Tujuan Penciptaan Manusia Di Muka Bumi

Artikel terkait : Tujuan Penciptaan Manusia Di Muka Bumi



Allah SWT yang maha kuasa telah menciptakan manusia dari sari pati tanah, kemudian menjadi nuthfah (air mani) kemudian menjadi alaqah (segumpal darah) kemudian menjadi muzghah (segumpal daging) kemudian segumpal daging menjadi tulang belulang, kemudian tulang belulang tersebut dibungkus dengan daging  sehingga menjadilah makhluk yang sempurna. Yang dititipkan Allah melalui rahim sang ibu. Kemudian lahir lah kedunia ini dengan sempurna. Dengan tubuh yang begitu sempurna Allah berikan, diberi mata untuk melihat, diberi hidung untuk bernafas, diberi mulut untuk bisa makan, diberi telinga untuk mendengar, dan diberi kaki untuk bisa berjalan. Subhanallah! 


Sungguh begitu sempurnanya Allah menciptakan manusia, dari semenjak ia diciptakan, kemudian berada dialam kandungan, lalu pada umur empat bulan ditiupkan roh oleh Allah SWT, dan pada saat itulah ketentuan dan perjanjian kita dengan Allah SWT, disitulah takdir kita telah ditentukan oleh Allah SWT berupa langkah, rezeki, pertemuan dan maut.  Allah lah yang menjaga kita didalam kandungan hingga kita lahir dialam dunia ini. Sehingga hari demi hari kita tumbuh menjadi anak-anak. Menjadi remaja dan menjadi dewasa. Hingga kita menikah, mempunyai anak, mempunyai cucu. Dan ketentuan akhir hidup kita adalah meninggalkan dunia ini. 

Semua manusia yang hidup pasti akan mengalami kematiaan. Karena kematian itu adalah hak semua manusia. Jadi sebelum kita menginjak alam kubur , maka persiapkanlah diri kita untuk menuju alam tersebut, dengan melakukan sholat, puasa, zakat, haji, sedekah, membaca Al-Qur’an dan lain-lain. Karena tujuan penciptaan manusia dimuka bumi ini adalah untuk mengabdi dan menyembah kepada Allah SWT.
Sebagaimana Firman Allah SWT didalam Al-Qur’an surah Adz-Zariyat ayat 56:

Artinya: “Dan tidak Ku ciptakan jin dan manusia melainkan untuk menyembah kepada-Ku (Allah).” (QS. Adz-Zariyat:56)

Dari ayat tersebut jelas bahwa Allah SWT menciptakan jin dan manusia adalah hanya untuk menyembahNya dan mengabdi kepadaNya. Maksudnya  semua manusia wajib menjalankan semua perintah Allah dan menjauhi segala laranganNya (amar ma’ruf nahi munkar).  Karena Allah menciptakan kita untuk mengabdi kepadaNya, bukan untuk melanggar perintahNya, dan berbuat maksiat. 

Sungguh tidak sia-sia Allah menciptakan manusia, Dia lah (Allah) yang telah memberikan kenikmatan hidup kepada kita, Alllah lah yang telah memberkan nikmat makan, nikmat tidur, nikmat bernafas, nikmat badan dan nikmat pikiran. Serta yang paling utama adalah nikmat iman dan nikmat islam. Karena dengan nikmat tersebut kita masih diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi segala laranganNya, sesuai dengan tujuan penciptaan manusia dimuka bumi ini.

Kini masih kah kita mengingkari nikmat-nikmat Allah yang begitu besar kepada kita? sungguh sia-sia hidup kita jika kita tidak pernah mensyukuri nikmat Allah. Begitu banyak nikmat yang Allah berikan kepada kita, tetapi Allah tidak pernah meminta kembali nikmat tersebut. Sungguh betapa sayangnya Allah kepada hamba-hambaNya. 

Nah Sekarang kita sudah tahu tujuan penciptaan manusia adalah hanya untuk mengabdi dan menyembahNya. Oleh karena itu, laksanakanlah semua perintah Allah dan jauhilah segala larangan-Nya. Agar kita menjadi orang-orang yang benar-benar bertaqwa kepada Allah SWT dan Rasul-Nya.  Amiin Ya Rabbal ‘Alamiin.


Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam