Pengartian Zakat, Sedekah, Infak, Wakaf, Hadiah Dan Hibah

Artikel terkait : Pengartian Zakat, Sedekah, Infak, Wakaf, Hadiah Dan Hibah

A. Pengertian Zakat

Zakat ialah sejumlah harta yang dikeluarkan dengan kadar tertentu dan dengan waktu yang telah ditentukan pula oleh syari’at. Hukum zakat adalah wajib bagi setiap muslim laki-laki dan perempuan. Zakat ini dikeluarkan setahun sekali. Kalau zakat fitrah dikeluarkan khusus pada bulan Ramadhan sedangkan zakat mal (harta) dikeluarkan setahun sekali jika sampai nisab. Perintah zakat Allah sebutkan didalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 43:
Artinya:  “Dan dirikanlah salat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang rukuk.” (QS. Al Baqarah: 43).
B. Pengertian Sedekah

Sedekah adalah pemberian sesuatu kepada orang lain dengan niat ikhlas untuk melong dan membantu mereka  yang membutuhkan. Sedekaah bisa berupa apa saja baik uang, makanan dan  tenaga.
Dalam seebuah hadis Rasulullah SAW bersabda:
Artinya: “Apabila anak Adam meninggal dunia maka putuslah segala amalnya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shaleh yang selalu mendoakannya.” (HR. At-Tirmidzi).

C. Pengertian Infak

Infaq adalah pemberian  sumbangan dengan sukarela atau seikhlasnya kepada orang lain, atau membelanjakan harta kita kepada jalan yang diridhai oleh Allah SWT. Infak ini hampir sama dengan sedekan namun infak mempunyai arti yang sangat luas yaitu membelanjakan harta pada jalan Allah. Sebagaimana Allah sebutkan didalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 195:
Artinya:  “Dan infakkanlah (belanjakanlah) harta bendamu di jalan Allah.” (QS. Al-Baqarah: 195).

D. Pengertian Wakaf

Wakaf adalah pemberian hak milik kita kepada orang lain untuk dimanfaatkan dan dikelola oleh orang tersebut untuk kepentingan umum yang bermanfaat. Harta yang diwakafkan tersebut tidak boleh habis dan tidak boleh dijual, Penggunaannya pun harus sesuai dengan niat pemberi wakaf. Misalnya mewakafkan tanah untuk mendirikan pesantren, sekolah, mesjid dan lain-lain sebagainya.  Pahala wakaf ini sangat besar karena akan terus mengalir kepada orang yang mewakaf tersebut, walaupu ia sudah meninggal dunia selama harta itu masih dimanfaatkan.

D. Pengertian Hadiah

Hadiah ialah pemberian sesuatu kepada orang lain secara Cuma-Cuma dengan maksud dan tujuan untuk memuliakan orang tersebut karena sesuatu kebaikan yang telah diperbuatnya. Hukum hadiah adalah diperbolehkan, dan jika niat kita ikhlas untuk memberi dan ingin meng eratkan hubungan silaturrahmi maka akan digolongkan kedalam sedekah.
Sebagaimana  hadis Rasulullah SAW:
Artinya: “Rasullullah SAW menerima hadiah dan beliau selalu membalasnya.” HR. Al-Bazzar)
Dalam hadis lain Rasulullah SAW Bersabda yang Artinya: “Hendaknya kalian saling memberi hadiah niscaya kalian saling cinta mencintai.” (HR. Bukhari ).

E. Pengertian Hibah

 Hibah yaitu  pemberian sesuatu (harta) dari seseorang kepada orang lain dengan alih pemilikan untuk bisa dimanfaatkan sesuai dengan kegunaannya. Dan kepemilikan langsung pindah disaat akad hibah telah dinyatakan.
Hukum hibah adalah diperbolehkan, sebagaimana yang telah disebutkan didalam Hadis Rasulullah SAW:
Artinya : “Dari Khalid bin Adi sesungguhnya Rasulullah SAW telah bersabda: “siapa yang diberi kebaikan oleh saudaranya dengan tidak berlebih-Iebihan dan tidak karena diminta, maka hendaklah diterima jangan ditolak. Karena sesungguhnya yang demikian itu merupakan rizki yang diberikan oleh Allah kepadanya”. (HR. Ahmad).

Sebagaimana Firman Allah SWT didalam Al-Qur’an surah Ali-Imran ayat 92 :
Artinya: “Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sehahagian harta yang kamu cintai. dan apa saja yang kamu nafkahkan Maka Sesungguhnya Allah mengetahuinya.” (Q.S. Al-Imran : 92).

Demikian, semoga bermanfaat!

















Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam