Keutamaan Dan Manfaat Bersilaturrahmi Dalam Islam

Artikel terkait : Keutamaan Dan Manfaat Bersilaturrahmi Dalam Islam


Silaturrahmi merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan oleh Allah SWT. Silaturrahmi berarti menyambungkan hubungan kekerabatan, ikatan ukhwah antara seseorang dengan orang lain, guna untuk menumbuhkan rasa kasih dan tolong menolong antar sesama manusia. Karena manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan saling membutuhkan satu sama lain. Oleh karena itu maka setiap manusia dianjurkan untuk saling bersilaturraahmi , karena silaturrahmi merupakan ibadah yang sangat mulia dan membawa berkah, selain mendapat kemuliaan disisi Allah juga akan mendapatkan kemuliaan dihadapan manusia.

Sebagaimana  Firman Allah SWT didalam Al-Qur’an surah An-Nisa’ ayat 1 :

Yang artinya: “Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahim, Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi mu.”(QS. An-Nisa’:1).

Dari ayat tersebut jelas bahwa Allah SWT menyuruh kita untuk memelihara hubungan silaturrahmi dengan sesama manusia. Karena Silaturahmi merupakan perintah Allah SWT, disamping kita memperoleh pahala dari Allah SWT, juga kita akan mendapatkan keutamaan-keutamaan yang sangat banyak sekali, diantara nya yaitu yang akan disebutkan sebagai berikut:




Berikut Beberapa Keutamaan Bersilaturrahmi

1) Silaturahmi merupakan sebagian dari tanda-tanda orang yang beriman.

Sebagaimana yang disebutkan didalam hadis Rasulullah SAW: “Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia memuliakan tamunya, dan barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi”. (HR. Bukhari dan Muslim).


2) Silaturahmi dapat memperluasa rizki kita dan bertambah umur kita (berkat umur).

Sebagaimana  hadis Rasululah SAW:

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu  ia berkata, Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang senang diluaskan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi.” (HR Bukhari dan Muslim).


3)  Silaturahmi dapat menyambungkan hubungan kita dengan Allah SWT

Sebagaimana  yang telah disebutkan didalam hadis Rasululah SAW:

Dari Aisyah Radhiyallahu ‘Anha ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Silaturahmi itu tergantung di ‘Arasy, seraya berkata: “Barangsiapa yang menyambungku (silaturrahmi) maka Allah akan menyambung hubungan dengannya, dan barangsiapa yang memutuskanku maka Allah akan memutuskan hubungan dengannya.” (HR. Bukhari dan Muslim).


4) Silaturahim merupakan salah satu amalan yang paling dicintai Allah SWT

Hal ini sesuai dengan hadis Rasulullah SAW:

Seorang laki-laki dari Khas’am berkata: “Saya mendatangi Rasulullah SAW sedangkan beliau sedang bersama salah seorang sahabatnya, saya  berkata: kamu mengaku bahwa  engkau adalah Rasulullah?” Rasulullah SAW menjawab: iya, aku bertanya: amalan apa yang paling dicintai Allah SWT. Rasulullah SAW menjawab: Beriman kepada Allah SWT , aku bertanya lagi, kemudian apa lagi? Beliau menjawab : “kemudian menyambung silaturahmi”. (HR. Abu Ya’la)


5) Silaturahmi merupakan salah satu penyebab untuk masuk surga dan di jauhkan dari api neraka.

Sebagaimana  yang  dijelaskan didalam hadis Rasululah SAW:

Dari Abu Ayyub al-Anshari Radhiyallu ‘Anhu, sesungguhnya seorang laki-laki berkata: “Ya Rasulullah, ceritakanlah kepadaku amalan yang memasukkan aku ke dalam surga dan menjauhkan aku dari neraka”. Maka Rasulullah SAW bersabda: “Engkau menyembah Allah SWT dan tidak menyekutukan sesuatu dengan-Nya, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan menyambung tali silaturahmi.” (HR. Bukhari dan Muslim).


Subhanallah, begitu mulianya orang yang menyambungkan tali silaturrahmi. Selain mendapatkan  kemulian disisi Allah SWT juga akan memperoleh beberapa manfaat dari silaturrahmi yaitu:

1) Dapat menumbuhkan rasa toleransi antara sesama manusia

2) Dapat mendekatkan kembali hubungan yang dulu pernah sirna

3) Dapat membuat orang yang kita kunjung itu bahagia dan senang dengan kedatangan kita

4) Dapat memberikan rasa cinta dan kasih terhadap sesama

5) Dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan, serta mempererat dan memperkuat tali persaudaraan dan persahabatan.

6) Dapat menambah pahala setelah kematiannya, karena orang yang suka bersilaturrahmi akan selalu dikenang, sehingga membuat orang lain untuk selalu mendoakannya.

Demikian, beberapa keutamaan dan manfaat dari silaturrahmi. Maka sambungkanlah hubungan silaturrahmi kita. mudah-mudahan Allah SWT memasukkan kita ke dalam golongan orang-orang yang suka menyambungkan tali silaturrahmi. Amiin ya Rabbal ‘Alamiiiin…......



Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam