orang yang sakit adalah perbuatan yang sanagt mudah, namun sangat banyak pahalanya. kenapa kita dianjurkan untuk menjenguk orang sakit? Karena orang yang sakit dia sedang dalam keadaan sedih, gundah, dan gelisah. Makanya kita sesama muslim sudah seharusnya untuk menjenguk orang sakit agar orang sakit tersebut terhibur, tambah semangat dan mendoakan kesembuhannya agar ia cepat diberi kesembehan oleh Allah SWT. 


selain itu menjenguk orang sakit sangat dianjurkan dalam islam, karena dengan dia kita menumbuhkan rasa kebersamaan antara sesama muslim, rasa kepribadian dan rasa kasih sayang. Oleh karena itu Allah SWT memberikan ganjaran yang sangat banyak bagi orang-orang yang mau menjenguk orang sakit. Bahkan perebuatan tersebut dicontohkan oleh Rasulullah SAW:

Sebagaimana disebutkan didalam Hadis Rasulullah SAW:
Diriwayatkan oleh sahabat Bara' bin Azib Radhiyallahu 'anhu, ia berkata: ”Rasulullah SAW menyuruh kami untuk mengerjakan tujuh perkara: Beliau memerintahkan kami supaya mengiringi jenazah, menjenguk orang sakit, memenuhi undangan, menolong orang yang terdhalimi, membantu melepas (kafarah) sumpah, menjawab salam dan mendo'akan orang yang bersin.” (HR Bukhari dan Muslim)

Dalam menjenguk orang sakit, tentunya kita dicontohkan oleh Rasulullah SAW dengan beberapa adab, diantaranya adalah:

1) Hendaknya dalam menjenguk orang sakit kita harus ikhlas dan dengan tujuan yang baik.
Sebagaimana sabda Rasulullah SAW: “Barang siapa mengunjungi orang yang sakit atau mengunjungi saudaranya karena Allah atau di jalan Allah, akan ada yang menyeru kepadanya: Engkau telah berlaku mulia dan mulia pula langkahmu (dalam mengunjunginya), serta akan kau tempati rumah di Surga.” (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

2) Dalam menjenguk orang sakit kita harus memperhatikan situasi dan kondisinya. Jangan berharap dibuat minuman oleh orang sakit. Dan jangan berlama-lama, bisa jadi orang sakit itu lelah. 

3) Saat menjenguk orang sakit hendaknya kita menundukkan pandangan, tidak banyak bertanya, menunjukkan belas kasih sayang kepada yang sakit, memberi nasehat untuknya agar senantiasa bersabar terhadap penyakit yang dialaminya, karena dapat memberi pahala yang besar untuk dirinya. dan mengingatkan agar tidak berkeluh kesah dan putus asa terhadap penyakitnya,  karena hal tersebut hanya akan menimbulkan dosa dan menghilangkan pahala. Berdoalah karena setiap penyakit itu ada obatnya.

4) Dalam menjenguk orang sakit kita disunnahkan untuk mendoakan orang yang sakit agar diberi kesembuhan dan keselamatan.
Sebagaimana doa yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW dalam Hadisnya: “Apabila beliau mengunjungi orang yang sakit, beliau berkata: “Laa ba’sa thahuurun insyaa Allaah (tidak mengapa semoga sakitmu ini membuat dosamu bersih, insya Allah)”. (HR. Al-Bukhari)

5) Dalam menjenguk orang sakit hendaknya ia berdoa dan mengusap bagian yang sakit dengan tangan kanan, sambil mengucapkan:
Artinya: “Ya Allah, Rabb pemelihara manusia, hilangkanlah penyakit ini dan sembuhkanlah, Engkau-lah Yang Mahamenyembuhkan, tiada kesembuhan melainkan hanya kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan sedikitpun penyakit.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Nah dalam menjenguk orang sakit ada beberapa pelajaran yang dapat kita raih diantaranya adalah:

1) Akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.
2) Dapat menguatkan kondisi si sakit, karena dikunjungi oleh orang-orang yang disayanginya.
3) Dapat mengingatkan kita (pengunjung) akan nikmat Allah SWT yang sangat besar kepada diri kita yaitu nikmat sehat, dimana keadaan tersebut tidak diperoleh sama saudara kita yang lagi sakit.
4) Dapat memberi manfaat bagi sisakit, bahwa betapa pentingnya kunjung mengunjung antara sesama muslim. Sehingga terciptanya ukhwah yang sangat erat.
5) Dapat memotivasi orang yang sedang sakit sehingga dirinya serta keluarganya merasa tidak sendirian merasakan musibah (sakit) yang sedang dia alami, bersama-sama merasakan beban dan musibahnya.
6)) Memberi rasa senang pada orang yang sedang sakit, karena kita perhatian kepadanya. Apalagi kalau kita membawa oleh-oleh untuknya.

Itulah beberapa adab dan pelajaran yang dapat kita raih dalam menjenguk orang sakit, semoga dengan mengetahui hikmahnya kita tidak malas lagi dalam menjenguk saudara-saudara kita yang sedang sakit.

Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam