Pengertian Shalat Awwabin, Keutamaan dan Tata Cara Pelaksanaanya

Artikel terkait : Pengertian Shalat Awwabin, Keutamaan dan Tata Cara Pelaksanaanya


1) Pengertian Shalat Awwabin

Shalat awwabin, apa itu shalat awwabin? Mungkin kita pernah mendengar dari sebagian orang-orang yang menyebutnya, namun barangkali kita belum tahu maksudnya. 
Menurut bahasa kata “Awwabin” mempunyai arti “kembali kepada Allah dengan bertaubat dan beristighfar”. Sedangkan yang dimaksud dengan shalat awwabin ialah setiap shalat sunnah yang dikerjakan diantara waktu magrib dan insya’.  Intinya shalat tersebut dilakukan setelah shalat fardhu magrib. Waktu nya antara maghrib dan insya. Makna ini diambil dari hadis Rasulullah SAW: "Sesungguhnya apapun yang dikerjakan antara waktu maghrib dan insya disebut sebagai  shalat awwabin”.



Nah, kenapa dinamakan dengan shalat sunnah awwabin? Adalah dinamakan dengan sunat awwabin karena saat itu seorang hamba sedang kembali kepada Allah SWT, dan pada saat itu banyak orang lain yang melupakan-Nya. Oleh karena itu, shalat sunah ini disebut juga dengan nama shalat ghaflah atau lupa. Karena diwaktu tersebut banyak orang yang lebih sibuk dengan urusan duniawi mereka yg diantaranya adalah istirahat malam, makan malam, ataupun kegiatan-kegiatan lainnya yang berhubungan dengan urusan duniawi.

2) Keutamaan Shalat Awwabin

Selain itu, banyak sekali keutamaan-keutamaan shalat sunnah awwabin yang dapat kita raih diantaranya adalah:
Sebagaimana disebutkan didalam hadits Rasulullah SAW:
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang shalat enam raka’at ba’da Maghrib (sesudah magrib), dan ia tidak berbicara kejelekan di antaranya, maka ia dicatat seperti ibadah 12 tahun.” (HR. Ibnu Majah, dan At-Tirmidzi)
Didalam Hadis lain, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang shalat antara maghrib dan ‘isya dua puluh rakaat maka Allah dirikan untuknya gedung disurga”.

Waktu awwabin ini adalah waktu yang paling mustajab. Maka isi lah waktu tersebut dengan berbagai macam ibadah. banyak berzikir, istighfar, membaca Al-qur’an dan melakukan shalat sunnat awwabin.

3) Tata Cara Shalat Awwabin

Shalat Awwabin dilakukan pada waktu antara maghrib dan ‘isya. Yaitu sehabis shalat fardhu maghrib sebelum shalat ‘isya. Untuk banyak rakaatnya, sekurang-kurangnya 2 rakaat, 4 rakaat 6 rakaat, dan paling utama adalah 20 rakaat (dengan dua-dua rakaat sekali salam).

Bagi anda yang mungkin ingin mengerjakan shalat sunah awwabin, namun belum mengetahui bagaimana tat cara shalat tersebut, maka ada baiknya kita lihat tata cara shalat awwabin berikut ini:

Sebenarnya untuk tata cara shalat sunnah awwabin ini sendiri sama persis dengan tata cara shalat pada umumnya, dimana kita harus membaca niat shalat awwabin terlebih dahulu. Berikut niatnya:

 اُصَلِّى سُنَّةً الأَوَّابِينَ رَكَعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى

Artinya:“Aku niat shalat sunnah awwabin 2 rakaat karena Allah Ta’ala”.


Lalu membaca surat Al-Fatihah kemudian, pada rakaat pertama membaca surat Al-Kafirun.
Nah pada rakaaat kedua, setelah membaca surah Alfatihah, kemudian membaca surah Al-Ikhlas.  kemudian ruku’, sujud seperti biasa, dan yang terakhir memberi salam. 







Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam