Perbedaan Dan Persamaan Zakat, Sedekah, Infak, Wakaf, Hadiah Dan Hibah

Artikel terkait : Perbedaan Dan Persamaan Zakat, Sedekah, Infak, Wakaf, Hadiah Dan Hibah


Allah SWT telah memberikan rezeki kepada kita dengan tak terhingga. Dengan adanya rezeki yang Allah berikan, sehingga kita masih bisa bertahan hidup sampai sekarang. Diberikan harta, jabatan, rumah, dan kekayaan. Namun jangan lupa terhadap Allah.  Karena Allah telah memerintahkan kepada kita untuk membelanjakan sebagian harta yang kita miliki dijalan Allah SWT. Dengan cara mengeluarkan zakat, wakaf, memberi sedekah, hadiah, hibah dan meng infakkan harta kita dijalan Allah. Nah antara zakat, wakaf, infak, sedekah, hibah dan hadiah memiliki perbedaan dan ppersamaan masing-masing. Berikut akan dijelaskan perbedaan dan persamaannya:




Perbedaan antara zakat, sedekah, infak, wakaf, hadiah dan hibah

1) Zakat itu hukumnya wajib dan adanya ketentuan terhadap harta yang harus dizakati dan siapa saja  yang boleh menerimanya. Sedangkan sedekah, infak, wakaf, hadiah dan hibah boleh diterima oleh mukmin siapa saja baik anak-anak maupun orang tua, Baik si kaya maupun simiskin.

2) Zakat hukumnya adalah wajib dikeluarkan. Sedangkan sedekah, infak, wakaf, itu sunnah namun perbuatan tersebut sangat dianjurkan oleh Allah SWT. Lain halnya dengan hadiah dan hibah, itu hukumnya boleh-boleh saja diberikan untuk mengerat hubungan silaturrahmi.

3) Dalam mengeluarkan zakat adanya ketentuan dan nisab. Sedangkan sedekah, infak, wakaf, hadiah dan hibah tidak adanya ketentuan dan nisab. Boleh kita keluarkan semau dan semampu kita. jikalau lebih banyak kita berikan maka akan lebih baik tergantung niat dan ketulusan hati kita.

4) Kalau zakat itu ditentukan apa yang harus dikeluarkan, sedangkan sedekah, infak, wakaf, hibah dan hadiah tidak ditentukan. Boleh kita melakukan infak atau sedekah dengan uang, makanan bahkan dengan tenaga pun diperbolehkan. Dan boleh kita mewakafkan tanah kita untuk dijadikan sebagai tempat pengajian dan lain-lain. Makanya berbeda dengan zakat karena zakat tidak boleh dibayar dengan tanah dan tenaga.


Persamaan antara zakat, sedekah, infak, wakaf, hadiah dan hibah

Persamaan dan Perbedaan,Wakaf, Hibah, dan Hadiah

1) Zakat, sedekah, infak, wakaf, hadiah dan hibah sama-sama merupakan bentuk pemberian harta yang kita miliki untuk diberikan kepada orang lain.

2) Zakat, sedekah, infak, wakaf, hadiah dan hibah sama-sama merupakan perbuatan terpuji  yang diridhai oleh Allah SWT.

3) Zakat, sedekah, infak, wakaf, hadiah dan hibah sama-sama merupakan wujud kedermawanan yang dimiliki oleh seseorang atau suatu kelompok dalam organisasi.

4) Zakat, sedekah, infak, wakaf, hadiah dan hibah sama-sama diberikan dengan ikhlas tanpa mengharapkan balasan dari sipenerima.



Demikian, perbedaan dan persamaan anatara zakat, sedekah, infak, wakaf, hadiah dan hibah. semoga bermanfaat!

Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam