Subhanallah! Inilah Hikmah Dan Keutamaan Bersedekah

Artikel terkait : Subhanallah! Inilah Hikmah Dan Keutamaan Bersedekah



Sedekah adalah pemberian dari seseorang kepada orang lain dengan tujuan untuk mendapatkan pahala di sisi Allah SWT. Sedekah bisa berupa apa saja yang bermanfaat bagi orang lain. Seperti sedekah uang, makanan, barang, bahkan tenaga. jika kita niat tulus karena Allah SWt maka akan mendapatkan pahala disisi allah SWT.

Sedekah juga merupakan salah satu amal shaleh yang diperintahkan oleh Allah SWT. Dimana orang yang bersedekah akan mendapatkan balasan yang tak terhingga dari Allah SWT. Dan banyak sekali keutamaan-keutamaan yang yang diberikan Allah SWT kepada orang-orang yang mau bersedekah. Diantaranya yaitu;



Berikut Beberapa Keutamaan Bersedekah

1) Allah pasti akan menggantikan sedekah kita

Sebagaiman Firman Allah SWT didalam Al-Qur’an surah saba’ ayat 39:

Artinya: “Apapun harta yang kalian infakkan maka Allah pasti akan menggantikannya, dan Dia adalah sebaik-baik pemberi rizki.” (QS. Saba’: 39).


2) Akan menghapus segala dosa

Sebagaimana Hadis rasulullah SAW:

 Artinya: “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi).


3) Akan mendapatkan keberkahan pada harta

Semakin banyak kita bersedekah maka akan semakin bertambah harta kita. karena sedekah dapat memberi keberkahan pada harta kita.

Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW:

Artinya: “Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim).


4) Akan memperoleh balasan yang berlipat ganda

Sebagaimana firman Allah SWT didalam Al-Qur’an surah Al-Hadid ayat 18:

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (pahalanya) kepada mereka, dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al-Hadid: 18).


5) Akan disediakan pintu khusus untuk ia masuk surga

Sebagaimana yang telah disebutkan didalam Hadis rasulullah SAW:

Artinya:  “Orang yang memberikan (menyumbangkan) dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan” (HR. Bukhari dan Muslim).


6) Akan terhindar dari api neraka

Sebagaimana Rabda Rasulullah SAW:

Artinya:“jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimah thayyibah.” (HR. Al Bukhari dan Muslim).


Itulah beberapa keutamaan-keutamaan bagi orang-orang yang bersedekah, semoga dengan melihat keutamaan-keutamaan tersebut akan membuat kita termotivasi untuk bersedekah. Namun sedekah tersebut harus selalu diniatkan semata-mata karena Allah SWT. Bukan mengharap kemegahan dari orang lain, tetapi kita hanya mengharap Ridha dari Allah SWT. Amiin Ya Rabbal ‘Alamiin……………….



Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam