Inilah Amalan Sebelum Tidur Yang Dianjurkan Rasulullah SAW

Artikel terkait : Inilah Amalan Sebelum Tidur Yang Dianjurkan Rasulullah SAW


Tidur merupakan istirahat sejenak seluruh anggota tubuh, dimana disaat orang-orang yang sudah lelah, capek maka ada waktunya untuk tidur. Allah SWT telah menciptakan kehidupan manusia dengan seindah-indahnya, Allah telah menjadikan langit dan bumi, bulan dan matahari, gunung dan lautan, siang dan malam, semuanya Allah atur ada hikmahnya masing-masing. Allah menjadikan waktu siang supaya hambanya dapat bekerja mencari nafkah, dan menjadikan malam supaya hambanya dapat melakukan istirahat sejenak atau tidur.

Banyak orang yang memaknai tidur hanya untuk menghilangkan rasa lelahnya saja. Tetapi Sebenarnya tidur mempunyai makna tersendiri bagi kita ummat muslim,tidur adalah ibarat kematian. Orang-orang yang beriman mereka selalu memaknai tidur dengan kematian. Bagi mereka, tidur adalah kematian sesaat. Oleh karena itu mereka mempersiapkan amalan-amalan sebelum tidur terlebih dahulu karena barangkali nyawanya akan diambil oleh Allah SWT saat ia sedang tidur.


Banyak sekali amalan-amalan yang dapat dilakukan sebelum tidur, sebagaimana yang telah dipraktekkan oleh Nabi Muhammad SAW diantaranya yaitu:

1) Tidur lebih awal

2) Menutup pintu, memadamkan api (lampu), menutup bejana

3) Berwudhu sebelum tidur

4) Mengibas kain tempat tidur 3 kali

5) Berbaring pada bagian kanan badan, menghadap kiblat dan hindari tidur tertelungkup

6) Bermuhasabah kepada Allah artinya bersyukur dan bertaubat kepada Allah SWT

7) Membaca beberapa surat Al-Qur’an yaitu Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Naas, Al-Kafirun, ayat kursi dan 2 ayat terakhir Al-Baqarah

8) Membaca doa sebelum tidur

9) Berzikir hingga tertidur, usahakan diakhiri dengan kalimat tauhid (Laa ilaa Haillallah).


Banyak sekali amalan yang bisa kita lakukan sebelum tidur, sebagaimana yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada Aisyah Radhiyallau ‘Anhu:

Suatu ketika Rasulullah saw pernah berkata kepada Aisyah:  wahai Aisyah!“Janganlah engkau tidur sebelum mengerjakan empat hal. Pertama menghatamkan al-Qur’an. Kedua menjadikan para Nabi sebagai pemberi syafaat bagimu. Ketiga meminta ridha dari semua kaum muslimin. Keempat melaksanakan haji dan Umrah”. Lalu Aisyah menjawab : “bagaimana aku bisa melakukan keempat hal tersebut?” seraya tersenyum Rasulullah SAW berkata: “Apabila engkau membaca surat al-Ikhlas tiga kali, maka seakan-akan engkau telah menghatamkan al-Qur’an. Dan apabila engkau bershalawat kepadaku dan kepada semua Nabi-Nabi maka engkau sama dengan menjadikan kami sebagai pemberi syafaatmu. Dan apabila engkau beristighfar untuk kaum muslimin, maka engkau telah menjadikan mereka ridha kepadamu. Dan terakhir apabila engkau membaca tasbih seolah-olah engkau telah melaksanakan haji dan umrah.



Demikianlah amalan-amalan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW ketika kita hendak tidur. Meski amalan tersebut  diajarkan kepada Aisyah Radhiyallahu ‘Anhu, namun kita sebagai ummat muslim wajib mengikuti sunnah-sunnah yang dianjurkan Rasulullah SAW. Dengan melakukan amalan tersebut berarti kita telah siap untuk berjumpa dengan-Nya (Allah).  Karena kita  tidak tahu kapan kita akan dicabut nyawanya  oleh Allah SWT. Barangkali Allah SWT mencabut nyawa kita di saat kita sedang tidur. Mudah-mudahan kita termasuk kedalam golongan orang-orang yang beriman dan meninggal dalam keadaan beriman. Amiin Yarabbal ‘Alamiiin...

Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam