Peran Ayah Dalam Membina Keluarga Islami

Artikel terkait : Peran Ayah Dalam Membina Keluarga Islami



Ayah merupakan sosok orang yang sangat penting dalam keluarga, yang mempunyai predikat sebagai pemimpin rumah tangga. Subhanallah begitu besarnya predikat ayah dalam keluarga.sehingga seorang ayah mempunyai peranan yang sangat  penting didalam keluarga.  Diantaranya adalah menjaga sang istri dan anak, melindungi mereka, mencari nafkah serta membimbing mereka ke jalan yang benar.
Seorang ayah mempunyai kewajiban untuk mendidik dan membimbing keluarganya ataupun anaknya. Oleh karena itu Peran seorang ayah itu tidak bisa tergantikan oleh siapapun,baik pembantu rumah tangga atau pun orang lain. Maka kita sebagai seorang ayah jangan anggap spele peran tersebut. Karena kalau kita tidak pandai memberi peran kepada keluarga, jangan harap keluarga tersebut akan bahagia.
Oleh karena itu perlu kita ketahui, apa sih sebenarnya peran ayah dalam membina keluarga islami? berikut penjelasannya:



Berikut beberapa peran ayah dalam membina keluarga islami

1) Ayah adalah sebagai seorang pemimpin didalam keluarga
Peran ayah yang paling utama dalam keluarga adalah sebagai pemimpin rumah tangga. Yaitu memimpin istrinya dan anak-anaknya. Sebagai pemimpin, berarti seorang ayah harus mempertanggung jawabkan apa yang ia pimpin didunia ini. Maka seorang ayah harus menjadi pemimpin yang baik untuk keluarganya, terutama untuk anak dan istrinya. 

2) Ayah adalah sebagai contoh teladan yang baik.
Seorang ayah mempunyai peran untuk memberikan contoh teladan yang baik kepada keluarganya dan anak-anaknya. Misalnya prilakunya sehari-hari yang baik, akhlaknya yang sopan, dan memberikan contoh kebiasaannya yang baik kepada sang anak. Bukan hanya menyuruh sholat kepada anak, kita sendiri tidak sholat. Bagaimana anak mau sholat! Nah disinilah peran ayah untuk mencontohkan akhlak yang mulia kepada anak. Sehingga sang anak dengan sendirinya akan mencontohkan prilaku yang baik dari sang ayah. Tanpa kita suruh pun dia sudah berbuat baik. Subhanallah! 

3) Ayah berperan sebagai pembimbing keluarga
Seorang ayah wajib membimbing keluarganya agar selalu berada dijalan yang benar. Membimbing istri untuk taat kepada Allah dan khadam terhadap suami. Serta membimbing anak-anaknya untuk menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Seperti memberi dia ilmu agama. Atau kalau ayah tidak sanggup maka membawa dia untuk menempuh ilmu agama di pesantren atau disekolah-sekolah agama. 

4) Ayah berperan sebagai seorang pengajar
Seorang ayah wajib mengajarkan ilmu-ilmu agama kepada keluarganya. Mengajarkan Al-Qur’an kepada sang istri dan anak. Dan mengajarkan ilmu-ilmu agama lain yang bermanfaat untuk dunia dan akhirat. Oleh karena itu sebelum menjadi  seorang ayah, maka bekali dulu diri anda dengan ilmu. agar setelah anda menikah nanti, anda dapat mengajarkan ilmu kepada mereka. Atau jika ilmu anda sedang-sedang saja, maka beri istrimu ilmu dengan mengaji di majlis taklim. Dan beri ilmu anak-anakmu dengan masuk ke pesantren. 

5) Ayah berperan untuk mencari nafkah yang halal buat keluarganya.
Salah satu Kewajiban seorang ayah adalah memberi nafkah kepada istri dan anak-anaknya. Apalagi kepada sang istri, seorang ayah wajib menafkahi istrinya lahir dan bathin. Oleh karena itu seorang ayah wajib memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarganya. seperti: mencari nafkah untuk makan keluarganya,  membeli mereka pakaian, menyediakan mereka tempat tinggal dan lain sebagainya.

Itulah 5 peran yang sangat penting bagi seorang ayah dalam membina keluarga islami. Nah Untuk memperoleh kedekatan dan keharmonisan dengan sang anak, seorang ayah dapat melakukan hal-hal berikut:
1) Meluangkan waktu yang cukup untuk keluarga.
2) Menjadi penyemangat dan pendukung anak dalam hal kebaikan.
3) Menjadikan teman curhat buat anak.
4) Senang bermain dengan anak.
5) Sering memuji anak dengan mengucapkan “ALHAMDULILLAH”.
6) Sesekali ajaklah anakmu untuk melakukan Refreshing atau liburan bareng keluarga.
7) Lemah lembut dalam mendidiknya dan tidak pernah melakukan kekerasan.

Jika hal itu kita lakukan insya Allah hubungan kita dengan keluarga akan semakin dekat dan harmonis.


Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam