Kelebihan Bulan Muharram Dan Amalan Yang Dianjurkan

Artikel terkait : Kelebihan Bulan Muharram Dan Amalan Yang Dianjurkan


Bulan Muharram merupakan salah satu bulan haram (Suci), disebut bulan haram karena pada bulan ini Allah SWT melebihkan kemuliaan dan kedudukannya dibandingkan dengan bulan-bulan yang lain, setelah bulan Ramadhan. Salah satu kemuliaan yang Allah turunkan pada bulan haram ini adalah Allah akan melipat gandakan pahala bagi orang-orang yang mengerjakan amal sholeh. Bulan ini juga merupakan bulan yang sangat Allah muliakan, Rasulullah SAW dan para sahabatnya juga mengagungkan bulan ini. 

Oleh karena itu, maka sudah sepatutnya bagi kita hamba-hamba Allah untuk mengagungkan bulan muharam ini dengan meningkatkan iman dan takwa kita kepada Allah SWT dan memperbanyak melakukan amal-amal ibadah yang dianjurkan oleh Allah SWT.  karena banyak sekali kelebihan dan keutamaan di bulan Muharram ini, berikut kelebihan dan keutamaannya:



Kelebihan Dan Anjuran Pada Bulan Muharram

1) Bulan Muharram merupakan bulan Allah
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu bahwasannya Rasulullah SAW bersabda:  “Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan ialah puasa di bulan  Allah (yaitu) Muharram dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu ialah shalat malam.” (HR. Muslim).

2) Dalam bulan Muharram, terdapat anjuran untuk berpuasa sunnah Tasu’a (puasa pada hari kesembilan bulan muharram)
Dahulu Ibnu Abbas pernah mengatakan kepada Rasulullah SAW: ”Ya Rasulullah! Sesungguhnya hari ini adalah hari yang diagungkan oleh orang-orang Yahudi dan Nasrani.” Kemudian Rasulullah SAW menjawab: “Apabila tahun depan insya Allah kita akan berpuasa pada tanggal 9 (Muharram). “Kemudian Ibnu Abas berkata kembali: “Belum sempat tahun depan tersebut datang, ternyata Rasulullah SAW meninggal.” (HR. Muslim).

3) Pada bulan Muharram ini kita dianjurkan untuk berpuasa sunnah Asyura ( 10 Muharram)
Rasulullah SAW Bersabda: ”Puasa  ‘Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim).

4) Pada bulan Muharram kita bisa melakukan puasa Sunah 11 Muharram
Menurut pendapat para ulama mengenai puasa tanggal 11 muharram adalah diperbolehkan. Berikut Hadisnya:
“Berpuasalah kalian pada hari ‘Asyura dan selisihilah orang-orang Yahudi. Berpuasalah sebelumnya atau berpuasalah setelahnya satu hari.” (HR Ahmad).

5) Pada bulan Muharram ini kita dianjurkan untuk memperbanyak bersedekah
Sebagaimana Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surah Al- Baqarah ayat 195:
Yang artinya: “Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al Baqarah : 195).

6) Pada bulan ini sangat baik bagi kita untuk menyambung silaturrahmi
Rasulullah SAW Bersabda: “Barang siapa yang menyambungku (Silaturrahmi), maka Allah akan menyambungnya. Dan barang siapa yang memutusku (silaturrahmi), maka Allah akan memutus hubungan dengannya.” ( Muttafaqun ‘alaihi).

7) Pada bulan ini sangat baik untuk menyantuni anak yatim
Rasulullah SAW Bersabda: “Siapa yang mengusapkan tangannya pada kepala anak yatim, di hari ‘Asyura (10 Muharram), maka Allah akan mengangkat derajatnya, dengan setiap helai rambut yang diusap satu derajat.” 
“Saya dan orang yang menanggung hidup anak yatim seperti dua jari ini ketika di surga.” Beliau berisyarat dengan jari telunjuk dan jari tengah, dan beliau memisahkannya sedikit.” (HR. Bukhari).

Semoga bermanfaat!

Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam