Cara Berbakti Kepada Orang Tua Yang Telah Meninggal Dunia

Artikel terkait : Cara Berbakti Kepada Orang Tua Yang Telah Meninggal Dunia



Berbakti kepada kedua orang tua merupakan suatu kewajiban seorang anak terhadap orang tuanya. Karena orang tualah yang telah melahirkan kita kedunia, tanpa rahim mereka kita tidak akan lahir kedunia ini. Begitu hebatnya perjuangan orang tua kepada kita, apalagi seorang ibu. Seorang ibu ia rela menjaga kita sejak kita berada dalam kandungannya sampai kita lahir kedunia ini. Kemudian dia menyusui kita dan merawat kita dengan baik. Bahkan ia tak akan membiarkan satu gigitan nyamuk pun menyentuh tubuh ananknya. Begitu juga dengan seorang ayah. Ayah kita setiap harinya rela membanting tulang, memeras keringat dibawah teriknya matahari demi untuk menafkahi kita. Tak peduli ia sakit-sakitan bahkan ketika ia sudah tua renta pun ia rela bekerja demi memenuhi kebutuhan anaknya, sampai anaknya berhasil. Subhanallah! Begitu hebatnya jasa dan perjuangan orang tua kepada kita. kini mampukah kita membalasnya? 

Wahai anak-anak shalih,  kini kita telah dewasa dan bahkan diantara kita ada yang sudah menjadi orang-orang  yang sukses. Ketahauilah, Orang tua mu tidak mengahrapkan apa-apa dari mu. Bahkan dia tidak pernah meminta mu untuk membayar semua pengorbanannya untuk mu. Sungguh mereka sangat menyayangimu. Kini saatnya kita untuk berbakti kepada kedua orang tua kita, menyayangi mereka, menghormati mereka, menjaga mereka dan bahkan merawat mereka. Apalagi orang tua kita yang sudah tua renta dan sakit-sakitan. Jangan pernah kita menyakiti hati mereka. Jagalah orang tua kita selagi mereka masih hidup. Agar kita menjadi anak yang diridhai oleh Allah SWT. karena ridha Allah SWT tergantung dengan ridha orang tua, dan murka Allah pun tergantung dengan murka orang tua.
Namun bagaimana jika orang tua kita atau salah satu dari mereka sudah meninggal dunia, apakah masih bisa kita berbakti pada mereka yang sudah meninggal?
Jawabannya adalah bisa. Bahkan berbakti kepada orang tua tiada batasnya, selama nyawa kita masih hidup, kita disuruh untuk selalu berbakti kepada orang tua. sampai mereka sudah meninggal pun kita wajib untuk berbakti kepada mereka. Lalu bagaimana cara kita berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal dunia? Berikut penjelasannya;



Cara Berbakti Kepada Orang Tua Yang Telah Meninggal Dunia
1) Selalu mendoakan keduanya yang sudah meninggal, karena doa anak yang shaleh akan diterima oleh Allah SWT dan akan sampai kepada orang tua nya.
Hal ini sesuai dengan Hadis Rasulullah SAW: “ Apabila seseorang meninggal dunia, maka terputuslah segala amalnya. kecuali tiga perkara yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak yang shaleh yang selalu mendoakannya.” (HR. Muslim)

2) Selalu memohon ampunan untuk orang tua kita yang sudah menininggal dunia.
Sebagaimana yang telah disebutkan Rasulullah SAW dalam sebuah hadis Qudsi:  “ Diangkat derajat seseorang yang sudah meninggal, kemudian berkata:“Ya Rabb, apa (penyebab) ini?” kemudian Allah SWT menjawab: “anakmu memohonkan ampun untukmu."

3)Menunaikan wasiat dan nazar mereka yang belum terpenuhi.
Sebagaimana yang telah disebutkan didalam Hadis Rasulullah SAW:
“Dari Ibnu Abbas, sesungguhnya seorang wanita dari Juhainah datang kepada Rasulullah SAW, lalu dia berkata: “Sesungguhnya ibu saya telah bernazar melakukan haji, dia meninggal sebelum melaksanakan nazar hajinya,  apakah boleh melakukan haji menggantikannya?” Rasulullah SAW menjawab: “Lakukan haji untuknya.” (HR. Bukhari)

4) Melunasi semua hutang kedua orang tua kita yang sudah meninggal. Karena jika mereka meninggal , sebagai anak yang berbakti maka hutang mereka menjadi tanggung jawab kita untuk melaunasinya.
Sebagaiman sabda Rasulullah SAW:
“Dari Abu Hurairah RA ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Ruh seorang yang beriman tergantung dengan hutangnya, sampai dilunasi hutangnya”. (HR. Tirmidzi)
Oleh karena itu sebagai anak  yang berbakti, maka lunasilah hutang orang tua kita. agar roh orang tua kita diterima disisi Allah SWT.

5) Tugas kita seorang anak adalah menjaga kembali hubungan silaturahmi dengan keluarga dan sahabat orang tua kita walalupun orang tua kita sudah meninggal.
Rasulullah SAW Bersabda: “Sesungguhnya suatu hal yang paling berbakti ialah silaturahim seorang anak kepada kerabat yang mencintai Ayahnya.” (HR. Muslim)

6) Bersedekah untuk orang tua kita yang sudah meninggal dunia
Dari Abdullah bin Abbas RA ia berkata: “ Sesungguhnya ibu dari Sa’ad bin ‘Ubadah RA meninggal dunia. Sedangkan Sa’ad pada saat itu tidak berada di sisinya. Kemudian Sa’ad mengatakan: Wahai Rasulullah, sesungguhnya ibuku telah meninggal, sedangkan aku pada saat itu tidak berada di sampingnya. Apakah bermanfaat jika aku menyedekahkan sesuatu untuknya? Rasulullah SAW pun menjawab: “Iya bermanfaat”.  Kemudian Sa’ad mengatakan kepada Rasulullah SAW: “Kalau begitu aku bersaksi padamu bahwa kebun yang siap berbuah ini aku sedekahkan untuknya.”  (HR. Bukhari).

Demikian beberapa cara untuk berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal dunia, semoga kita selalu menjadi anak yang taat kepada Allah SWT dan selalu berbakti kepada kedua orang tua kita. Amiin Ya Rabbal ‘Alamiin…..

Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam