Tips Mendidik Anak Dalam Islam Agar Menjadi Anak Yang Sholeh

Artikel terkait : Tips Mendidik Anak Dalam Islam Agar Menjadi Anak Yang Sholeh



Semua orang tua pastinya ingin memperoleh anak yang sholeh dan sholehah. Karena anak yang sholeh merupakan dambaan semua orang tua. Selain membanggakan orang tua didunia, anak yang sholeh juga dapat menjadi investasi bagi orang tua diakhirat kelak. betapa senangnya hati orang tua jika mereka mendapatkan anak-anak yang sholeh yang selalu patuh dan berbakti kepada mereka. Subhanallah! 

Sebagai orang tua sudah menjadi kewajiban bagi mereka untuk membina rumah tangga nya dengan aman, tentram dan penuh kasih sayang. Salah satunya adalah dalam mendidik anak. Mendidik anak merupakan faktor pertama yang harus diutamakan oleh orang tua. Betapa tidak, karena keberhasilan atau ketaatan seorang anak akan memberi dampak terhadap orang tuanya. Jika anak nya dididik dengan baik maka akan memperoleh anak yang sholeh dan sholehah yang pastinya dapat menenangkan hati orang tuanya. Namun sebaliknya jika orang tua tidak mendidik anak dengan baik, maka akan memperoleh anak yang pemberontak, nakal, dan pastinya meresahkan hati orang tua. Nauzubillah!

Sebagaimana firman Allah SWT didalam Al-Qur’an surah At-Tahrim ayat 6:
Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu.” (QS. At-Tahrim : 6)

Perlu Ummi dan abi ketahui bahwa mendidik anak dimulai semenjak ia masih kecil atau bahkan semenjak ia berada didalam kandungan. Disaat ia lahir kita tanamkan iman didalam hatinya. Dan ilmu-ilmu agama lain. Karena anak yang baru lahir hatinya masih putih dan bersih tanpa adanya dosa. Apa saja yang kita ajarkan maka itupula yang ia tuai. Namun sebaliknya jika kita memberi pendidikan kepada anak-anak setelah ia besar atau dewasa maka jangan harap anak itu menjadi anak yang sholeh. Karena anak yang sudah besar atau dewasa hatinya sudah keras. Oleh Karena itu sebagai orang tua maka didiklah anak-anak kita dengan sebaik-baik mungkin. 



Berikut ada beberapa tips untuk orang tua dalam mendidik anak agar memperoleh anak yang sholeh:      
1) Menanamkan iman atau tauhid kepada anak-anak
Hal Yang paling utama kita tanamkan kepada anak-anak adalah tauhid yaitu keimanan. Apabila iman sudah kita tanamkan dihati anak-anak kita maka insya Allah dia akan menjadi anak yang sholeh dan sholehah.

2) Mendidik anak-anak untuk mengenalkan ibadah
Ajarkan anak-anak mu untuk mengenal ibadah semenjak dini. Misalnya mengajarkan ia sholat, mengajarkan ngaji, mengajarkan ia untuk bersalaman dengan orang tua saat pamit dan mengajarkan ibadah-ibadah lain.

3) Berikan anak-anak pendidikan yang islami
Berilah pendidikan kepada anak-anak mu semenjak dini, misalnya dengan mengantarkan ia ke TPA (Taman Pendidikan Al-Quran). Setelah itu jika ia sudah remaja, maka antarkanlah anak-anak mu masuk ke pesantren untuk menuntut ilmu dan membina akhlak. Insya Allah setelah ia keluar dari pesanttren maka ia akan mengajarkan ilmu-ilmunya kepada orang lain.

4) Contohkanlah sikap suri tauladan mu kepada anak-anakmu
Apapun yang orang tua lakukan maka anak-anak akan mencontohkannya. Maka orang tua sudah sepatutnya untuk bersikap suri tauladan. Misalnya orang tua menyuruh anak-anaknya  untuk melakukan sholat, sedangkan orang tuanya sendiri tidak pernah melakukan sholat. Maka mana mungkin seorang anak mendengar omongan kita, sedangkan kita sendiri tidak pernah melakukan ibadah tersebut. Oleh karena itu beri contohlah anak-anakmu dengan “Uswatun Hasanah”.

5) Mengajarkan batasan aurat kepada anak-anak sejak dini
Menutup aurat merupakan perkara yang sangat sulit. Oleh karena itu ajarkan batasan aurat kepada anak-anakmu. Misalnya membiasakan ia memakai jelbab sejak dini. Membiasakan budaya malu saat ia tidak memakai baju dan celana. 

6) Jadilah orang tua yang selalu sayang dan perhatian kepada anak-anakmu
Anak-anak akan merasa nyaman dan tentram bila ia selalu berada didekat orang tuanya. Dengan kasih sayang yang orang tua berikan maka anak-anak tersebut dapat membentuk sikap kasih sayang dan suka tolong menolong. Namun sebaliknya jika orang tua terlalu sibuk maka anak-anak pun akan terlantar dengan sendirinya yang akhirnya anak tersebut nantinya suka memberontak, membangkang dan suka marah terhadap orang tuanya.

7) Didiklah anak-anakmu dengan bijak, sabar dan tidak pernah mengeluh
Didiklah anak-anak kita dengan penuh kesabaran dan  kasih sayang. Jangan pernah kita mendidik anak-anak kita dengan kekerasan. Karena orang tua merupakan kenyamanan bagi mereka.

8) Mengajarkan anak beberapa adab-adab dalam islam
Ajarilah anak-anak kita untuk mengenal beberapa adab. Misalnya adab makan, adab minum, adab tidur,serta adab terhadap oang tua dan guru.

9) Mengajarkan Al-Qur’an, hadis dan doa-doa kepada anak-anak
Mengajarkan anak-anak untuk menhafal surat-surat pendek dan doa sehari-hari. Misalnya doa ketika makan, doa mau tidur, doa kedua orang tua dan lain-lain.

Itulah beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk memperoleh anak-anak yang sholeh. Berdoalah kepada Allah, semoga Allah memberikan anak-anak yang sholeh kepada kita semua. Amiin Ya Rabbal ‘Alamiin…..

Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam