Subhanallah, Inilah Hikmah Dan Keutamaan Melakukan Ibadah Kurban

Artikel terkait : Subhanallah, Inilah Hikmah Dan Keutamaan Melakukan Ibadah Kurban


Hari raya haji atau hari raya idul adha merupakan hari raya yang paling besar bagi ummat islam. Atau yang sering disebut dengan hari raya akbar. Disebut hari raya akbar, karena hari raya ini jatuh pada bulan zulhijjah atau bertepatan dengan 10 zulhijjah. Dimana seluruh ummat islam melaksanakan ibadah haji ditanah suci. Bukan hanya itu, hari raya haji atau idul adha juga disebut dengan hari raya kurban. Karena pada hari raya tersebut, seluruh ummat islam yang mampu dianjurkan untuk berkurban. 

Nah sebentar lagi hari raya idul adha akan segera datang. Bagi kita ummat muslim sungguh tidak akan melewatkan momentum spesial tersebut, yaitu melakukan ibadah kurban. Karena banyak sekali hikmah dan keutamaan dari kurban tersebut. Sehingga menyesal dan akan sangat rugi kalau kita tidak memutuskan untuk berkurban tahun ini. Karena banyak sekali hikmahnya, diantaranya akan dijelaskan berikut ini:


Hikmah dan keutamaaan ber kurban

1)  Berqurban merupakan momen untuk mengenang betapa Allah mencintai Nabi Ibrahim AS.
Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam surat As-Shaffat ayat 102-107:
Yang artinya: “ Maka ketika anak itu sampai pada umur sanggup berusaha bersamanya, Ibrahim berkata: “Wahai anakku! Sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah pendapatmu? Ismail menjawab: “Wahai ayahku! Lakukanlah apa yang diperintahkan Allah kepadamu, insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar. “Maka ketika keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipisnya, untuk melaksanakan perintah Allah”. “Lalu Kami panggil dia, Wahai Ibrahim!”. “Sungguh engkau telah membenarkan mimpimu itu. Sungguh demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik”. “Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata”. “Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar”.(QS.As-Saffat : 102-107).

2) Berkurban merupakan ibadah yang paling utama
Hal ini sesuai dengan Firman Allah SWT didalam Al-Qur’an surah Al-Kautsar ayat 2:


Yang artinya:“Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah.” (QS.Al-Kautsar: 2)
Nah, dari ayat tersebut bisa disimpulkan bahwa : ibadah yang paling utama yang berhubungan dengan fisik atau tubuh adalah shalat. Sedangkan ibadah yang  paling utama yang berhubungan dengan harta adalah kurban. Maka lakukanlah kedua ibadah tersebut dengan seimbang.

3) Berkurban merupakan ciri keislaman seseorang
Hal ini sesuai dengan Hadis Rasulullah SAW:
Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang mendapati dirinya dalam keadaan lapang, lalu ia tidak berkurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalat Ied kami.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah.

4) Berkurban merupakan penebus dosa untuk mendapatkan pengampunan dari Allah SWT
Rasulullah SAW bersabda:
“Hai Fatimah,berdirilah di sisi kurbanmu dan saksikanlah ia, sesungguhnya titisan darahnya yang pertama itu pengampunan bagimu atas dosa-dosamu yang telah lalu”. (HR. Al-Bazzar dan Ibnu Hibban).

5)  Setiap helai bulu hewan kurban merupakan kebaikan.
Hadis Rasulullah SAW:
Dari Zaid ibnu Arqam, ia berkata berkata: “Wahai Rasulullah SAW, apakah kurban itu? Rasulullah SAW menjawab: “Qurban adalah sunnahnya bapak kalian, yaitu Nabi Ibrahim AS. Mereka berkata: “Apa keutamaan yang kami peroleh dengan kurban itu? Rasulullah SAW menjawab: “Setiap satu helai rambutnya adalah satu kebaikan. Mereka menjawab: “Kalau bulu-bulunya? Rasulullah SAW menjawab: “Setiap satu helai bulunya juga satu kebaikan”. (HR. Ahmad dan ibn Majah).

6) Berkurban akan mendapatkan pahala dan kemudahan saat meniti diatas shirat
 Rasulullah SAW bersabda:
“Tiada suatu amalan yang dilakukan oleh manusia pada hari Raya Kurban, yang lebih dicintai Allah SWT selain dari pada menyembelih hewan Kurban. Sesungguhnya hewan kurban itu pada hari kiamat kelak akan datang berserta dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya.  dan sesungguhnya sebelum darah kurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima disisi Allah SWT. Maka beruntunglah kamu semua dengan (pahala) kurban itu.” (HR. At-Tarmidzizi, Ibnu Majah dan Al-Hakim). Dalam riwayat lain disebutkan:  “Muliakanlah kurban kamu, karena ia menjadi tunggangan kamu di titian (shirat) pada hari kiamat.”

7) Berqurban  merupakan suatu kebahagian yang dirasakan oleh kaum dhuafa’
Dengan kita berkurban maka timbul sifat peduli kasih terhadap sesama. Apalagi terhadap kaum dhuafa’ . karena saat kita melakukan kurban, para dhuafa’ akan merasakan daging kurban yang kita berikan. Bukan hanya itu, orang kaya pun juga akan mendapatkan pembagian daging kurban. Subhanallah! Dengan demikian maka tumbuhlah sifat saling tolong menolong dan  sayang menyayangi antara sesama manusia.
 Rasulullah SAW bersabda: “Hari Raya Qurban adalah hari untuk makan, minum dan dzikir kepada Allah SWT”. (HR. Muslim).
Semoga bermanfaat! Jangan lupa tabung mulai dari sekarang untuk bisa berkurban tahun ini. Insya Allah!
                            

Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam