Ciri-Ciri Wanita Sholehah Idaman Para laki-Laki Muslim

Artikel terkait : Ciri-Ciri Wanita Sholehah Idaman Para laki-Laki Muslim



Allah SWT menciptakan wanita dengan bentuk yang sebaik-baiknya. Rupa yang cantik dan sikap yang lemah lembut. Wanita merupakan perhiasan dunia. Dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita sholehah. Wanita sholehah ialah wanita yang hatinya takut kepada Allah SWT artinya wanita itu selalu menjalankan segala perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangan-Nya. Selalu berbakti kepada orang tua dan taat kepada suaminya. 

Wanita sholehah merupakan dambaan para pria (suami). Karena seorang suami pasti berkeinginan untuk memperoleh istri  seorang wanita sholehah. Alangkah bahagianya seorang suami jika memperoleh istri wanita  sholehah. Yaitu istri yang taat dan patuh kepada suami. apabila dipandang menyenangkan hati suami dan apabila berpergian dia menjaga kehormatan dan nama baik suaminya. 

Sebagaimana Firman Allah SWT didalam Al-Qur’an surah An-Nisa’ ayat 34:
Artinya: “Maka wanita yang shalihah adalah yang taat, lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada dikarenakan Allah telah menjaga mereka.” (QS. An Nisa’: 34)
Rasulullah SAW juga bersabda: ”Dunia seluruhnya adalah perhiasan. Dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita yang shalihah.”

Hadis tersebut menjelaskan bahwa sebaik-baik  perhiasan adalah wanita shalehah. Maka bersegeralah kita memperbaiki diri kita dengan sebaik-baiknya agar kita menjadi perhiasan yang dapat menyenangkan hati suami. Berikut akan kami uraikan cirri-ciri wanita sholehah dambaan pria (suami):



Ciri- ciri Wanita Sholehah Idaman Laki-laki Muslim

1) Wanita yang selalu menjunjung tinggi perintah Allah dan menjauhi segala laranganNya. 
2) Wanita yang tidak lalai dengan dunia, apabila azan berkumandang ia segera meninggalkan aktivitasnya untuk menunaikan sholat.
3) Wanita yang senantiasa menjaga kesuciannya dan selalu menjaga (menutup)auratnya dengan sempurna. 
Sebagaimana Firman Allah SWT: “Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin. Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, Karena itu mereka tidak di ganggu. dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Ahzab: 59)

4) Wanita yang selalu berbakti kepada kedua orang tuanya 
5) Wanita yang selalu taat dan patuh kepada suaminya,apabila dipandang ia dapat menyenangkan hati suaminya, dan selalu menjaga kehormatan suaminya
6) Wanita yang selalu membimbing anak-anaknya dan keluarganya kepada kebaijikan serta melindungi keluarganya dari perbuatan maksiat. Sebagaimana firman Allah SWT didalam Al-Qur’an surah At-Tahrim ayat 6:
Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka. yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya adalah malaikat-malaikat yang kasar dan keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS. At Tahrim: 6)

7) Wanita yang selalu menjaga kesuciannya yaitu tidak berkhalwat dengan laki-laki yang bukan muhrimnya, dan tidak keluar rumah tanpa izin dari suaminya.
8) Wanita yang dapat menahan pandangannya, yaitu tidak pernah melihat kepada yang haram-haram dan menjaga kemaluannnya. Sebagaimana yang telah disebutkan didalam Al-Qur’an surah An-Nuur ayat 31:
Artinya : “… Katakanlah kepada wanita yang beriman, Hendaklah mereka menahan pandangannya dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya.” (QS. An-Nuur: 31)

9) Wanita yang selalu menjaga dirinya dari perbuatan ghibah, namimah dan perbuatan-perbuatan lain yang tidak berguna.
10) Wanita yang berakhlak mulia yaitu yang bersikap lembut, kasih sayang, dan suka tolong menolong.
11) Wanita yang dapat menyenangkan hati suami, yaitu wanita yang penyayang, sopan santun, lembut, dan senantiasa merias wajahnya untuk suaminya, menutup aurat, menghormati suaminya dan keluarganya, dan senantiasa menjaga nama baik dan harta suaminya. 

Itulah beberapa ciri-ciri wanita shalihah yang diidam-idamkan oleh pria. Jadilah diri kita sebaik-baik perhiasan bagi suami kita. karena kesholehah seorang istri merupakan kesenangan hati suami. Mudah-mudahan kita mampu menjadi wanita sholehah yang diridhai oleh Allah SWT. Amiin Ya Rabbal ‘Alamiin….

Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam