Pengertian, Dalil, Bahaya Dan Azab Yang Dahsyat Bagi Pelaku Narkoba

Artikel terkait : Pengertian, Dalil, Bahaya Dan Azab Yang Dahsyat Bagi Pelaku Narkoba


Pengertian Narkoba

Narkoba artinya narkotika, psikotropika dan bahan adiktif lainnya. Narkotika ialah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan. Istilah para ulama, narkoba ini termasuk kedalam pembuat lemah atau pembuat mati rasa.

Nah, sudah kita ketahui bersama bagaimana pengaruh dan dampak bahayanya narkoba bagi diri kita sendiri. Diantaranya Narkoba dapat merusak jiwa dan akal seseorang, sehingga ia menganggap perbuatan maksiat menjadi perbuatan faforitnya sehari-hari, seakan-akan dunia milik mereka. Bahkan dengan narkoba manusia bisa berujung dengan kematian, Karena mereka sudah mati rasa dan tidak takut terhadap apa-apa lagi. Karena itulah para ulama bersepakat untuk mengharamkan narkoba, berikut dalilnya;


Dalil Pengharaman Narkoba

Para ulama berpendapat bahwa hukum pecandu narkoba adalah haram karena Narkoba sama halnya dengan zat yang dapat memabukkan. Bahkan setiap zat yang dapat menghilangkan akal, haram untuk dikonsumsi walau tidak memabukkan (Alfatawa).  Mereka mengharamkan narkoba dengan dalil sebagai berikut:

Allah SWT berfirman didalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 195 :

Artinya: “Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan” (QS. Al-Baqarah: 195).

Artinya: “Dan janganlah kamu membunuh dirimu, sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu” (QS. An- Nisa’: 29).

Dari Ummu Salamah ia berkata: “Rasulullah SAW  melarang dari segala yang memabukkan dan mufattir (yang membuat lemah).”  (HR. Abu Daud).

Dalil di atas menunjukkan bahwa haram hukumnya merusak diri sendiri atau membinasakan diri sendiri. Yang namanya narkoba sudah pasti merusak tubuh dan menghilangkan akal seseorang atau memabukkan. Sehingga dari ayat inilah dapat kita kita simpulkan bahwa hukum narkoba adalah haram karena dapat memabukkan (menghilangkan akal).


Bahaya atau pengaruh dari Narkoba

1) Depresan yaitu dapat memperlambat fungsi sistem saraf pusat sehingga dapat mengurangi aktivitas fungsional tubuh. Seperti membuat pecandu merasa tenang, dan bahkan tidak sadarkan diri.

2) Stimulan yaitu dapat merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan kegairahan (segar dan bersemangat). Seperti mengurangi rasa kantuk karena lelah dan mengurangi nafsu makan.

3) Halusinogen yaitu dapat mengubah rangsangan indera yang jelas serta merubah pikiran sehingga menimbulkan kesan palsu. Atau istilah lain mengatakan Yang namanya narkoba pasti akan mengantarkan pada hilangnya fungsi kelima hal yang islam sendiri benar-benar menjaganya, yaitu merusak agama, jiwa, akal, kehormatan dan harta.


Azab bagi pelaku narkoba

Dari Abu Hurairah, rasulullah SAW bersabda:  “Barangsiapa yang sengaja menjatuhkan dirinya dari gunung hingga mati, maka dia di neraka Jahannam dalam keadaan menjatuhkan diri di (gunung dalam) neraka itu, kekal selama lamanya. Barangsiapa yang sengaja menenggak racun hingga mati maka racun itu tetap ditangannya dan dia menenggaknya di dalam neraka Jahannam dalam keadaan kekal selama lamanya. Dan barangsiapa yang membunuh dirinya dengan besi, maka besi itu akan ada ditangannya dan dia tusukkan ke perutnya di neraka Jahannam dalam keadaan kekal selama lamanya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Hadits tersebut menunjukkan akan ancaman yang sangat dahsyat bagi orang yang menyebabkan dirinya sendiri binasa.  yaitu mereka yang mengkonsumsi narkoba, karena narkoba sama halnya dengan racun yang dapat menyebabkan kematian. balasan bagi orang tersebut adalah neraka jahannam. Nauzubillah!


Maka dari itu jauhilah narkoba Karena narkoba dapat merusak tubuh dan pikiran kita sendiri. selain dari itu orang pecandu narkoba dan orang yang menyebar narkoba serta orang yang menjual narkoba,  mereka sama-sama akan mendapatkan siksaan yang pedih didunia maupun diakhirat. Didunia mereka disiksa dengan tahanan (penjara) dan diakhirat mereka akan mendapatkan neraka jahim, yang apinya panas tidak ada bandingan didunia. Nauzubiilah….

Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam