Adab Makan Dan Minum Seorang Muslim

Artikel terkait : Adab Makan Dan Minum Seorang Muslim



Islam adalah agama yang paling sempurna, dimana dalam ajaran islam semua kehidupan manusia telah diatur sesuai dengan syariatnya masing-masing. Mulai dari cara beribadah kepada Allah, hingga adab-adab kita dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah adab disaat makan dan minum. Rasulullah SAW telah mencontohkan kepada kita beberapa adab disaat kita memakan dan meminum. Oleh karena itu sudah selayaknya bagi kita seorang muslim ketika kita sedang memakan dan meminum, hendaklah kita mengikuti apa yang diajarkan Rasulullah SAW, berikut akan dijelaskan beberapa adab makan dan minum yang dianjurkan Rasulullah SAW yaitu:



1) Hendaknya seorang muslim memakan makanan yang baik dan halal

Sebagaimana  Firman Allah SWT didalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 172:

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rizki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu, dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada Allah kamu menyembah.” (QS. Al-Baqarah: 172)


2) Saat makan dan minum hendaknya dimulai dengan membaca Basmalah dan membaca doa yang diajarkan oleh nabi SAW, seperti berikut ini:


3) Makan dan minumlah dengan menggunakan tangan kanan, dan jangan menggunakan tangan kiri.

Hal ini sesuai dengan hadis Rasulullah SAW:

Dari Ibnu Umar Radhiyallahu ‘anhu bahwasannya Rasulullah SAW bersabda: “Jika salah seorang dari kalian makan, maka makanlah dengan menggunakan tangan kanan, dan jika ia minum, maka minumlah dengan menggunakan tangan kanan, karena sesungguhnya setan itu makan dan minum dengan menggunakan tangan kiri.” (HR. Muslim)


4) Ambillah makanan yang ada didepanmu dan dihadapanmu.

Rasulullah SAW bersabda: “ Wahai ghulam (anak muda), sebutlah nama Allah (bacalah “BISMILLAH”). Makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang ada dihadapanmu.” (Bukhari dan Muslim)


5) Jika kita sedang memakan, maka makanlah dalam posisi duduk

Dari Abu Juhaifah Radhiyallahu ‘Anhu ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya aku makan tidak dengan bersandar.” (HR. Bukhari)


6) Jika kita sedang meminum, maka minumlah dalam posisi duduk

Rasulullah SAW bersabda: “ Janganlah kamu minum sambil berdiri.” (HR. Muslim)


7) Membaca doa setelah makan, berikut doanya:


Demikian, beberapa adab disaat makan dan minum yang dianjurkan Rasulullah SAW, semoga bermanfaat bagi kita semua. Amiin Ya rabbala ‘Alamiin…..



Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam