Haram Hukumnya Meluruskan Rambut Atau Rebonding

Artikel terkait : Haram Hukumnya Meluruskan Rambut Atau Rebonding



Kecantikan merupakan fitrah bagi setiap wanita. Karena tampil cantik adalah sesuatu hal yang sangat diinginkan oleh para wanita. Mereka selalu berupaya untuk tampil cantik setiap hari bahkan setiap saat. Bukan hanya dari segi pakaian yang ingin menarik perhatian. namun wajah pun mereka selalu berupaya untuk tampil cantik, baik dengan mencukur alis,merapikan gigi dan meluuskan rambut atau istilah sekarang adalah rebonding.

Rebonding merupakan upaya untuk pelurusan rambut. Dari keritng berubah menjadi lurus. Atau sebaliknya dari lurus diubah untuk menjadi keriting. Itulah dunia akhir zaman.  Banyak wanita dikalangan kita yang melakukan cara ini untuk meluruskan rambut agar rambutnya terlihat lebih lurus dan kinclong. Namun mereka tidak mengetahui bagaimana sebenarnya islam memandang rebonding? Apakah rebonding dibolehkan dalam islam? Berikut penjelasannya:



Hukum Rebonding Dalam Islam
Apabila seseorang melakukan rebonding maka otomatis dia ingin megubah gaya rambutnya dari keriting menjadi lurus dan kinclong. itu berarti ia telah mengubah sesuatu ciptaan Allah. Allah SWT memberi seorang rambut keriting, namun orang tersebut mengubahnya menjadi lurus dengan cara rebonding. Bukankah itu mengubah ciptaan Allah? Pada hakikatnya  Seuatu perbuatan yang dapat mengubah ciptaan Allah adalah haram. Karena perbuatan tersebut merupakan perbuatan setan.
Hal ini sesuai dengan Firman Allah SAW didalam Al-Qur’an surah An-Nisa’ ayat 119:
Artinya: “Maka aku (syaitan) sungguh akan menyuruh mereka untuk merubah ciptaan Allah. lalu mereka benar-benar mengubahnya.” (QS. AN-Nisa’:119)

Ayat tersebut jelas disebutkan bahwa setan mereka akan melakukan berbagai macam cara untuk menyesatkan manusia. Salah satunya adalah merubah ciptaan Allah dengan melakukan rebonding. Perlu kita ketahui bahwa Allah SWT melaknat orang-orang yang merubah ciptaan Allah. Sebagamana yang telah disebutkan didalam Hadis Rasulullah SAW:
Artinya:  “Allah melaknat wanita yang mentato dan yang minta ditato, yang mencabut bulu alis dan yang minta dicabutkan bulu alisnya, serta wanita yang merenggangkan giginya untuk kecantikan. Mereka telah merubah ciptaan Allah.” (HR Bukhari).

Nah walaupun merebonding rambut tidak disebutkan didalam hadis tersebut, namun rebonding sama halnya dengan mentato, mencabut alis, dan merenggangkan gigi. Karena mempunyai ‘ilat yang sama. Yaitu sama-sama merubah cipataan Allah SWT. yang hukumnya adalah haram. 

Dari dalil-dalil tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa rambut merupakan salah satu ciptaan Allah yang paling sempurna Allah berikan kepada kita. sehingga Allah perintahkan kepada kita untuk menutupi rambut dengan baik atau menutup aurat. Karena rambut merupakan perhiasan wanita yang harus dijaga. Bukan untuk dipamer-pamerkan. Apalagi diubah dengan berbagai macam bentuk Seperti diribonding. Karena diribonding bukan hanya merubah ciptaan Allah saja, dengan dia dapat menyebabkan sholat anda tidak sah dikarenakan mengandung bahan-bahan kimiawi yang tidak bisa dicuci dalam waktu seminggu. Dengan begitu wudhu’ anda tidak sah. Dan otomatis sholat anda pun tidak sah,  yang menyebabkan setan semakin dekat dengan anda. Dan Allah melaknat orang-orang yang berbuat demikian. Nauzubillah!

Oleh karena itu bersyukurlah kepada Allah terhadap apa-apa yang telah Allah berikan kepada kita. agar kita selalu merasa puas terhadap nikmatnya. 

Demikian, semoga bermanfaat!

Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam