Istri Wajib Tahu! Inilah Cara Menahan Amarah Suami Dalam Islam

Artikel terkait : Istri Wajib Tahu! Inilah Cara Menahan Amarah Suami Dalam Islam



Dalam membangun bahtera rumah tangga, pastinya tidak luput dari berbagai masalah dan rintangan yang dihadapi pasangan suami istri. Tidak mungkin dalam rumah tangga tidak ada masalah. Namun sepandai-pandainya kita dalam menghadapi masalah tersebut dengan aman, tentram dan tanpa ada kemarahan, apalagi sampai terjadinya pertengkaran antara suami dan istri yang pada ujungnya akan berakhir dengan perceraian. Nauzubillah!

Semua manusia pasti memiliki sikap egois atau marah. Tetapi kadang-kadang seseorang tersebut tidak menampakkan dan melampiaskan kemarahannya kepada orang lain. Begitu juga dalam rumah tangga. Seorang laki-laki pasti memiliki tingkat kemarahan yang sangat tinggi dibandingkan dengan  wanita. Namun bukan seenak-enaknya  seorang suami melampiaskan kemarahannya kepada istri tanpa sebab. Tetapi jika mempunyai sebab maka itu adalah hal yang lumrah. 

Nah jika seorang suami sedang marah, maka apa yang harus kita lakukan sebagai istri agar kemarahan suami dapat reda? dan kita dapat membentuk kembali keluarga kecil kita dengan rukun, aman tentram dan damai? Berikut jawabannya;



Jika suami kita sedang marah, maka anda sebagai istri dapat melakukan hal-hal berikut: 

1) Apabila kita melihat suami kita sedang marah dan kesal, maka berusahalah mereda kemarahannya dengan suara yang lemah lembut. Jangan kita sambut kemarahan suami dengan kecerewetan kita dan mengejeknya bahkan membantahnya. Apabila perlu bersegeralah kita meminta maaf kepada suami, dengan merendahkan diri kita walaupun kita tidak bersalah apa-apa.

2) Apabila kita telah membuat kesalahan pada suami kita, misalnya lalai dalam mengerjakan tugas rumah tangga, maka bersegeralah meminta maaf kepada dia.

3) Apabila suami kita marah dan sedang berbicara, maka jangan lah kita menyela. Dengarkan dia berbicara dengan baik dan santun, jangan pernah membantah omongan dia disaat dia sedang marah.

4) Apabila suami kita marah dan ia sedang dalam posisi berdiri, maka ajaklah dia untuk duduk terlebih dahulu. Kemudian kasih ia segelas minum dan ajaklah ia berbicara dengan baik-baik. Apabila perlu rangkul ia dipangkuan kita agar kemarahannya dapat reda. 

5)Apabila suami kita sedang marah, maka tahanlah emosi kita (istri). Jangan kita sambung kemarahannya. Lebih baik kita diam, dan tunggu sampai kemarahan suami sudah reda. Baru kita ajak bicara baik-baik.

6) Apabila suami kita sedang marah-marah, maka jangan sampai kita tinggalkan suami kita untuk tidur sendirian. 

7) Apabila suami pulang maka sambutlah ia dengan wajah tersenyum, berdandan dan berhias diri untuk suami, serta sambut suami pulang dengan bersalaman dan mencium tangannya dan kedua lututnya. Lalu memberi dia segelas minuman. Agar lelahnya hilang dan dengan begitu pasti kemarahannya akan hilang.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan seorang istri untuk menghilangkan amarah suaminya. Lakukan lah yang terbaik untuk suamimu, karena dialah imammu dan surgamu berada pada keridhaan suamimu. Subhanallah!
Ingat hadis Rasulullah SAW:
“Siapa saja istri yang meninggal dunia dalam keadaan suaminya meridhainya, maka dia masuk surga.” (HR. Ibnu Majah).

Demikian, semoga bermanfaat!

Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam