Inilah Keutamaan Berpuasa Dibulan Ramadhan

Artikel terkait : Inilah Keutamaan Berpuasa Dibulan Ramadhan


Bulan Ramadhan merupakan bulan dimana ummat muslim diwajibkan untuk berpuasa. Puasa adalah menahan diri dari segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa mulai terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari. Bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan berkah, ampunan dan pada bulan tersebut ummat islam terlepas dari api neraka. Sehingga Allah SWT mengistimewakan bulan Ramadhan ini dengan beberapa keutamaan-keutamaan bagi orang-orang yang berpuasa. Berikut keutamaannya;


 
Inilah Keutamaan Berpuasa Dibulan Ramadhan

Banyak sekali keutamaan-keutamaan berpuasa dibulan Ramadhan yang tidak ada pada bulan-bulan lain. sebagaimana yang telah disebutkan didalam Hadis Rasulullah SAW, diantaranya yaitu:


1) Puasa merupakan perisai dari api neraka

Sebagaimana hadis Rasulullah SAW:

Artinya: “Puasa adalah perisai yang dapat melindungi seorang hamba dari api neraka.” (HR. Ahmad dan Baihaqi).


2) Akan mendapatkan pahala yang tak terhingga

Karena bulan puasa merupakan bulan yang penuh dengan berkah, maka segala kebajikan-kebajikan manusia yang dilakukan di bulan Ramadhan akan memperoleh pahala berlipat ganda, ibadahnya, sedekahnya, membaca Al-Qur’an bahkan tidur orang berpuasa pun merupakan ibadah.


3) Akan mendapatkan ampunan dari Allah SWT

Bagi orang yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan maka akan mendapatkan ampunan dari Allah SWT. Karena bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan ampunan.

Artinya: “Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap ridha dari Allah SWT maka dosanya di masa lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim).


4) Akan disediakan Surga bagi orang-orang yang berpuasa

Sebagaimana hadis Rasulullah SAW:

Artinya: “Sesungguhnya di surga ada sebuah pintu yang bernama Ar-Rayyaan. Pada hari kiamat orang-orang yang berpuasa akan masuk surga melalui pintu tersebut, dan tidak ada seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut kecuali mereka (orang yang berpuasa). Jika mereka sudah masuk, maka pintu itu akan ditutup sehingga tidak ada lagi seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut.” (HR. Bukhari dan Muslim).


5) Akan memperoleh syafaat di hari kiamat

Sebagaimana Hadis Rasulullah SAW:

Artinya: “Puasa dan Al-Qur’an itu akan memberikan syafaat kepada seorang hamba pada hari kiamat. Puasa akan berkata: Wahai Tuhanku, saya telah menahannya dari makan dan nafsu syahwat, karenanya perkenankan aku untuk memberikan syafaat kepadanya. Dan Al-Qur’an pula berkata:  Saya telah melarangnya dari tidur pada malam hari, karenanya perkenankan aku untuk memberi syafaat kepadanya. Beliau bersabda: “Maka syafaat keduanya diperkenankan.” (HR. Ahmad, Hakim dan At- Thabrani).


6) Bau mulut orang yang berpuasa lebih harum dari minyak kasturi di sisi Allah SWT

Sebagaimana hadis Rasulullah SAW:

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, bahwasannya Rasulullah SAW bersabda: “Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah pada hari kiamat daripada bau misk atau kasturi. Dan bagi orang yang berpuasa ada dua kegembiraan, ketika berbuka mereka bergembira dengan bukanya, dan ketika bertemu Allah SWT mereka bergembira karena puasanya.” (HR. Bukhari dan Muslim).


7) Terbebas dari api neraka

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu  ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Jika bulan Ramadhan telah masuk, maka pintu-pintu langit akan dibuka dan pintu-pintu Jahannam akan ditutup dan syaitan-syaitan pun dibelenggu.”



Demikian, semoga bermanfaat!

Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam