Tenanglah, Anda Masih Dapat Meraih Pahala Meskipun Sedang Haid

Artikel terkait : Tenanglah, Anda Masih Dapat Meraih Pahala Meskipun Sedang Haid



Haid merupakan darah kotor yang keluar dari kemaluan wanita. Haid ini merupakan suatu ketetapan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT kepada kaum hawa yang sudah baligh. Setiap wanita yang normal pasti mengalami haid dalam sebulan sekali. Sekurang-kurangnya haid adalah sekecup mata (satu malam satu hari), minimal wanita haid adalah enam atau tujuh malam tujuh hari, dan sebanyak-banyaknya wanita haid adalah 15 malam 15 hari. 

Pada saat wanita sedang haid maka ia dilarang untuk melakukan sholat, puasa, tawaf, masuk mesjid, menyentuh Al-Quran, apalagi membacanya. Semua perbuatan ibadah tersebut haram ia lakukan disaat ia sedang haid. karena disaat ia haid berarti ia sedang tidak suci atau kotor. Sedangkan dalam melakukan ibadah kepada Allah kita harus dalam keadaan suci dan bersih. Makanya orang haid dilarang untuk melakukan sholat, puasa, masuk mesjid, tawaf, berhubungan intim, menyentuh Al-Qur’an dan membaca Al-Qur’an.  Namun bukan berarti selama haid tersebut mereka tidak boleh melakukan ibadah apapun. Itu salah besar. karena Allah masih memberikan kesempatan ladang pahala bagi kita yang sedang haid. seperti berzikir dan masih banyak ibadah-ibadah lain yang dapat kita lakukan selama masa haid. 



Ada Tiga Golongan Wanita Saat Ia Mengalami Haid:

Golongan pertama yaitu: Sebahagian wanita merasa senang jika ia sedang mengalami haid. karena mereka tidak perlu melakukan sholat, dan membaca Al-Qur’an. Dan bisa bermalas-malasan karena tidak usah bangun subuh. 

Golongan kedua yaitu: Sebagian  wanita mereka merasa biasa saja saat mengalami haid. tidak senang dan tidak pula sedih karena tidak bisa melakukan sholat, puasa dan ibadah-ibadah lain. karena mereka mengganggap bahwa haid ini sebagai rutinitas biasa yang dialami wanita.

Golongan ketiga yaitu: Sebahagian wanita mereka merasa sangat sedih ketika sedang mengalami haid. karena mereka tidak bisa melakukan ibadah-ibadah yang biasa ia lakukan disaat sedang tidak haid. 
 
Dari ketiga golongan tersebut yang paling baik adalah golongan ketiga. Karena mereka merasa sedih tidak bisa melakukan ibadah rutin kepada Allah SWT. bukan seperti golongan pertama yang merasa senang disaat haid karena bisa bebas untuk tidak melakukan ibadah apapun.
Bagi anda yang merasa sedih ketika datangnya haid, karena tidak bisa melakukan ibadah-ibadah wajib. Maka anda tidak perlu khawatir karena Allah mendengar isi hati kita. masih banyak ibadah-ibadah lain yang bisa anda lakukan, selain ibadah yang dilarang oleh syariat bagi wanita haid. seperti:  Sholat, puasa, tawaf, masuk mesjid, berhubungan intim, menyentuh Al-Qur’an dan membaca Al-Qur’an. Nah selain ibadah tersebut anda boleh melakukannya. 

Berikut ibadah ataupun amalan-amalan yang dapat dilakukan oleh wanita yang sedang haid:

1) Bagi wanita yang selalu menjaga rutinitas membaca Al-Qur’an, maka jika anda sedang haid tidak perlu khawatir, anda masih bisa mendengar ayat-ayat Al-Qur’an melalui hp atau tablet. Tetapi tidak untuk dibaca ya! Hanya mendengar saja. Karena mendengar ayat-ayat Al-Qur’an juga sangat banyak pahalanya sama seperti anda membacanya. Dan mendengar ayat-ayat Al-Qur’an juga dapat menengkan hati anda. 

2) Memperbanyak berzikir. Bagi anda yang sedang haid, maka perbanyaklah membaca tasbih, tahmid, takbir dan tahlil. Dan berzikir dengan zikir “SUBHANALLAH, WALHAMDULILLAH, WALAILAHAILLALLAH, WALLAHU AKBAR”.
 
3) Memperbanyak istighfar : “ASTAGHFIRULLAHAL ‘AZIM ALLAZI LAAILAAHAILLAA HUWAL HAYYUL QAYYUMA WA ATUBU ILAIH”. Karena dengan begitu setan tidak bisa menguasai anda disaat anda sedang haid.

4) Memperbanyak bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW agar kita memperoleh syafaat dinegeri akhirat nantinya. “ALLAHUMMA SHOLLI ‘ALA SAIYIDINA MUHAMMAD, WA’ALA ALI  SAIYIDINA MUHAMMAD”. 

5) Memperbanyak membaca doa, misalnya doa kebaikan didunia dan diakhirat, doa kedua orang tua, doa agar terlindung dari godaan setan, dan doa sehari-hari lainnya yang biasa kita baca seperti:  Doa mau makan dan sesudahnya, doa tidur dan bangun tidur, doa keluar rumah, doa masuk/keluar WC, doa naik kendaraan dan sebagainya. 

Nah Itulah beberapa amalan yang dapat anda lakukan disaat anda sedang mengalami haid. perbanyaklah melakukan amalan tersebut supaya anda tidak bebas dikuasai oleh setan. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi anda semua, dan saya sendiri tentunya. Amin Yarabbal ‘Alamiin.




Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam