Inilah Penyebab Kenapa Hati Kita Sering Gelisah Dalam Islam

Artikel terkait : Inilah Penyebab Kenapa Hati Kita Sering Gelisah Dalam Islam



Gelisah, semua orang pasti pernah merasakan kegelisahan. Kadang kita merasakan bahwa hati dan pikiran kita merasa tidak tenang, cemas dan perasaan yang kurang nyaman. Pastinya setiap manusia pernah mengalami hal yang demikian. Lalu apa sih sebenarnya yang menjadi penyebab semua itu terjadi pada diri kita? berikut penjelasannya;


Terkadang sebab hati kita gelisah memang tidak menentu dan bisa jadi karena banyak permasalahan yang kita hadapi, dan pemikiran yang rumit. Namun bagaimana jika kegelisahan itu datang tanpa sebab? tahukah anda, ini penyebabnya yang tidak pernah kita sadari, Yaitu perbuatan dosa yang kita lakukan sendiri, sehingga kita jauh dengan sang pencipta. Sebagaimana yang telah disebutkan didalam hadis Rasulullah SAW:

Dari Zaid Bin Hubab Al-Anshori ia berkata: “Aku bertanya kepada Rasulullah SAW tentang kebaikan dan dosa. Kemudia Rasulullah SAW bersabda: “ Adapun kebaikan itu baiknya budi pekerti, sedangkan dosa adalah sesuatu yang membuat gelisah didalam hatimu, dan jika perbuatan dosamu dilihat manusia, kamu merasa benci.” (HR. Ahmad).

Dari hadis tersebut jelas bahwa salah satu penyebab hati gelisah adalah perbuatan dosa dan maksiat yang kita lakukan, Sebab hati gelisah tidaklah jauh-jauh dari perbuatan kita sendiri. Oleh karena itu, jauhilah perbuatan maksiat karena Rasulullah SAW selalu mengingatkan kita untuk menjauhi perbuatan-perbuatan yang menyebabkan dosa,  walau sekecil atau seremeh apapun perbuatan tersebut. Walaupun tidak ada orang lain yang melihat tingkah laku dan perbuatan kita. Namun ingatlah bahwa Allah SWT selalu mengawasi kita. dengan mengingat hal tersebut setidaknya kita akan terhindar dari perbuatan-perbuatan maksiat, sehingga hati kita akan menjadi lebih tenang dan tentram. 

Cara Menghilangkan Kegelisahan Hati

Ada beberapa cara untuk menghilangkan kegelisahan dan keresahan hati diantaranya yaitu:

1) Selalu mengingat Allah, karena hanya dengan mengingat Allah lah hati kita akan menjadi tenang. Sebagaimana Allah SWT berfirman:

Artinya: “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenang dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat  Allah-lah hati menjadi tenang.” (QS. Ar-Ra’du: 28).

2) Menjaga shalat

3) Membaca Al-Qur’an

4) Berzikir, dan

5) Shalat malam.

Nah, Setelah kita mengetahui bahwa penyebab kegelisahan hati  yang ternyata tidak jauh-jauh dari hasil perbuatan kita sendiri, semoga kita bisa lebih berhati-hati lagi dalam menjaga hati. Perbaikilah ibadah kita, tingkatkan kualitas iman kita, jaga shalat kita, dan perbanyaklah mengingat Allah dalam keadaan apapun. Insya Allah dengan semua itu hati kita akan menjadi lebih tenang. Amiin Ya Rabbal ‘Alamiin….



Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam