Subhanallah! Inilah Fadhilah Membaca Surat Al-Kahfi Dimalam Jumat

Artikel terkait : Subhanallah! Inilah Fadhilah Membaca Surat Al-Kahfi Dimalam Jumat


Surat Al Kahfi merupakan surat golongan Makkiyah atau yang diturunkan di Kota Mekkah. Surah Al-Kahfi terdiri dari 110 ayat yang mengkisahkan tentang beberapa orang pemuda yang tidur dalam gua bertahun-tahun lamanya atau disebut dengan Ashabul Kahfi. Selain itu didalam surah ini juga mengandung pelajaran-pelajaran yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Surat Al-Kahfi ini juga merupakan salah satu surat yang mempunyai keagungan dan keutamaan tersendiri bagi pembacanya. Akan tetapi tidak sedikit dari kita yang belum mengetahui keagungan dan keutamaannya, sehingga sebagian dari kita jarang atau bahkan hampir tidak pernah membaca surah tersebut.

Nah, betapa banyak orang yang tidak mengetahui fadhilat surah Kahfi sehingga mereka lalai membaca surah tersebut. Surah Al-Kahfi ini merupakan amalan yang sangat istimewa yang dibaca pada  malam jumat atau hari jumat. Bahkan Rasulullah SAW sangat-sangat menganjurkan kita untuk membaca surah Kahfi pada malam/hari jumat, Karena banyak sekali keistimewaan dan keagungan dari surah kahfi tersebut. Diantaranya yang akan dijelaskan berikut ini;



Fadhilah dan keutamaan membaca surah Al-Kahfi

1) Terhindar dari Fitnah Dajjal

Orang yang membaca surah Kahfi pada malam/hari Jumat maka ia akan terhindar dari fitnah Dajjal. Hal ini sesuai dengan hadis Rasulullah SAW.

Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang berada di zaman dajal hendaknya membaca ayat-ayat pertama di surat Al-Kahfi.” (HR Muslim).

Dalam hadis lain Rasulullah SAW juga bersabda: “Barang siapa yang hafal sepuluh ayat pertama surat Al-Kahfi, akan dijaga dari dajjal.” (HR Muslim).

Rasululllah SAW bersabda: “Barang siapa yang membaca sepuluh ayat terakhir surah Al-Kahfi maka hal tersebut akan menjaganya dari dajjal.” (HR Muslim).


2) Akan mendapatkan ampunan dosa diantara dua jum’at

Dari Ibnu Umar Radhiyallahu ‘Anhu ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat." (HR. Abu Bakr bin Mardawaih).


3) Akan mendapatkan cahaya diantara dua jum’at

Dari Abu Sa’id Al-Khudri Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum’at." (HR. Al-Hakim  dan Al-Baihaqi).


4) Dipancarkan cahaya sejauh dirinya dan Ka’bah

Diriwayatkan dari Sahabat Abu Sa’id Al-Khudri bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca  surat Al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya  dan Baitul ‘Atiq (Ka’bah).”
 

5) Rumahnya tidak akan dimasuki setan   

Ibnu Mardawaih meriwayatkan dari Abdullah bin Mughaffal: “Rumah yang dibacakan di dalamnya surah Al-Kahfi atau Al-Baqarah tidak akan dimasuki oleh setan sepanjang malam itu.”


Nah itulah beberapa Fadhilah dan keutamaan membaca surah Al-kahfi, semoga dapat menjadi amalan kita pada malam/hari jumat, mudah-mudahan dengan mengetahui fadhilah tersebut dapat menumbuhkan semangat kita untuk membaca dan mengamalkan surah tersebut. Amiin Ya RAbbal ‘Alamiin………



Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam