Air Zam-Zam, Keutamaan Dan Keistimewaannya

Artikel terkait : Air Zam-Zam, Keutamaan Dan Keistimewaannya

Air Zam-zam bukanlah air yang asing lagi bagi kaum muslimin. Karena setiap kaum muslim yang pergi ketanah suci pasti meminum air zamzam. Air zamzam ini hanya ada diarab. Karena sumur zamzam terletak dimesjidil haram. Sebelah timur ka’bah.  Tentunya air zamzam ini tidak asing lagi bagi kita, karena setiap kaum muslim yang pergi melaksanakan ibadah umrah dan haji, pasti hadiah terbesar yang dibawa pulang oleh mereka  adalah air zamzam. 

Sejarah air zam-zam ini berasal dari kisah nabi ismail alaihis salam. Air zamzam ini bukan sembarangan air, air ini memiliki banyak sekali kelebihan dan keutamaannya. Rasulullah SAW  bersabda: “Sebaik-baiknya air di bumi ini adalah air zamzam.” Karena Allah SWT telah memberikan keistimewaan yang banyak untuk air zamzam. berikut keistimewaannya;
Keutamaan dan Keistimewaan Air Zam-Zam

Berikut ada beberapa keutamaan dan keistimewaan air zam-zam:
1) Air zam-zam adalah air yang paling utama di muka bumi
Hal ini sesuai dengan Hadis Rasulullah SAW:
Dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah SAW bersabda: “Air terbaik di seluruh muka bumi adalah air zamzam.” (HR. Ath-Thabrani)

 2) Air zam-zam dapat menjadi makanan yang mengenyangkan peminumnya
Rasulullah SAW Bersabda: “Sesungguhnya air zam-zam adalah air yang diberkahi, air tersebut adalah makanan yang mengenyangkan.” (HR. Muslim)

3) Air zam-zam dapat menyembuhkan segala penyakit
Sampai-sampai sebagian ulama fiqih menganjurkan agar berbekal dengan air zam-zam ketika pulang dari tanah suci untuk menyembuhkan orang yang sakit.
Dalilnya adalah:  dulu ‘Aisyah Radhiyallahu ‘anha pernah membawa pulang air zam-zam dalam sebuah botol, lalu beliau mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah melakukan seperti ini.
 “Rasulullah SAW pernah membawa air zam-zam dalam botol atau tempat air. Ada orang yang tertimpa sakit, kemudian beliau menyembuhkannya dengan air zam-zam.” (Diriwayatkan oleh Al Baihaqiy)

4) Dengan keberkahan air zam-zam, doa mudah terkabulkan
Apabila seseorang memanjatkan doa saat meminum air zam-zam, maka doanya akan cepat terkabulkan. Jadi dianjurkan bagi kita semua, saat meminum air zamzam agar berdoa kepada Allah SWT untuk keselamatan dunia dan akhirat, dan doa yang lain sesuai dengan keinginan masing-masing.
 Sebagaimana Hadits Rasulullah SAW:
“Dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda: “Air zam-zam sesuai keinginan ketika meminumnya.” (HR. Ibnu Majah)
Maksudnya adalah do’a apa saja yang diucapkan ketika meminumnya adalah do’a yang mustajab.
Diriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhu, ketika meminum air zam-zam, beliau berdo’a dengan doa berikut ini: 

Doa Minum Air Zamzam:

Artinya: “Ya Allah, kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizqi yang melimpah, dan kesembuhan dari setiap penyakit, Dengan Rahmat-Mu wahai Tuhan yang Mha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

Semoga bermanfaat!



Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam