Inilah Penyebab Kenapa Shalat Kita Tidak Khusyuk

Artikel terkait : Inilah Penyebab Kenapa Shalat Kita Tidak Khusyuk


Kekhusyukan dalam shalat sangatlah diutamakan. Kenapa? Karena shalat merupakan pertemuan dan dialog kita dengan sang khalik yaitu Allah SWT. Jika kekhusyukan tidak bisa timbul didalam hati kita saat melakukan shalat, maka kita tidak akan pernah merasakan nikmatnya shalat. Betapa banyak orang yang melakukan shalat namun hanya sedikit dari mereka yang khusyu’. Memang mencapai kekhusyukan dalam shalat bukan perkara yang mudah. Namun kita harus tahu apa penyebab kita tidak khusyu’ dalam melaksanakan shalat? bahkan bertahun-tahun kita shalat tidak pernah sekali pun merasa khusyuk. Oleh karena itu wajib bagi kita untuk mengetahui penyebabnya supaya shalat kita dapat khusyu’ kembali. Inilah penyebabnya;




Inilah penyebab kenapa Shalat kita tidak Khusyu’ ?


1) kurangnya keyakinan atau keimanan

Salah satu yang menyebabkan shalat tidak khusyuk adalah kurang keyakinan dalam melaksanakan shalat. Mereka menganggap shalat hanya untuk melepaskan sebatas kewajibannya saja kepada Allah SWT. Bukan dengan keyakinan untuk semata-mata mengaharap ridha dari Allah SWT. Inilah yang menyababkan mereka tidak khusyuk.


2) Saat melakukan shalat hatinya sibuk memikirkan urusan duniawi.

Saat melakukan shalat banyak diantara kita yang tidak khusyu’ karena terlalu sibuk memikirkan urusan duniawi.  Padahal saat memulai shalat hati kita disuruh ingatkan dengan berzikir , mengingat dan menyebutkan Allah didalam hat,i supaya pikiran kita tidak lagi diluar shalat.


3) Karena belum paham makna dan hikmah bacaan sholat tersebut.

Banyak orang yang melakukan shalat, tidak mengerti maknanya. Hanya sekedar membaca ayat-ayatnya saja. Inilah yang menyebabkan shalat tidak khusyu’.  Karena mereka tidak memahami maknanya, seandainya mereka memahami makna bacaan tersebut sungguh mereka akan merasakan nikmatnya shalat.


4) Karena tidak sadar bahwa shalat itu adalah pertemuaan hamba dengan Allah SWT.

Banyak diantara kita yang menganggap shalat hanya sebatas melepaskan kewajibannya saja kepada Allah SWT. Sehingga mereka tidak khusyu’,Padahal didalam shalat itu terjadi percakapan kita dengan Allah SWT. Jika kita menyadari hal itu dan mengingat bahwa Allah melihat kita dalam shalat.  maka akan timbul kekhusyukan saat shalat.


5) Karena  dirinya sangat mencintai dunia

Jika seseorang sangat mencintai dunia, maka ia tidak akan khusyu’ dalam shalat. karena seseorang yang mencintai dunia maka ia akan selalu memikirkan dunia, dunia dan dunia dalam shalatnya. Nauzubillah! 


6) Karena memakan makanan yang haram

Apabila didalam tubuh seseorang banyak memakan makanan yang haram. Maka ia akan lupa kepada Allah SWT. Sehingga dalam shalatnya pun ia tidak khusyu’ , karena hatinya tidak bisa mengingat Allah SWT.


7) Karena shalatnya masih disertai dengan perbuatan maksiat

Jika seseorang shalat, namun perbuatan maksiat masih saja ia lakukan seperti berzina, berdusta, berjudi, mencuri dan mabuk-mabukan, maka ia tidak bisa khusyuk dalam melakukan shalat karena hatinya telah tertutup oleh perbuatan maksiat.


Itulah  beberapa penyebab kenapa shalat kita tidak khusyu’.  oleh karena itu hindarilah perbuatan tersebut agar kita dapat khusyu’ dalam melaksanakan shalat.

Allah SWT berfirman:
Artinya: "Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyuk dalam salatnya." (QS. Al-Mukminun: 1-2).



Demikian, semoga bermanfaat!


Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam