Inilah 7 Isi Pokok Kandungan Al-Quran

Artikel terkait : Inilah 7 Isi Pokok Kandungan Al-Quran

Al-Qur’an merupakan kitab suci ummat islam yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantaraan Malaikat Jibril, yang dipegang teguh oleh ummat islam untuk dijadikan pedoman dan pegangan hidup ummat manusia. Al-Qur’an diturunkan secara berangsur-angsur, karena untuk meneguhkan hati  Rasulullah SAW. Al-Qur’an turun dalam kurun waktu selama 22 tahun, 2 bulan dan 22 hari. Didalamnya banyak sekali isi kandungan Al-Quran yang dapat dijadikan pedoman dan pegangan hidup ummat manusia. Diantaranya berisi tentang aqidah atau tauhid, ibadah, akhlak, hukum, sejarah atau kisah-kisah para ambia, peringatan dan ilmu pengetahuan teknologi dan sains. Untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan berikut ini:


Isi Pokok Kandungan Al-Qur’an

1) Akidah
Akidah adalah keyakinan, yaitu keyakinan seseorang terhadap Allah, rasul, para malaikat, kitab-kitab Allah, hari kiamat dan takdir. Didalam Al-Qur’an semua dijelaskan bagaimana cara kita beriman kepada Allah SWT, beriman kepada rasul, malaikat, kitab-kitab, hari kiamat dan takdir. Oleh karena itu sudah sepantasnya bagi kita ummat islam untuk mengetahui isi kandungan Al-Qur’an. Supaya dapat kita jadikan pedoman hidup kita. 

2) Ibadah
Ibadah artinya  tunduk dan taat kepada Allah SWT. yaitu suatu kegiatan yang dapat dikerjakan manusia untuk menggapai ridha-Nya Allah SWT. didalam Al-Qur’an dijelaskan tentang bagaimana cara beribadah kepada Allah SWT, didalam nya berisi perintah sholat, puasa, zakat, haji, kurban dan sebagainya. 

3) Akhlak
Akhlak merupakan prilaku atau tingkah laku manusia, baik akhlak terpuji maupun akhlak tercela. Diadalam Al-Qur’an menjelaskan tentang bagaimana prilaku akhlak yang baik, seperti akhlaknya Rasulullah SAW yang disebut dengan “uswatun hasanah” yang dapat  kita jadikan contoh dan pedoman dalam kehidupan kita. Sebaliknya didalam Al-Qur’an juga dijelaskan contoh akhlak yang buruk. Seperti akhlak istri Nabi Luth AS, akhlak istri Nabi Nuh AS, dan akhlak fir’un yang durhaka kepada Allah SWT. maka akhlak buruk inilah yang wajib kita jauhi, sekaligus dibuang jauh-jauh agar kita selamat didunia dan diakhirat.

4) Hukum
 Hukum merupakan salah satu isi pokok ajaran al-Qur’an yang berisi kaidah-kaidah dan ketentuan-ketentuan dasar dan menyeluruh bagi umat manusia.  Didalam Al-Qur’an dijelaskan berbagai hukum-hukum, diantaranya adalah:  hukum jinayat, hukum mu’amalat, hukum munakahat, hukum faraidh, dan jihad. Yang tujuannya adalah untuk memberikan pedoman kepada manusia agar kehidupannya menjadi adil, damai, aman, tentram, sejahtera, dan selamat didunia dan diakhirat. 

5) Peringatan
Peringatan yaitu sesuatu yang memberi peringatan kepada manusia akan ancaman Allah SWT berupa siksa neraka. Dan peringatan ini juga bisa berupa kabar gembira bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dengan balasan berupa surga-Nya Allah SWT. Didalam Al-Qur’an banyak sekali berisi peringatan-peringatan kepada kita agar kita tidak melanggar perintah Allah, seperti peringatan larangan khamar, peringatan tentang agar kita tidak mendurhakai orang tua, dan peringatan agar kita tidak menyukutukan Allah. Ini semua bertujuan untuk mengingatkan  kita akan adanya azab Allah dan hari akhir. 

6) Kisah
Didalam Al-Qur’an juga berisi banyak kisah-kisah diantaranya adalah kisah para nabi dan rasul, kisah hari kiamat, dan kisah kisah orang-orang yang terdahulu, seperti  kisah orang-orang  yang mengalami kehinaan akibat durhaka kepada Allah SWT, dan kisah orang-orang yang mendapatkan kejayaan dan kemuliaan disisi Allah karena keta’atan dan keimanannya kepada Allah SWT.

7) Dasar ilmu pengetahuan sains dan teknologi
Didalam Al-Qur’an juga berisi tentang ilmu pengetahuan sains dan teknologi yang bersifat potensial  agar dapat dikembangkan guna untuk kemaslahatan dan kesejahteraan hidup manusia.
Subhanallah, Allah maha memberi ilmu kepada manusia, sehingga begitu banyaknya alat-alat teknologi yang berkembang sekarang ini, yang dapat kita pergunakan untuk kehidupan kita.  Itu semua tidak luput dari kekuasaan Allah.  
Oleh karena itu mari kita jadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup. Dengan memperbanyak membaca Al-Qur’an dan memahami isi kandungannya. Agar kita selamat didunia dan diakhirat kelak. Aamiin ya rabbal ‘alamiin….


Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam