Haram Hukumnya Memakan Dan Meminum Dengan Tangan Kiri

Artikel terkait : Haram Hukumnya Memakan Dan Meminum Dengan Tangan Kiri



Sahabat muslim yang dirahmati Allah, Islam sangat melarang ummat nya untuk memamkan dan meminum dengan tangan kiri. Perbuatan tersebut adalah salah satu perbuatan yang paling disukai oleh syaitan, karena syaitan makan dan minum dengan tangan kiri. Maukah kita mengikuti jejak syaitan? Pastinya semua orang tidak mau, karena syaitan adalah musuh yang nyata bagi kita. 

Namun secara tidak sadar banyak perbuatan-perbuatan yang kita lakukan adalah jejak dari syaitan. Seperti makan dan minum dengan tangan kiri. Sekarang sudah jadi lumrah banyak orang yang makan dan minum dengan tangan kiri. Mereka tidak sadar bahwa perbuatan tersebut adalah sangat-sangat dilarang dalam agama. Nah bagaimana hukum memakan dan meminum dengan tangan kiri? Berikut penjelasannya;


Islam sangat melarang ummatnya untuk memakan dan meminum dengan tangan kiri. Karena terdapat banyak hadis yang melarang perbuatan tersebut diantaranya yaitu:

 1) Makan dengan tangan kanan merupakan perintah dari Nabi SAW
Dari Umar bin Abi Salamah RA, ketika beliau masih kecil pernah makan dengan kedua tangannya (kanan dan kiri). Kemudian diperingatkan oleh Rasulullah SAW: “Wahai anakku, sebutlah nama Allah, dan makanlah dengan tangan kananmu, serta makanlah yang ada di hadapanmu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

2) Jika kita memakan dan minum dengan tangan kiri berarti kita telah meniru cara makannya setan
Dari Ibnu Umar RA ia berkata, bahwasannya Rasulullah SAW bersabda: Apabila kalian makan, maka hendaknya makan dengan tangan kanannya. Jika minum maka hendaknya juga minum dengan tangan kanannya, karena setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya.” (Muttafaqun ‘Alaih).

3) Memakan dan meminum dengan tangan kiri ternyata mendapat do’a yang tidak baik dari Nabi Muhammad SAW
Dari Salamah bin Al Akwa’ ia berkata,  Ada seorang laki-laki makan di samping Rasulullah SAW dengan tangan kirinya. Lalu Rasulullah SAW bersabda: “Makanlah dengan tangan kananmu! Dia malah menjawab:  “Aku tidak bisa”. Kemudian Rasulullah SAW  bersabda: “Benarkah kamu tidak bisa?” laki-laki itu menolaknya karena sombong.  Setelah itu tangannya tidak bisa sampai ke mulutnya.” (HR. Muslim).

Dari hadis tersebut sangat jelas disebutkan bahwa memakan dan meminum dengan tangan kiri sangat-sangat dilarang oleh agama. Dan Rasulullah SAW pun tidak senang melihat orang yang memakan dan meminum dengan tangan kiri, bahkan Rasulullah SAW berdoa yang jelek untuk orang-orang yang memakan dan meminum dengan tangan kiri. Nauzubillah! Ini sekaligus menunjukkan haramnya makan dan minum dengan tangan kiri. Karena perbuatan tersebut merupakan perbuatan setan. Dan syaitan adalah musuh yang nyata bagi kita. oleh karena itu janganlah kita mengikuti langkah syaitan. Ikutilah sunnah Rasulullah SAW kalau kita ingin mendapatkan kebaikan didunia dan diakhirat. 

Demikian, semoga bermanfaaat!


Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam