Inilah Tanda-Tanda Orang Yang Bersyukur Kepada Allah SWT

Artikel terkait : Inilah Tanda-Tanda Orang Yang Bersyukur Kepada Allah SWT



Bersyukur adalah upaya untuk menunjukkan atau mengakui  adanya nikmat Allah SWT yang diberikan kepada kita, kemudian mempergunakan nikmat tersebut dengan sebaik-baiknya sesuai dengan ketentuan Allah SWT. atau dengan kata lain bersyukur dapat disebut juga dengan rasa terimakasih kita terhadap apa yang telah diberikan Allah kepada kita. 

Nah, Sebagai makhluk ciptaan Allah sudah sepatutnya bagi kita untuk mensyukuri segala nikmat dan karunia yang Allah berikan kepada kita. salah satunya adalah nikmat iman dan nikmat islam serta nikmat hidup dan nikmat sehat. Dengan adanya nikmat tersebut lah kita masih bisa bernafas dengan lega dan masih bisa mengerjakan segala aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan Allah dan yang berhubungan dengan manusia. Alhamdulillah!

Sebenarnya nikmat yang telah Allah berikan kepada kita itu sungguh banyak sekali yang tidak bisa kita hitung. Semua nikmat yang Allah berikan sangatlah sempurna dan tidak pernah sia-sia. Namun kita saja yang tidak pernah bersyukur, sehingga kita merasa serba kukurangan dan tidak cukup terhadap apa yang diberikan Allah kepada kita. misalnya saat kekurangan rezeki maka kita sudah berputus asa. Dan disaat mendapat rezeki yang berlimpah ruah, maka kita jadi lupa terhadap pemberinya yaitu Allah SWT. ini merupakan prilaku manusia yang sangat buruk karena saat ia ditimpa musibah ia berputus asa. Dan saat ia merasa kesenangan ia lupa kepada pemberinya (Allah). Nauzubillah! jauhilah sifat tersebut karena sifat tersebut merupakan salah satu sifat ingkar terhadap nikmat Allah atau tidak bersyukur. 



Perintah bersyukur Allah sebutkan didalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 152:
Artinya : "Karena itu ingatlah kamu kepada-Ku (Allah) niscaya aku ingat pula
kepadamu. Dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari
nikmat Ku.”  (QS. Al-Baqarah: 152)

Rasulullah SAW juga bersabda:
 Artinya: “Perkara orang Mukmin itu mengagumkan. Sesungguhnya semua perihalnya baik dan itu tidak dimiliki seorang pun selain orang Mukmin. Bila tertimpa kesenangan, ia bersyukur dan syukur itu baik baginya. Dan bila tertimpa musibah, ia bersabar dan sabar itu baik baginya.” (HR. Muslim).

Berikut Tanda-Tanda Orang Yang Bersyukur

1) Orang yang bersyukur ialah ia yang selalu mengerjakan perintah Allah dan selalu meninggalkan segala larangan-Nya. Misalnya gemar beribadah karena Allah SWT.
2) Orang yang bersyukur ia selalu merasa cukup dan puas terhadap nikmat yang Allah berikan kepada nya. Senang dan pahitnya kehidupan dia, ia tetap selalu merasa puas dan bersyukur.
3) Orang yang bersyukur ia tidak pernah meremehkan pemberian Allah, apapun yang diberikan Allah untuknya ia percaya itulah yang terbaik buat dirinya. Seperti kukurangan harta ataupun musibah yang menimpa dirinya,  Ia tetap bersabar dan bersyukur.
4) Orang yang bersyukur ia tidak pernah merasa sombong terhadap nikmat hidupnya seperti harta yang berlimpah, jabatan, dan kecantikan. Karena ia percaya bahwa semua itu adalah titipan Allah untuknya, dan harus dipergunakan dengan sebaik-baiknya.
5) Orang yang bersyukur ia tidak akan pernah malu terhadap kekurangan fisik yang ia alami.
6) Orang yang bersyukur ia tidak akan pelit atas apa yang ia punya. Karena ia yakin semua itu adalah titipan Allah yang diamanahkan kepada dirinya.
7) Orang yang bersyukur ia selalu berterimakasih kepada Allah SWT dengan mengucapkan “ALHAMDULILLAH” (segala puji bagi Allah).

Nah Setelah kita mengetahui tanda-tanda orang yang bersyukur, selanjutnya kita akan mengetahui bagaimana cara mensyukuri nikmat Allah tersebut? 

Berikut cara mensyukuri nikmat Allah:

1) Bersyukur dengan hati, yaitu meyakini bahwa semua nikmat yang kita miliki itu adalah pemberian dari Allah SWT. maka kita wajib bersyukur.
2) Bersyukur dengan lisan, yaitu dengan memperbanyak membaca “ALHAMDULILLAH” . apapun yang kita peroleh baik harta, jabatan dan kecantikan. jangan lupa ucapkan “ALHAMDULILLAH WASYUKURILLAH ” (segala puji bagi Allah dan segala bentuk syukur juga milik Allah).
3) Bersyukur dengan perbuatan, yaitu menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi segala laranganNya. Sebaik dan seburuk apapun kondisi kita, kita tetap beristiqomah kepada Allah SWT. apabila ditimpa musibah maka kita selalu bersabar dan apabila mendapatkan kenikmatan maka kita akan selalu bersyukur.

Demikian, semoga bermanfaat!


Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam