Larangan Berputus Asa Terhadap Rahmat Allah

Artikel terkait : Larangan Berputus Asa Terhadap Rahmat Allah



Setiap manusia pastinya mengalami berbagai macam masalah dan rintangan. Baik masalah tersebut bersifat rumit, sedang atau bahkan sangat-sangat rumit. Sehingga ada sebagian dari mereka apabila ditimpa suatu masalah maka mereka merasa berputus asa. Karena mereka tidak mampu mengatasinya. Padahal  islam sangat melarang hambanya untuk berputus asa, karena berputus asa merupakan salah satu pintu masuknya syaitan. 

Shabat muslim yang dirahmati Allah, betapa luasnya alam semesta ini, betapa banyaknya rizki yang dapat kita cari dialam Allah ini. Betapa banyak nya Rahmat yang Allah limpahkan kepada kita. masih kah kita mau berputus asa terhadap Rahmat Allah? Padahal rahmat Allah sangat luas kepada hamba-hambaNya. Cuma kita sendiri yang tidak tau apa saja yang termasuk kealam Rahmat Allah. Kita masih dapat bernafas sampai sekarang ini, itu berkat adanya Rahmat Allah, kita belum pernah merasakan kelaparan sampai saat ini, itu juga merupakan Rahmat Allah. Kita masih dapat melihat, mendengar, berbicara dan berjalan itu juga merupakan Rahmat Allah SWT. namun kita tidak pernah menyadarinya. Seakan-akan itu bukan Rahmat Allah. Padahal itulah Rahmat Allah Yang paling besar yang Allah berikan kepada hamba-hambaNya.



Perlu kita ketahui bahwa dunia ini merupakan tempat ujian bagi hamba-hambaNya yang beriman. Semua kita pasti mengalami ujian atau cobaan. Baik itu ujian dari segi harta, anak, kecantikan, dan musibah. Tidak ada manusia yang hidup didunia ini tanpa adanya ujian. Semakin kuat imannya semakin berat ujian baginya. Karena Allah ingin melihat sebatas mana ia mampu beriman. Namun bagi orang-orang yang lemah imannya mereka merasa berputus asa disaat mereka menimpa musibah atau ujian. Seakan-akan hidupnya hancur, tak ada harapan lagi dan bahkan ia tidak mau melakukan sholat lagi karena sudah putus harapan yang akhirnya akan berujung dengan bunuh diri. Nauzubillah!
Allah SWT sangat-sangat melarang kita untuk berputus asa. karena putus asa merupakan bagian dari orang-orang kafir. Hal ini sesuai dengan Firman Allah SWT didalam Al-Qur’an surah Yusuf ayat 87:
Artinya: “Dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah, sesungguhnya tiada yang berputus asa dari rahmat Allah melainkan kaum yang kafir.” (QS. Yusuf : 87)

Dalam Al-Qur’an Surah Ibrahim Allah SWT juga Berfirman:
Ibrahim berkata : “Tidak ada orang yang berputus asa dari rahmat RabbNya, kecuali orang-orang yang sesat.” (QS. Al -Hijr: 56).

Dari ayat-ayat tersebut, begitu tegasnya Allah melarang hambaNya untuk berputus asa terhadap rahmat Allah. Karena Rahmat Allah itu sangat besar, tidak akan habis-habisNya. Subhanallah!
Nah kita sebagai manusia yang beriman kepada Allah. Apabila kita ditimpa suatu masalah atau cobaan maka bersabarlah, mungkin itu jalan takdir yang harus kita jalani. mintalah perlindungan kepada Allah. Seberat apa pun cobaan kita, pasti Allah telah memberikan jalan keluarnya. Berdoa lah dan berusahalah untuk dapat menyelesaikannya dengan baik. karena Allah tidak memberikan suatu cobaan  diluar kesanggupan hambaNYa. Lewatilah ujian ini dengan memperbanyak berzikir, membaca Al-Qur’an dan melakukan sholat malam. Jika kita berhasil melewati ujian ini, Insya Allah kemenangan dan kebahagian akan datang menghampiri kita. Subhanallah!

Ingat:  Hanya orang-orang kafir yang berputus asa dari rahmat Allah!



Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam