Inilah Azab Yang Sangat Dahsyat Bagi Orang Yang Sengaja Tidak berpuasa

Artikel terkait : Inilah Azab Yang Sangat Dahsyat Bagi Orang Yang Sengaja Tidak berpuasa


Berpuasa dibulan Ramadhan merupakan rukun islam yang ke tiga. Seseorang yang mengaku dirinya muslim berarti dia wajib berpuasa di bulan Ramadhan. Puasa adalah menahan diri dari segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa mulai dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari.



Puasa Ramadhan diwajibkan bagi seluruh ummat Islam yang telah baligh, berakal, sehat , dan tidak sedang haid atau nifas. Kewajiban puasa Allah sebutkan didalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 183:


Artinya: “Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana yang telah  diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa.” (QS.Al-Baqarah: 183).

Dari ayat tersebut jelas bahwa kita sebagai ummat muslim diwajibkan untuk berpuasa. Namun realita sekarang yang kita lihat, masih saja ada orang-orang yang mau meninggalkan puasa Ramadhan. Mereka tidak tahu padahal ada ancaman yang sangat dahsyat bagi orang-orang yang tidak mau melakukan puasa dibulan Ramadhan tanpa alasan yang dibenarkan syariat.


Ancaman bagi orang yang tidak berpuasa dibulan Ramadhan

Ancaman bagi orang-orang  yang tidak berpuasa sudah disebutkandi dalam hadis-hadis Rasulullah SAW sebagai berikut:

Dari Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban bahwasannya Rasulullah SAW bersabda tentang satu kondisi penghuni neraka yang dilihatkan kepada beliau: “Aku melihat orang-orang yang tergantung di tumit-tumit mereka, tulang rahang mereka pecah dan meneteskan darah. Aku bertanya: Siapa mereka? Dia menjawab: Orang-orang yang berbuka sebelum halal bagi mereka untuk berbuka.” (HR. Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban).

Dari Abu Umamah Al-Bahiliy Radhiyallahu ‘Anhu ia berkata, saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Ketika aku sedang tidur, dua orang laki-laki medatangiku dan memegang kedua lenganku, membawaku ke sebuah gunung yang tidak rata, kemudian keduanya berkata: naiklah, aku katakana:  aku tidak mampu, keduanya berkata: kami akan memudahkanmu. Kemudian aku naik sehingga ketika sampai dipuncak gunung tiba-tiba terdengar suara yang keras.  Aku bertanya: suara apa ini?, mereka berkata: ini adalah teriakan penduduk neraka. Kemudian keduanya membawaku, ketika itu aku mendapati orang-orang digantung dengan kaki diatas, rahang-rahang mereka robek dan mengalir darah darinya. Aku bertanya: siapa mereka?, keduanya menjawab:  mereka adalah orang-orang yang berbuka sebelum halal puasa mereka.” (HR. An-Nasa’I, Ibnu Hibban  dan Al-Hakim).

Dari Abu Hurairah RA dia berkata bahwasannya  Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa berbuka sehari dari puasa bulan Ramadhan bukan dengan alasan (keringanan) yang Allah berikan kepadanya, maka tidak akan diterima darinya (walaupun dia berpuasa) setahun semuanya.”  (HR. Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Khuzaimah).


Dari dalil diatas menunjukkan bahwa meninggalkan puasa sehari saja di bulan Ramadhan tanpa ozor, merupakan dosa besar. Dan akan mendapatkan azab yang sangat dahsyat.  Apalagi orang yang  meninggalkan puasa sebulan penuh.  Tentu azabnya lebih besar lagi. Nauzubillah!

Oleh karena itu jangan pernah kita meninggalkan kewajiban kita untuk melakukan puasa Ramadhan. Karena Belum tentu Ramadhan depan kita bisa menjumpainya lagi. Mudah-mudahan kita termasuk orang-orang yang selalu memperindahkan perintah Allah SWT. Amiin Ya Rabbal ‘Alamiin…….



Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam