6 Amalan Yang Sangat Dianjurkan Dibulan Ramadhan

Artikel terkait : 6 Amalan Yang Sangat Dianjurkan Dibulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah bagi ummat muslim diseluruh dunia. Dimana pada  bulan tersebut terdapat rahmat Allah SWT, ampunan dan ittikum minannar yaitu terlepas dari api neraka. Pada bulan ramadhan inilah ummat muslim diwajibkan oleh Allah SWT untuk melakukan puasa ramadhan selama sebulan penuh. Puasa artinya menahan diri dari segala yang membatalkan puasa mulai terbitnya fajar hingga terbenam matahari. Perintah puasa Allah sebutkan didalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 183:
Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana yang telah diwajibkan pada orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah: 183).

Nah Kehadiran bulan suci Ramadhan menjadi sebuah hadiah yang indah bagi kita, karena padanya terdapat kebaikan-kebaikan yang  bernilai lebih serta berlipat ganda, dan pada bulan tersebut terdapat amalan-amalan sunnah yang tidak terdapat pada bulan lainnya. Maka dari itu, merupakan hal yang sia-sia jika kita tidak mempergunakan kesempatan bulan Ramadhan ini kita untuk berlomba-lomba mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya. Karena Umur kita hanya Allah SWT yang tahu. Belum tentu ramadhan depan kita punya kesempatan seperti ini. Maka pergunakanlah ramadhan ini dengan sebaik-baiknya. Dan jadikan bulan Ramadhan ini sebagai momentum untuk memperbanyak pahala kita dengan melakukan amalan-amalan sunnah sebagai berikut: 


Amalan-amalan sunnah dibulan Ramadhan
1) Puasa
Amalan yang paling utama di bulan Ramadhan adalah melaksanakan puasa ramadhan selama sebulan penuh. Karena puasa merupakan suatu kewajiban yang wajib dilakukan oleh semua ummat muslim. Sebagaimana Allah sebutkan diadalam Al-Qur’an surah Al-baqarah ayat 183:
Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana yang telah diwajibkan pada orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah: 183)
Nah puasa merupakan amalan yang paling utama yang wajib dilakukan oleh ummat muslim, selain itu Allah melebihkan orang-orang yang berpuasa dengan derajat yang tinggi disisi Allah SWT sebagaimana hadis Rasulullah SAW:
Rasulullah SAW bersabda: “Amalan setiap anak Adam dilipat gandakan sepuluh sampai tujuh ratus kali lipat. Allah SWT berfirman : Kecuali puasa, ia adalah untuk-Ku. Aku yang membalasnya (tanpa batasan tadi). Ia (orang yang berpuasa) meninggalkan syahwat dan makanannya karena Aku“. (HR. Muslim).

2) Shalat Tarawih (shalat malam)
Shalat Tarawih (shalat malam) merupakan shalat sunnah yang sangat dianjurkan dibulan Ramadhan. Karena sangat besar pahala bagi orang-orang yang melakukan shalat tarawih mulai dari malam pertama sampai dengan malam terakhir. Diantaranya yang telah disebutkan didalam hadis Rasulullah SAW.
Rasulullah SAW bersabda:  “Barang siapa yang shalat malam di bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharap pahala, diampuni dosanya yang telah lalu“. (Muttafaqun ‘alaih).

3) Membaca  Al Qur’an
Bulan Ramadhan ialah bulan Al Qur’an, dimana pada bulan Ramadhan Al Qur’an diturunkan. Maka berlomba-lombalah memperbanyak membaca Al-Qur’an, melakukan tadarrus, dan mengkhatamkan Al-Qur’an dibulan ramadhan.
Sebagaimana firman Allah SWT didalam Al-Qur’an surahAl-Baqarah ayat 185:
Artinya: “Bulan Ramadhan, bulan yang diturunkan di dalamnya Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil)” (QS. Al Baqarah : 185).

4) Bersedekah
Salah satu amalan yang sangat dianjurkan dibulan Ramadhan adalah bersedakah yaitu memberi sedekah kepada fakir miskin, anak yatim dan memberi makan orang yang berbuka puasa. Karena memperbanyak sedekah di bulan Ramadhan telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW, sebagaimana yang telah diseebutkan didalam hadis Rasulullah SAW:
Dari Ibnu ‘Abbas RA ia berkata:  “Sesungguhnya Rasulullah SAW adalah orang yang paling dermawan. Dan kedermawaan beliau akan bertambah pada bulan Ramadhan ketika bertemu dengan Jibril. Beliau bertemu dengan Jibril setiap malam Ramadhan untuk mempelajari Al-Qur’an, dan Rasulullah SAW  lebih dermawan dari hembusan angin (yakni sangat mudah mengeluarkan sedekah).” (HR. Bukhari).

5) I’tikaf
I’tikaf juga merupakan amalan yang sangat dinajurkan dibulan Ramadhan. I’tikaf dilakukan dengan berdiam diri di masjid selama waktu i’tikaf, baik itu siang hari maupun malam hari, dengan melakukan ibadah, berzikir dan membaca Al-Qur’an dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Karena I’tikaf merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh Rasulullah SAW dibulan Ramadhan. sebagaimana yang telah disebutkan didalam hadis Rasulullah SAW:
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu ia berkata : “bahwasannya Rasulullah SAW beri’tikaf selama sepuluh hari setiap bulan Ramadhan, dan beri’tikaf selama dua puluh hari pada tahun beliau wafat”. (HR. Bukhari).

5) Menghidupkan Malam Lailatul Qadar
Dengan Rahmat dan karunia-Nya, Allah SWT telah menghadiakan kita satu malam yang sangat istimewa di bulan Ramadhan, yaitu malam yang lebih baik dari seribu bulan dimana pada malam tersebut akan dilipat gandakan pahalanya.  Malam yang barangsiapa menghidupkannya, akan diampuni dosanya yang telah lalu (HR. Bukhari). Sebagaimana Allah SWT berfirman diadalam Al-Qur’an surah Al-Qadr ayat 3:
Artinya: “Malam Lailatul Qadar lebih baik dari seribu bulan” (QS. Al Qadar : 3).
Rasulullah SAW menganjurkan kepada kita ummatnya untuk  menghidupkan malam laitul qadar tersebut yaitu dengan memperbanyak melakukan ibadah dan amalan-amalan dimalam tersebut. Malam lailatul Qadar adalah salah satu dari malam-malam ganjil di sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan, yaitu malam ke 21, 23, 25, 27, 29 dan yang paling kuat adalah pada malam ke-27 bulan Ramadhan.

6) Melakukan Umrah di Bulan Ramadhan
Melakukan Umrah di bulan Ramadhan akan memperoleh pahala yang lebih tinggi dibandingkan dengan umrah ditahun-tahun lainnya. Sebagaimana  yang telah disebutkan didalam hadis Rasulullah SAW:
Rasulullah SAW bersabda: “Umrah di bulan Ramadhan (pahalanya) menyerupai haji” (HR. Tirmidzi)
Demikian, amalan-amalan yang disunnahkan dibulan Ramadhan. semoga Allah SWT memberi taufik dan hidayah kepada kita agar kita mampu untuk melakukan amalan-amalan tersebut dengan sebaik-baiknya. Amiin Ya Rabbal ‘Alamiin…



Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam