Persamaan Dan Perbedaan Mukjizat, Karomah, Maunah, Irhas, Sihir Serta Contohnya

Artikel terkait : Persamaan Dan Perbedaan Mukjizat, Karomah, Maunah, Irhas, Sihir Serta Contohnya


Memang sangat sulit bagi kita dalam membedakan antara mukjizat, karomah, maunah, irhas dan sihir. karena semua itu merupakan kejadian-kejadian yang luar biasa yang diberikan Allah SWT kepada hamba-hambaNya. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat perbedaan dan persamaan antara mukjizat, karomah, maunah, irhas dan sihir. berikut persamaan dan perbedaanya;  




Persamaan Antara Mukjizat, Karomah, Maunah Dan Irhas

1) Sama-sama kejadian yang luar biasa yang sulit di terima oleh akal sehat manusia.

2) Sama-sama terjadi atas kehendak Allah SWT.

3) Sama-sama diberikan Allah SWT untuk mengatasi kesulitan serta menolong hambaNya yang taat kepada Allah SWT.

4) kejadian tersebut terjadi secara tiba-tiba tanpa adanya perencanaan, tidak bisa dipelajari dan tidak dapat dikalahkan oleh apapun juga.


Perbedaan Antara Mukjizat, Karomah, Maunah Dan Irhas

1) Mukjizat hanya diberikan Allah SWT khusus kepada para Nabi dan Rasul-Rasul Allah. sedangkan karomah, maunah dan irhas diberikan Allah SWT kepada orang-orang yang beriman dan kepada manusia biasa yang ditolong oleh Allah SWT atas kehendak-Nya.

2) Mukjizat para Nabi dan Rasul diberikan Allah SWT untuk membuktikan kenabian dan kerasulanNya. serta untuk melemahkan orang-orang kafir yang mengingkari rasul-rasul Allah SWT. Sedangkan karomah, maunah dan irhas diberikan kepada semua orang yang beriman kepada Allah SWT. orang-orang yang sholeh, dan taat kepada-Nya. Karomah, maunah dan irhas ini diberikan untuk menolong dan melindungi mereka dari bahaya atau hal-hal buruk yang terjadi pada mereka.      
                                                    

Perbedaan Mukjizat, Karomah Dan Sihir.

1) Mukjizat hanya diberikan Allah SWT khusus kepada para Nabi dan Rasul-Rasul Allah SWT. Dan Karomah yaitu keistimewaan yang diberikan Allah SWT kepada hamba-hambaNya yang terpilih. Sedangkan sihir merupakan perbuatan yang sangat dikutuk oleh Allah SWT karena diperoleh dengan cara memuja-muja jin atau meminta pertolongan kepada  syaitan.

2) Mukjizat dan karomah tidak dapat dimiliki oleh orang-orang  yang  jahat, sedangkan sihir ini tidak muncul kecuali dari orang-orang yang jahat

3) Mukjizat tidak bisa dilenyapkan sedangakan sihir dapat dilenyapkan.

4) Mukjizat tidak dapat ditiru oleh siapapun. Sedangkan sihir dapat ditiru dan dimiliki oleh siapa saja yang mau bekerja sama dengan syaitan.

5) orang yang memperoleh karomah Allah SWT akan mendapatkan kesenangan didunia dan diakhirat. sedangkan tukang sihir, pada akhirnya akan lenyap dan mendapatkan penderitaan yang sangat dahsyat dari Allah SWT baik didunia maupun diakhirat. Nauzubillah!


Demikian, semoga bermanfaat!





Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam