Larangan Mencabut Uban Dalam Islam

Artikel terkait : Larangan Mencabut Uban Dalam Islam



Uban memang tidak asing lagi kita dengar bahkan sering kita lihat dalam kehidupan kita masing-masing. Terutama bagi kita yang sudah berusia lanjut. Rata-rata uban mulai tumbuh pada usia 40 tahun keatas. Dan ada juga yang tumbuh uban diusia muda dikarenakan sakit kepala misalnya atau hal-hal lain. 

Dalam islam uban merupakan salah satu tanda bahwa umur kita akan semakin tua, dan itu artinya kita sudah semakin dekat dengan kematian. namun hal tersebut tidak disadari oleh manusia. Karena pada dasarnya semua manusia berharap untuk dipanjangkan umur namun tidak mau menjadi tua.
Kebnayakan orang  merasa resah disaat kepalanya mulai ditumbuhi uban. Karena mereka merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri dengan uban tersebut. sehingga mereka rela melakukan apapun untuk menghilangkan uban tersebut agar mereka tampak lebih cantik dan lebih muda. Salah satunya adalah dengan menyemir rambut atau memberi warna rambut, memotongnya atau mencabut uban tersebut dikepalanya.


Tahukah anda betapa islam melarang ummatnya untuk mencabut uban. Ini petanda bahwa salah satu nikmat kekuatan sudah dicabut oleh Allah. Dan petanda bahwa kita semakin dekat dengan kematian. hal ini sesuai dengan Firman Allah SWT didalam Al-Qur’an surah Ar-Ruum ayat 54 : 


Artinya: “Dialah (Allah) yang menciptakan kamu dari keadaan lemah, kemudian Dia menjadikan kamu sesudah keadaan lemah itu menjadi kuat, kemudian Dia menjadikan kamu sesudah kuat itu lemah kembali  dan beruban. Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya dan Dialah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa.” (QS. Ar-Ruum : 54)

Dari ayat tersebut jelas disebutkan bahwa uban merupakan salah satu petanda bahwa kita sudah mulai melemah, dan sebagai bentuk peringatan kepada kita yang bahwa umur kita tidak muda lagi dan akan segera menemui Allah SWT. Pada kesempatan inilah kita gunakan waktu-waktu terakhir kita didunia dengan memperbanyak amalan, sebagai persiapan menuju akhirat. Bukan sebaliknya, Kita malah malu dengan uban yang mulai tumbuh dikepala kita. 

Wahai saudaraku yang seiman dan seagama, perlu kita sadari bahwa  uban merupakan fase yang harus kita lewati menuju masa tua. Allah memberikan sesuatu kepada kita pasti ada hikmahnya. Termasuk uban yang tumbuh dikepala kita. Allah tidak memberikan uban melainkan sebagai suatu  peringatan bagi ummat manusia. Bukan hanya itu, uban juga memberikan banyak manfaat dan keutamaan bagi diri kita diakhirat kelak. diantaranya adalah mari kita simak Hadis Rasulullah SAW berikut ini:

 Hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah:
Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda : “Janganlah mencabut uban karena uban adalah cahaya pada hari kiamat. Siapa yang memiliki sehelai uban dalam Islam, maka dengan uban itu akan di catat baginya satu kebaikan, dengan uban itu akan di hapuskan satu kesalahan, juga dengannya akan di tinggikan satu derajat.” (HR. Ibnu Hibban)
Dalam hadis lain Rasulullah SAW juga bersabda: “Janganlah mencabut uban! Tidaklah seorang muslim yang memiliki sehelai uban, melainkan uban tersebut akan menjadi cahaya baginya pada hari kiamat nanti.” (HR. Abu Daud).

Sungguh mulianya orang yang beruban, karena uban tersebut  akan menjadi cahaya baginya diakhirat kelak. pastinya semua kita ingin mendapatkan cahaya diakhirat, bukan? Oleh karena itu peliharalah ubanmu, jangan pernah sekali-kali engkau mencabutnya atau menyemirnya. Karena banyak sekali manfaat dan keutamaan dari uban tersebut diakhirat nanti. Subhanallah!

Demikian, semoga bermanfaat!

Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam