Inilah Tiga Doa Yang Tidak Akan Pernah Dikabulkan Oleh Allah SWT

Artikel terkait : Inilah Tiga Doa Yang Tidak Akan Pernah Dikabulkan Oleh Allah SWT



Doa adalah permohonan seorang hamba kepada RabbNya yaitu Allah SWT. berdoa merupakan salah satu bentuk rasa syukur dan keimanan kita terhadap Allah SWT. orang yang beriman dan percaya adanya Allah maka ia akan senantiasa  meminta kepada Allah dengan berdoa. Apapun yang terjadi pada dirinya ia tak luput meminta dan memohon kepada AllahSWT. Namun orang yang tidak pernah meminta dan berdoa kepada Allah berarti orang tersebut sudah sombong dan angkuh. Dan tidak mempercayai bahwa segala sesuatu yang terjadi pada dirinya adalah kehendak dari Allah SWT.  

Maka sudah sepatutnya bagi kita seorang hamba untuk berdoa kepada Allah SWT karena Allah lah yang memberikan segala sesuatu yang kita inginkan, Allah lah yang selalu memberi petunjuk kepada kita dan Allah pula sang penerima doa dan tempat kita meminta.

Dalam berdoa kadang-kadang kita selalu merasa cemas dan ragu-ragu, apakah doa kita diterima oleh Allah SWT ataupun ditolak. Ingat lah wahai saudaraku bahwa Allah SWT tidak pernah menolak permintaan hambanya yang meminta kepadaNya. Buanglah sifat suuzzon kita kepada Allah SWT.  bukankah Allah sangat sayang kepada hambaNya. Allah yang telah memberi rizki kepada kita dan Allah jua yang telah meemberi kita kesehatan dan umur panjang seperti yang kita rasakan saat ini. Jika Allah tidak sayang kepada kita sungguh kita akan mati kelaparan tanpa adanya rizki dari Allah SWT. 

Oleh karena itu berdoa lah kepada Allah. Kita hanya bisa meminta dan berdoa, namun keputusan terkabul atau tidak nya tetap Allah yang menentukan.  Adakala doa kita cepat terkabul, adakala doa kita agak lama terwujud dan ada pula doa kita tidak kunjung terwujud. Itu semua merupakan ketetapan Allah SWT. karena Allah ingin melihat sebatas mana hambaNya yakin dan sabar dalam berdoa. Jikalau kita yakin dan sabar dalam berdoa Insya Allah mudah-mudahan Allah menerima doa kita.

Nah meskipun semua manusia diperbolehkan untuk berdoa apa saja kepada Allah SWT. Namun ada beberapa doa yang tidak akan pernah diterima oleh Allah SWT (ditolak). Berikut penjelasannya:



Doa-Doa yang tidak akan pernah dikabulkan oleh Allah SWT
Sebagaiman yang telah disebutkan didalam hadis Rasulullah SAW  yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu:
Artinya : “Dari Abu Hurairah RA bahwasannya Rasulullah SAW bersabda: “Doa seseorang senantiasa akan dikabulkan selama ia tidak berdoa untuk perbuatan dosa, ataupun untuk memutuskan tali silaturrahim dan tidak tergesa-gesa”. Seorang sahabat bertanya: Ya Rasulullah! apakah yang dimaksud dengan tergesa-gesa? Rasulullah SAW pun menjawab: Yang dimaksud dengan tergesa-gesa adalah apabila orang yang berdoa itu mengatakan “Aku telah berdoa dan terus berdoa tetapi belum juga dikabulkan”. Setelah itu ia merasa putus asa dan tidak pernah berdoa lagi.” (HR. Muslim)

Dari Hadis tersebut dapat disimpulkan bahwa ada 3 jenis Doa yang tidak akan diterima oleh Allah SWT, yaitu:
1) Seseorang yang berdoa untuk melakukan perbuatan dosa
Doa ini merupakan salah satu doa yang tidak akan pernah diterima oleh Allah SWT karena berdoa untuk melakukan perbuatan maksiat atau dosa. Seperti seseorang berdoa agar saudaranya ditabrak mobil, dengan begitu kita dapat mengambil hartanya. Atau seseorang yang berdoa buruk untuk saudaranya. Ini merupakan doa yang sangat dilarang karena kita sesama muslim adalah saudara. Seburuk apapun dia kita tetap berdoa yang terbaik buat dia.

2) Seseorang yang berdoa untuk memutuskan tali silaturrahmi
Misalnya Seseorang yang terjadi kesalah pahaman pendapat antara dirinya dengan saudaranya atau kerabatnya. Kemudian orang tersebut berdoa kepada Allah SWT agar hubungan silaturrahminya dengan saudaranya terputus. Ini merupakan doa yang sangat dilarang dalam agama. Karena menjaga hubungan silaturrahmi adalah sangat diutamakan oleh Allah SWT. dan akan mendapatkan ancaman yang keras bagi yang memtuskan tali silaturraahmi. Nauzubillah!

3) Seseorang yang berdoa dengan tergesa-gesa
Doa tergesa-gesa yaitu misalnya seseorang berdoa kepada Allah SWT ingin mengharapkan sesuatu keinginan, namun belum terwujud keinginannya. Kemudia orang tersebut mengatakan: aku selalu  berdoa, dan terus berdoa  tetapi doa ku belum juga dikabulkan. Setelah itu ia merasa putus asa dan tidak pernah berdoa lagi kepada Allah.
Sebagaimana yang telah disebutkan didalam Hadis Rasulullah SAW:
Artinya : “Doa seseorang dari kalian akan senantiasa dikabulkan selama ia tak tergesa-gesa hingga mengatakan: Aku telah berdoa kepada Tuhanku, namun belum juga dikabulkan untukku.” (HR. Muslim)

Doa orang yang tergesa-gesa ini merupakan doa yang tidak pernah diterima oleh Allah SWT dan sangat-sangat dilarang. Karena kita tidak boleh berburuk sangka kepada Allah. Bukankah Allah selalu memberikan apa yang terbaik untuk kita? apabila doa kita belum terwujud maka yakinlah bahwa Allah telah menetapkan yang terbaik untuk hambaNya. Dan teruslah berdoa dan berdoa , janganlah berputus asa insya Allah, Allah akan mengabulkan doa kita. Amiin Ya Rabbal ‘Alamiin….

Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam