Inilah Lafaz Niat Qadha Puasa Ramadhan Yang Benar

Artikel terkait : Inilah Lafaz Niat Qadha Puasa Ramadhan Yang Benar

Puasa Ramadhan ialah puasa yang wajib dilakukan oleh semua ummat muslim baik laki-laki maupun perempuan, yang sudah baligh dan berakal. Berpuasa dibulan ramadhan merupakan salah satu jenis ibadah yang wajib dilakukan oleh setiap umat islam karena  dia merupakan bagian dari rukun islam yang ketiga. Apabila seseorang tersebut tidak bisa berpuasa dibulan ramadhan karena ozor ataupun sakit, maka diwajibkan bagi mereka untuk menggantikan puasa tersebut dengan mengqada puasa ramadhan dibulan-bulan lain.
Puasa Qadha artinya “menggantikan” yaitu menggantikan  puasa wajib yang telah ditinggalkan dibulan ramadhan karena ozor ataupun sakit, kemudian menggantikan puasa tersebut dibulan lain sebanyak hari yang ditinggalkan.
Dalil tentang Qadha Puasa Ramadhan
Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 184:  
Artinya: “yaitu dalam beberapa hari tertentu. maka barang siapa diantara kamu ada yang sakut atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka wajiblah dia berpuasa sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. dan wajib bagi orang-orang yang berta menjalankannya (jika mereka tidak puasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan , mka itulah yang lebih baik baginya. dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui." (QS. Al-Baqarah:184)

Dari ayat tersebut jelas bahwa Puasa qadha wajib dilakukan sekiranya seseorang itu membatalkan puasa Ramadhan, baik disengaja maupun tidak. Namun, ada beberapa keadaan yang tidak diwajibkan untuk meng-qadha puasa seperti orang yang baru masuk Islam, maka ia tidak wajib mengganti puasa yang ditinggalkannya semasa ia masih kafir. begitu juga dengan seorang yang baru baligh, maka ia tidak wajib mengganti puasa yang ditinggalkannya semasa ia belum baligh.

Hal-hal yang menyebabkan seseorang wajib mengqadha puasa Ramadhan yaitu:

1) lupa berniat puasa
2) Sakit yang membahayakan
3) Pingsan, gila ataupun mabuk.
4) Perempuan haid ataupun nifas.
5) Sengaja berbuka atau melakukan jimak (bagi isteri saja)
6) wanita hamil yang khawatir akan kesehatan dirinya
7) wanita yang sedang menyusui dan khawatir akan kesehatan dirinya.
8) Orang yang berkerja berat sepanjang bulan puasa.
9) Tersangat lapar dan sangat dahaga yang apabila tidak berbuka dapat membahayakan dirinya.
10) Orang yang kembali dari bermusafir.
11) Murtad.

Niat Qadha Puasa Ramadhan:
Itulah  niat qadha puasa ramadhan yang benar. Jika puasa kita selama dibulan ramadhan banyak yang tertinggal karena ozor maka segeralah meng-qadhakannya. Karena puasa qadha merupakan hutang kita kepada Allah yang wajib dibayar (ditunaikan). Maka bersegeralah membayar hutang tersebut sebelum datang kembali puasa ramadhan tahun ini.

Demikian, semoga bermanfaat!





Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam