Subhanallah, Inilah Fadhilah Dan Keutamaan Membaca Shalawat Nabi

Artikel terkait : Subhanallah, Inilah Fadhilah Dan Keutamaan Membaca Shalawat Nabi


Shalawat merupakan salah satu bentuk kecintaan kita kepada baginda Nabi besar Muhammad SAW . bershalawat memiliki banyak arti. Ada yang mengartikan Shalawat adalah selamat, yang berarti selamat dari dunia dan akhirat. Jika datang dari Allah SWT shalawat berarti pemberian rahmat. Jika dari Malaikat berarti memintakan ampunan. Jika dari Rasulullah SAW berarti pemberi syafaat. Dan jika dari orang-orang mukmin shalawat berarti berdoa supaya diberi rahmat oleh Allah SWT. sungguh banyak sekali arti shalawat, namun tujuannya tetap sama untuk menggapai ridha Allah dan syafaaat dari Rasulullah SAW.



Sebagai ummat muslim kita dituntut untuk memperbanyak bershalawat kepada Rasulullah SAW.  karena Rasulullah SAW merupakan Rasul Allah yang penutup dari segala rasul. Budi pekertinya yang sangat luar biasa, uswatun hasanah sebagai contoh bagi kita ummatnya. Sehingga Allah meninggikan derajat beliau menjadi kekasih Allah, Rasul ulul azmi, dengan memberikan mukjizat yang terbesar kepada beliau, yaitu Al-Qur’an pedoman ummat islam. Sehingga Allah juga memberikan kemuliaan kepada kita sebagai ummat Nabi Muhammad SAW. Maka sudah sepatutnya bagi kita ummat Nabi Muhammad SAW untuk memperbanyak shalawat. 

Allah SWT menyuruh kepada kita untuk bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW, hal ini berdasarkan Firman Allah SWT didalam Al-Qur’an surah Al-Ahzab ayat 56:
Artinya: “ Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al-ahzab: 56).

Dari ayat tersebut jelas bahwa shalawat merupakan perintah dari Allah SWT. Karena Allah dan para malaikat-Nya juga bershalawat kepada Nabi  Muhammad SAW.  Selain merupakan perintah Allah, shalawat juga memiliki banyak keutamaan dan kelebihan. Diantaranya akan dijelaskan sebagai berikut:

Kelebihan Dan Keutamaan Membaca Shalawat

Selain merupakan ibadah ternyata shalawat memiliki banyak sekali keutamaan dan kelebihannya. Diantaranya yaitu:
1) Allah akan membacakan shalawat kepadanya sebanyak sepuluh kali lipat.
Rasulullah SAW bersabda:”Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali saja, maka Allah akan membacakan shalawat kepadanya sepuluh kali.” (HR. Muslim).

2) Akan mendapatkan doa malaikat
Rasulullah SAW bersabda:  “Jika seseoorang bershalawat kepadaku, maka malaikat juga akan medoakan keselamatan baginya, untuk itu bershalawatlah, baik sedikit ataupun banyak.”  ( HR. Ibnu Majah dan Thabrani).

3) Akan mendapatkan keutamaan pada hari kiamat
Rasulullah SAW bersabda: “ Sesungguhnya lebih utama bagiku manusia besok pada hari kiamat, adalah mereka yang lebih banyak membaca Shalawat kepadaku.” (HR. Tarmidzi).

4) Akan diangkat baginya sepuluh derajat dan dihapus darinya sepuluh keburukan
Dari Abas bin Malik berkata, Rasulullah SAW  bersabda: “Barang siapa yang bershalawat kepadaku satu kali, niscaya Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali, dan dihapus darinya sepuluh kesalahan, diangkat baginya sepuluh derajat.” (HR. An-Nasa’i).

5) Rasulullah SAW akan membaca shalawat untuk dirinya.
“Barangsiapa membaca shalawat untukku, maka shalawatnya akan sampai kepadaku, dan aku akan membaca shalawat untuk dirinya. Selain itu akan dituliskan sepuluh kebaikan untuk dirinya.” (HR. At-Thabrani).

6) Para malaikat akan membaca shalawat untuknya.
“Barangsiapa membaca shalawat untukku, maka para malaikat akan senantiasa membaca shalawat untuknya selama orang tersebut membaca shalawat untukku.” (HR Ahmad dan Ibnu Majah).

7) Akan dikabulkan doanya.
Rasulullah SAW bersabda:  “Apabila salah seorang di antara kamu membaca shalawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah Azza wa Jalla dan memuji-Nya. Setelah itu, bacalah shalawat kepada Nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki.” (. Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi).

8) Akan dikumpulkan di surga bersama Nabi Muhammad SAW
Rasulullah SAW bersabda: “Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca shalawat kepadaku.”  (HR. Tirmidzi).

Nah, begitu banyak keutamaan bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu, kita sebagai ummat Nabi Muhammad SAW sudah sepantasnya membiasakan lidah kita untuk bershalawat kepadanya. Tiada hari tanpa shalawat. Allahumma Shallii Wasallim Wabaarik ‘Alaiih….

Berikut shalawat-shalawat yang dapat anda amalkan:
Shalawat pertama:
Shalawat kedua: Shalawat Nariyah


 


Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam