Inilah Fungsi Al-Qur'an Bagi Ummat Manusia

Artikel terkait : Inilah Fungsi Al-Qur'an Bagi Ummat Manusia

Al-Qur’an adalah kalam (firman) Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat jibril yang dimulai dengan surat Al-Baqarah dan diakhiri dengan surat An-Naas, dan merupakan ibadah bagi yang membacanya.
Al-Qur’an merupakan suatu mukjizat terbesar yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Untuk memberi petunjuk kepada ummat manusia, mengajari dan mengingatkan manusia tentang segala yang bermanfaat bagi mereka di dunia dan di akhirat, atas dasar inilah Allah SWT memuliakan umat Nabi Muhammad SAW. Jadi sudah sepatutnya kita sebagai ummat Nabi Muhammad SAW untuk selalu membaca Al-Qur’an, mengambil pelajaran dari isi Al-Qur’an serta mengamalkannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Karena banyak sekali hikmah dan fungsi Al-Qur’an bagi ummat manusia yang akan dibahaskan berikut:

Fungsi Al-Qur’an Bagi Ummat Manusia
1) Sebagai pedoman dan petunjuk bagi kehidupan  manusia.
karena didalam al-Quran banyak sekali terdapat petunjuk-petunjuk dan arahan tentang bagaimana hubungan kita dengan Allah, hubungan kita dengan manusia, hubungan kita dengan alam. Dan petunjuk-petunjuk lain seperti nikah, talak, jual beli, Riba, hukum pembunuhan, zina dan lain-lain yang dapat kita jadikan pedoman dalam hidup kita. 
2) Sebagai suatu peringatan bagi ummat manusia. 
Karena didalam al-Quran terdapat banyak sekali peringatan dan teguran bagi manusia agar tidak  melakukan perbuatan maksiat dan kerusakan dimuka bumi ini. sebab semua perbuatan itu hanya akan mendatangkan kerugian semata bagi manusia itu sendiri, baik di dunia maupun di akhirat.
3) Sebagai penyejuk hati ummat manusia. 
Karena hidup di dunia ini kadang dihadapi dengan berbagai ujian dan cobaan,  Semua itu membuat hati dan jiwa manusia sedih, gundah, resah dan gelisah.  Dalam kondisi yang seperti itu, maka manusia harus kembali kepada jalan Allah yaitu Al-Quran, yang didalamnya terdapat penyejuk dan penenang keresahan jiwa.
4) Sebagai sumber hukum dan moral dalam berhubungan dengan alam semesta.
 Karena didalam Al-Quran Allah SWT membolehkan manusia untuk mengambil hasil hutan, namun tidak boleh merusaknya. Pohon yang ditebang harus diganti kembali dengan tunas yang baru, dan begitu juga dengan tanah yang digali harus dirapikan kembali, demi menjaga keseimbangan ekosistem, agar manusia tidak tertimpa bencana dan marabahaya karenanya. Sungguh fungsi dan hikmah diturunkannya Al-Quran sangat besar bagi kehidupan manusia.
5) Sebagai petunjuk tentang bagaimana tata cara beribadah kepada Allah dan tata cara bergaul dengan sesama makhluk Allah.
Karena didalam Al-Quran Allah menjelaskan tentang tata cara beribadah kepada Allah, tata cara bergaul dengan sesama manusia dan alam lingkungan, dan tata cara menjaga martabat dan kedudukan manusia yang tinggi, baik dihadapan Allah SWT maupun dalam pandangan manusia. Sebab jikalau manusia tidak mengetahui tata cara bergaul dengan Allah dan sesamanya maka ia akan jatuh ke jurang kenistaan, Nauzubillah!

Berikut Cara Menerapkan Fungsi Al-Qur’an Dalam Kehidupan Sehari-Hari:
1) Jadikanlah  Al-Quran sebagai petunjuk dan pedoman hidup kita
2) Jadikanlah Al-Quran sebagai landasan hukum dan etika
3) Jadikanlah Al-Quran sebagai tempat kembalinya segala permasalahan dan persoalan.
4) Jadikanlah Al-Qur’an sebagai obat atau Penawar hidup kita
Allah SWT berfirman :
Artinya :‘’Hai manusia sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Rabbmu dan penyembuh dari penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman’’ (QS. Yunus : 57).
Dengan demikian, mari kita jadikan Al-Qur’an sebagai bacaan rutin kita setiap hari, dan berpegang teguhlah kepada Al-Qur’an. Mudah-mudahan Allah SWT mengelompokkan kita dengan orang-orang yang selalu memuliakan Al-Qur’an. Amiin Ya Rabbal ‘Alamiin...


Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam