Periode Turunnya Al-Qur'an (Periode Makkah Dan Periode Madinah)

Artikel terkait : Periode Turunnya Al-Qur'an (Periode Makkah Dan Periode Madinah)


Al-Qur’an merupakan kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantaraan Malaikat Jibril, yang dimulai dengan surat Alfatihah dan diakhiri dengan surat Annas, dan yang membacanya merupakan ibadah. Al-Qur’an merupakan pedoman ummat manusia  yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW secara berangsur-angsur, Selama 22 tahun, 22 bulan dan 22 hari.
Para ulama Ulumul Qur’an membagi sejarah turunnya Al-Quran dalam dua periode: pertama periode sebelum hijrah atau yang disebut dengan periode makkah. Kedua periode sesudah hijrah atau disebut dengan periode madinah. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasan berikut ini:



  
Periode-Periode Turunnya Alquran

1. Periode pertama adalah periode makkah (surat makkiyyah)
Yaitu wahyu yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW  melalui perantaraaan malaikat jibril, sebelum Rasulullah SAW melakukan hijrah.  Wahyu ini turun di makkah, oeh Karena itu ayat ataupun surat-surat yang diturunkan pada periode pertama ini disebut dengan surat makkkiyaah, karena duturunkan di makkah. Periodesasi turunnya Al-Qur’an pada masa periode makkah ini adalah selama 12 tahun, 5 bulan dan 13 hari. Surat atau ayat-ayat makkiyah ini terdiri dari 19 juz, 90 surah dan 4773 ayat.
Mengenai isi surat atau ayat Makkiyyah tersebut adalah berupa ajakan untuk bertauhid yang murni kepada Allah atau Meng- Esakan Allah SWT. dan juga tentang  pembinaan mental dan akhlak.

Cirri-ciri surat Makkiyyah: 
1) Surat dan ayatnya pendek-pendek,
2) Gaya bahasanya singkat dan padat (ijaz)
3)  Bernada keras dan bersajak
4)  Banyak mengandung tauhid
5)  Tentang ancaman dan pahala.
6) Biasanya dimulai dengan “Yaa ayyuhannasu, Yaa banii aadama”.

2. Periode kedua adalah periode madinah (surat madaniyyah)
Yaitu wahyu yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantaraan malaikat Jibril, sesudah hijrahnya Nabi Muhammad SAW. Wahyu ini turun di Madinah, oleh Karena itu ayat ataupun surat-surat yang diturunkan pada periode kedua ini disebut dengan surat madaniyyah, karena duturunkan di madinah. Periodesasi turunnya Al-Qur’an pada masa periode madinah ini adalah selama 9 tahun 9 bulan dan 9 hari. Surat atau ayat-ayat madaniyah ini terdiri dari 11 juz, 24 surah dan 1463 ayat.
 Mengenai isi surat atau ayat Madaniyyah tersebut adalah berupa norma-norma hukum untuk pembentukan dan pembinaan suatu masyarakat atau umat islam dan Negara yang adil dan makmur yang diridhai Allah SWT.

Ciri-ciri surat Madaniyyah:
1) Surat dan Ayatnya panjang-panjang.
2) Gaya bahasanya panjang lebar dan lebih jelas (ithnab)
3) Berisi masalah hukum dan ibadah
4) Membahas orang munafik dan ahli kitab yang salah.
5) Biasanya dimulai “Yaa ayyuhaladhina aamanuu”.

Semoga bermanfaat!

Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam