Macam-Macam Sujud Dan Contohnya

Artikel terkait : Macam-Macam Sujud Dan Contohnya


Tujuan Kita diciptakan oleh Allah SWT adalah untuk bersujud kepada Allah SWT.  Sujud berarti menyembah sang pencipta. Sujud  bukan sekedar membungkukkan punggung atau menyungkurkan dahi, melainkan pengakuan dalam hati, bahwa diri kita  adalah hamba yang sangat lemah dan hina di hadapan Allah SWT, Dzat yang maha besar dan tiada terbatas kekuasaanNya.  Ada beberapa macam  sujud-sujud yang telah diajarkan didalam islam baik didalam shalat maupun diluar shalat. Diantaranya akan dijelaskan sebagai berikut: 



 Macam-macam Sujud

1) Sujud didalam shalat (sujud biasa)

Sujud biasa yaitu sujud dalam shalat yang termasuk kedalam rukun shalat. Sujud ini dilakukan dua kali dalam satu rakaat. Pada sujud ini disunnahkan membaca doa sebagai berikut:


 “Subhana Rabbiyal A’la Wabihamdih” 3X

Adapun anggota sujud ada tujuh yaitu: dahi, dua telapak tangan, dua lutut dan dua tumit. 


2) Sujud Sahwi

Sujud sahwi yaitu sujud dikarenakan adanya kelupaan atau keraguan dalam shalat, sujud ini dilakukan dengan sebab-sebab  sebagai berikut:

a) Meninggalkan sunnat  ab’adh karena lupa, seperti meninggalkan tasyahud awal, dan qunut pada shalat subuh.

b) Ragu-ragu dalam hal meninggalkan sunnat ab’adh.

c)  Ragu-ragu dalam bilangan Raka’at.

Adapun cara melakukan sujud sahwi adalah dengan melakukan sujud dua kali yang diselingi dengan duduk iftirasy, yang dilakukan setelah membaca tahiyyat akhir sebelum salam. 
Dengan membaca doa sebagai berikut (3 kali):

3) Sujud Syukur

Sujud syukur yaitu sujud yang dilakukan di luar shalat karena ada beberapa sebab. Misalnya: karena mendapatkan nikmat dari Allah SWT dengan tidak disangka, ketka mendapat hadiah, saat mendengar berita gembira dan saat kita selamat dari mara bahaya, maka disunnahkan untuk melakukan sujud syukur sebagai ucapan terimakash kita kepada Allah SWT. Karena Allah lah yang memberi semua itu.

Adapun cara melakukan sujud syukur adalah sujud ini dilakukan di luar shalat dengan sekali sujud dengan syarat dalam keadaan suci, dan menutup aurat. 
Doa sujud syukur adalah sebagai berikut:


4) Sujud Tilawah

Sujud tilawah yaitu sujud yang dilakukan karena membaca atau mendengarkan ayat-ayat sajdah yang terdapat dalam Al-Quran, Baik didalam shalat maupun diluar shalat. Sujud ini hukumnya sunnah. 


Cara melakukan sujud tilawah yaitu sebagai berikut:

Cara melakukan sujud tilawah di dalam shalat yaitu Apabila kita mendengar atau membaca ayat sajadah didalam shalat, maka kita hendaklah untuk melakukan sujud tilawah sekali, kemudian kembali berdiri untuk melanjutkan bacaan ayat tersebut dan meneruskan shalatnya kembali. Nah apabila dalam shalat berjama'ah makmum wajib mengikuti imam. Namun jika imam tidak melakukan sujud tilawah, makmum tidak boleh melakukan sujud tilawah sendirian meskipun ia membaca atau mendengar ayat sajadah tersebut.

Sedangkan Cara melakukan sujud tilawah diluar shalat adalah apabila kita membaca atau mendengar ayat sajadah tersebut maka kita disunnahkan untuk melakukan sujud tilawah, dengan  sekali sujud. Kemudian membaca doa sebagai berikut:



Artinya: “Aku sujud kepada Engkau (Allah), yang telah menciptakan dan membentuk diriku serta telah membukakan pendengaran dan penglihatanku dengan kekuasaan dan kekuatan-Nya. Dengan keberkahan yang Allah berikan, Dialah sebaik-baik Pencipta.”



Demikian, semoga bermanfaat!

Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam