Subhanallah! Inilah Keistimewaan Malam Lailatul Qadar Dan Tanda-Tandanya

Artikel terkait : Subhanallah! Inilah Keistimewaan Malam Lailatul Qadar Dan Tanda-Tandanya

Lailatul Qadar merupakan satu malam yang khusus terjadi di bulan Ramadan, yaitu malam yang terbaik dari seribu bulan. Jadi apabia seorang muslim dapat memperoleh dan mendapatkan Malam Lailatul Qadar tersebut, maka orang tersebut sungguh sangat beruntung karena telah menikmati dan memperoleh satu malam dimana malam tersebut  sangat teristimewa dan terbaik yang telah diberikan Allah SWT.

Allah SWT telah menggambarkan malam Lailatul Qadar didalam Al-Qur’an surah Al-Qadar ayat 1-5:
Artinya: “Sesungguhnya kami menurunkan Al-Quran pada malam Lailatul Qadar, dan apakah yang menyebabkan engkau mengerti apa itu Lailatul Qadar. Lailatul Qadar adalah lebih baik dari pada seribu bulan. Pada malam itu, para malaikat dan Jibril turun dengan keizinan daripada Tuhan mereka untuk setiap urusan. Malam ini sejahtera hingga terbit fajar.” (QS. Al-Qadr 1-5).
Dari ayat tersebut sangat jelas disebutkan, bahwa malam Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Malam tersebut adalah malam yang diturunkan Allah SWT kepada hamba-hambaNya yang beriman. Karena barang siapa yang memperoleh malam lailatul Qadar maka ia akan memperoleh kemenangan dan Rahmat disisi Allah SWT. Oleh karena itu maka hidupkan lah malam tersebut dengan memperbanyak ibadah kepada Allah SWT, berzikir, membaca Al-Qur’an sambil beri’tikaf dimesjid.
Nah yang jadi pertanyaannya adalah kapan malam Lailatul Qadar itu terjadi? Malam Lailatul Qadar terjadi pada sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan, tepatnya pada salah satu malam-malam ganjil yaitu malam ke-21, 23, 25, 27 atau ke-29. Hal ini sesuai dengan hadis Rasulullh SAW:
Dari ‘Aisyah RA, bahwasannya Rasulullah SAW bersabda: “Carilah Lailatul Qadar di malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari).

Tanda-tanda Malam Lailatul Qadar
1) Pada malam tersebut keadaan bersih dengan cuaca tidak sejuk dan tidak pula panas.
2) Malamnya sangat tenang, dimana angin tidak bertiup pada malam tersebut  sebagaimana biasanya  dan awan agak nipis.
3) Malam tersebut tidak turun hujan dan bintang pun tidak bercahaya seolah-olah tidak timbul.
4) Pada siangnya, matahari terbit dalam keadaan suram.
5) Malam tersebut  terang, tidak panas, tidak dingin, tidak ada awan, tidak ada hujan, dan tidak ada angin kencang .
6) Orang yang beribadah pada malam tersebut akan merasakan lazatnya ibadah, ketenangan hati dan kenikmatan bermunajat kepada Allah SWT,  tidak seperti  beribadah dimalam-malam lainnya.
7) Doa nya akan dimakbulkan oleh Allah SWT.

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar
Bagi ummat muslim Malam Lailatul Qadar ini adalah sunat untuk dicari, karena malam tersebut merupakan malam yang diberkati oleh Allah SWT dan mempunyai kelebihan yang sangat  ter istimewa . dimana pada malam tersebut semua doa akan diperkenankan oleh Allah SWT. Sebagaimana firman Allah SWT didalam Al-Qur’an surah Al-Qadar ayat 1-5:
Artinya: “Sesungguhnya kami menurunkan Al-Quran pada malam Lailatul Qadar, dan apakah yang menyebabkan engkau mengerti apa itu Lailatul Qadar. Lailatul Qadar adalah lebih baik dari pada seribu bulan. Pada malam itu, para malaikat dan Jibril turun dengan keizinan daripada Tuhan mereka untuk setiap urusan. Malam ini sejahtera hingga terbit fajar.” (QS.Al-Qadr 1-5).

Maksud  Lailatul Qadar merupakan malam terbaik dari seribu bulan yaitu menghidupkan malam Lailatul Qadar dengan mengerjakan ibadah, adalah lebih baik daripada beribadah seribu bulan yang tidak ada Lailatul Qadarnya. Sebagaiman Hadis Rasulullah SAW:
Dari Abu Hurairah Radhiyallau ‘Anhu bahwasannya Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yg melaksanakan Shalat di Malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah SWT maka Allah SWT akan mengampuni dosa - dosa dari mereka semua yang telah berlalu”.
Oleh karena itu mari kita hidupkan malam Lailatul Qadar tersebut dengan beribadah kepada Allah SWT . Karena  jika seorang  dapat memperoleh dan mendapatkan Malam Lailatul Qadar tersebut maka sungguh orang tersebut sangat beruntung karena telah memperoleh satu malam yang sangat istimewa yang lebih baik dari pada seribu bulan. Subhanallah! Mudah-mudahan Ramadhan ini kita akan memperoleh malam Lailatul Qadar. Amiin ya Rabbal ‘Alamiin…………



Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam