Inilah Waktu-Waktu Yang Paling Mustajab Terkabulnya Doa

Artikel terkait : Inilah Waktu-Waktu Yang Paling Mustajab Terkabulnya Doa


Setiap manusia tidak luput dengan kata doa. Karena kepada Allahlah kita meminta dan berdoa. Orang yang tidak pernah berdoa kepada Allah SWT berarti orang tersebut termasuk orang-orang yang sombong. Sedangkan Allah tidak suka orang-orang yang sombong. Maka sudah sepantasnya kita manusia untuk selalu meminta dan berdoa kepada Allah. Karena Allah akan mengabulkan semua permintaan kita diwaktu yang tepat. 

Allah SWT memberikan masing-masing waktu dengan keutamaan yang berbeda-beda, diantaranya adalah ada waktu-waktu tertentu yang sangat baik untuk berdoa.  Akan tetapi kebanyakan dari kita menyia-nyiakan kesempatan baik tersebut. Karena tidak tahu bahwa waktu tersebut adalah waktu mustajabah doa. Mereka berpikir semua waktu itu sama. Padahal tidak! Allah telah  memberikan waktu-waktu yang paling utama untuk berdoa. Sehingga kalau kita berdoa pada waktu tersebut, insya Allah doa kita akan mustajab. Berikut penjelasannya;



Waktu-waktu yang paling mustajab untuk berdoa

1) Pada saat sepertiga akhir malam
Sepertiga akhir malam inilah waktu dimana seseorang disunnahkan untuk melkaukan sholat tahajjud. Waktu ini merupakan waktu yang paling istimewa untuk berdoa setelah melakukan sholat tahajjud. Karena pada waktu inilah Allah sangat dekat dengan hambaNya. Dan apapun yang kita minta, insya Allah Allah kabulkan. 

Sebagaimana hadis Rasulullah SAW:
Artinya: “Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu,  bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya Rabb kami yang Maha Berkah lagi Maha Tinggi turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga akhir malam, lalu Berfirman : “barang siapa yang berdoa, maka Aku akan kabulkan, barang siapa yang memohon, pasti  Aku akan perkenankan dan barang siapa yang meminta ampun, pasti Aku akan mengampuninya.” (HR. Al-Bukhari).

2) Setiap selesai shalat fardhu
Hal ini sebagaimana disebutkan dalam Hadis Rasulullah SAW yang artinya: “Dari Abu Umamah, sesungguhnya Rasulullah SAW ditanya tentang doa yang paling didengar oleh Allah SWT, Beliau menjawab: Di pertengahan malam yang akhir dan setiap selesai shalat fardhu.” ( HR. At-Tirmidzi).

3) Doa antara adzan dan iqamah
Sebagaimana yang telah disebutkan didalam Hadis Rasulullah SAW: Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Doa diantara azan dan iqamah tidak akan tertolak (HR. At-Tirmidzi).

4) Berdoa pada waktu ashar di hari Jumat.
Sebagaiman yang telah disebutkan didalam Hadis Rasulullah SAW:
Dari Abu Said al-Khudri dan Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: “Di hari Jumat terdapat suatu waktu, dimana jika ada seorang hamba muslim yang memanjatkan doa kepada Allah SWT bertepatan dengan waktu tersebut, maka Allah akan berikan apa yang dia minta. Waktu itu adalah setelah ashar.” (HR. Ahmad).

5)  Berdoa disaat berbuka puasa bagi orang yang berpuasa
Dari Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash Radhiyallahu ‘anhu bahwa dia mendengar Rasulullah SAW  bersabda: “Sesungguhnya bagi orang yang berpuasa pada saat berbuka ada doa yang tidak ditolak.” (HR. Ibnu Majah).

6) Berdoa pada waktu terbangun dari tidur dimalam hari, bagi orang yang tidur dalam keadaan berwudhu’ dan berzikir kepada Allah.
Dari ‘Amr bin ‘Anbasah Radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Tidaklah seorang hamba tidur dalam keadaan suci lalu terbangun pada malam hari, kemudian memohon sesuatu tentang urusan dunia atau akhirat, melainkan Allah akan mengabulkannya.” (HR. Ibnu Majah).

7) Berdoa disaat turun hujan
Rasulullah SAW bersabda: “Ada dua doa yang tidak tertolak, yaitu doa ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun.” (HR. Al-Hakim).
Nah itulah beberapa waktu yang paling mustajab untuk kita berdoa. Oleh karena itu jangan pernah kita sia-siakan waktu tersebut. Manfaatkanlah untuk berdoa dengan khusyuk dan istiqamah. Mudah-mudahan Allah mengabulkan doa kita semua. Aamiin yaa rabbal ‘alamiin…

Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam