Inilah 25 Mukjizat Para Nabi Dan Rasul Lengkap

Artikel terkait : Inilah 25 Mukjizat Para Nabi Dan Rasul Lengkap



Mukjizat ialah suatu kejadian luar biasa yang dialami oleh para Nabi dan Rasul atas kehendak Allah SWT, sebagai suatu pembuktian atas kebenaran dan keabsahan risalah yang mereka sampaikan.  Karena tidaklah mudah perjuangan para Nabi dan Rasul dalam menyampaikan risalah, dimana banyak sekali pertentangan dari masyarakat atas mereka. Banyak yang menghina mereka  serta menganggap bahwa ajaran yang dibawa oleh para Nabi dan Rasul adalah hanya kebohongan semata, dan  bahkan masyarakat menganggap bahwa hal itu adalah sihir.
Untuk itu, maka Allah SWT memberikan mukjizat-mukjizat bagi para nabi dan rasul tersebut untuk membuktikan kebenaran tentang kenabian dan kerasulan utusan-Nya,  serta untuk melemahkan tuduhan dari kaum-kaum yang ingkar kepada rasul, yaitu melalui kejadian-kejadian atau peristiwa besar yang luar biasa.
Mukjizat ini khusus hanya diberikan Allah SWT kepada para Nabi dan Rasul-Rasul Nya. Sedangkan kepada manusia tidak diberikan mukjizat , manusia yang kuat imannya, taat ibadahnya kepada Allah SWT,  maka apabila manusia tersebut diberikan suatu kejadian yang luar biasa oleh Allah SWT, kejadian tersebut dinamakan sebagai karomah (bukan mukjizat). Karena mukjizat hanya diberikan kepada nabi-dan rasul Allah.
Sebagaimana Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surah Al-Mu’min ayat 78:
Artinya: “Dan sesungguhnya telah Kami utus beberapa orang rasul sebelum kamu, di antara mereka ada yang Kami ceritakan kepadamu dan di antara mereka ada (pula) yang tidak Kami ceritakan kepadamu. Tidak dapat bagi seorang rasul membawa suatu mukjizat, melainkan dengan seizin Allah,  maka apabila telah datang perintah Allah, diputuskan (semua perkara) dengan adil, Dan ketika itu rugilah orang-orang yang berpegang kepada yang batil.” (QS. Al- Mu’min ayat 78).


Inilah Mukjizat-Mukjizat yang diberikan Allah SWT kepada para nabi dan Rasul
1) Mukjizat Nabi Adam A.S
Mukjizat nabi adam A.S adalah sebagai manusia serta khalifah pertama yang diciptakan Allah SWT dari segumpal tanah. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 30:
Artinya: “Dan ingatlah ketika Tuhanmu berkata kepada para Malaikat: “Aku akan ‎menciptakan seorang khalifah di bumi”. Para Malaikat berkata: “Apakah ‎Engkau akan menciptakan orang yang akan membuat kerusakan di dalamnya ‎dan mengalirkan darah, sementara kami selalu bertasbih dengan memuji-Mu ‎serta mengagungkan-Mu. Allah berkata: “Aku mengetahui apa yang tidak ‎kalian ketahui.” (QS. Al- Baqarah: 30).

2) Mukjizat Nabi Idris A.S
Allah SWT memberikan beberapa mukjizat  kepada Nabi Idris A.S yaitu berupa kejujuran, kepandaian, kemahiran, serta kemampuan dalam menciptakan hal-hal yang dapat memudahkan kegiatan manusia, seperti ilmu perbintangan, mengenal tulisan, ilmu berhitung, ilmu menjahit, dan sebagainya.

3) Mukjizat Nabi Nuh A.S
Mukjizatnya yaitu: dengan izin Allah SWT Nabi Nuh bisa membuat perahu yang sangat besar yang menumpang orang-orang beriman untuk diselamatkan jiwanya dari azab Allah SWT (banjir bandang yang melanda umat Nabi Nuh yang kafir).

4) Mukjizat Nabi Hud A.S
Karena banyak dari kaum nabi Hud  yang memiliki hati yang telah mati dan sekeras batu, mereka tetap memegang pada kesesatan dan penyimpangan, yaitu dengan menyembah berhala-berhala. Sehingga Pada akhirnya Allah SWT menurunkan Azab bagi mereka yaitu berupa badai panas yang berkepanjangan yang membuat sumur-sumur serta sumber air mengering serta banyak tanaman-tanaman yang mati karenanya. Lalu Allah SWT mendatangkan awan hitam yang dikira sebagai anugrah berupa hujan bagi kaum tersebut.

5) Mukjizat Nabi Shaleh A.S
Mukjizat yang diberikan Allah SWT kepada nabi Shaleh A.S adalah berupa unta betina yang lahir dari celah-celah batu sebagai tanda-tanda kebesaran dari Allah bagi kaum samud, dimana Nabi Saleh A.S diutus Allah SWT untuk menyampaikan risalahnya.

6)Mukjizat Nabi Ibrahim A.S
Mukjizat nabi Ibrahim A.S adalah tidak terbakar didalam api. Disaat kaum-kaumnya yang  kafir membakarnya. 

7) Mukjizat Nabi Luth A.S
Kaum nabi luth adalah kaum yang membuat perilaku seks yang menyimpang (laki-laki melakukan seks sesama lelaki dan wanita sesama wanita). Nah ketika Nabi Luth A.Smenyerukan agar kaumnya meninggalkan perbuatan tersebut, justru Beliau mendapatkan perlakuan buruk dari kaumnya, sehingga Allah pun menurukan azab bagi kaum tersebut berupa gempa bumi yang dahsyat disertai dengan hujan batu sijjil dan angin kencang yang pada akhirnya menghancurkan dan membinasakan penduduk di kota tersebut kecuali Nabi Luth dan pengikutnya yang beriman.

 8) Mukjizat Nabi Ismail A.S
Mukjizat nabi Ismail A.S dari adalah keselamatan ketika ayahnya (Nabi Ibrahim A.S) hendak menyembelihnya sebagai kurban atas perintah Allah SWT. Ketika hendak disembelih, Allah SWT menggantikan Nabi Ismail dengan seekor domba.

9)  Mukjizat Nabi Ishaq A.S
 Istri nabi ishak yang bernama Rafqah binti Batu’il adalah seorang wanita yang mandul, Dan atas do’a yang dipanjatkan Nabi Ishaq A.S kepada Allah SWT, akhirnya Istrinya dapat menangdung dan melahirkan anak kembar yaitu ‘Iishuu yang merupakan nenek moyang bangsa Romawi dan Ya’qub yang merupakan nenek moyang Bani Israil.

10)  Mukjizat Nabi Yaqub A.S
Mukjizat Nabi Yaqub adalah nabi ya’kub dikarunia 12 orang anak, dan sebelum wafat, beliau berwasiat kepada putra-putranya, dimana hal tersebut tercantum dalam Alquran surah Al-Baqarah ayat 133:
Artinya: “Apakah kalian menjadi saksi saat maut akan menjemput Ya’qub, ketika dia berkata kepada anak-anaknya, Apa yang kalian sembah sepeninggalku? Mereka menjawab, Kami akan menyembah Rabbmu dan Rabb nenek moyangmu, yaitu Ibrahim, Ismail, dan Ishaq, (yaitu) Rabb Yang Maha Esa, dan kami (hanya) berserah diri kepada-Nya.” (QS. Al- Baqarah: 133)

 11) Mukjizat Nabi Yusuf A.S
Mukjizat nabi yusuf A.S adalah dikaruniai Allah SWT dengan wajah yang tampan dan dapat menafsirkan mimpi.

 12) Mukjizat Nabi Ayyub A.S
Mukjizat nabi ayyub A.S adalah sebagai utusan Allah SWT yang dianggap paling sabar dalam menghadapi cobaan.

13) Mukjizat Nabi Syuaib A.S
Mukjizat nabi syuaib adalah Allah telah menyelamatkan Nabi Syuaib dan pengikutnya dari azab Allah SWT yang menimpa kaum Madyan, yaitu berupa badai panas,  datangnya awan hitam, petir, dan gempa bumi yang menghancurkan kaum tersebut.

14) Mukjizat Nabi Musa A.S
Mukjizat nabi musa adalah tongkat menjadi ular. Atas bantuan dari Allah SWT melalui tongkat tersebut, maka Nabi Musa A.S dapat membelah laut merah sehingga beliau dan para pengikutnya dapat selamat dari kejaran  Fir’aun.

15) Mukjizat nabi Harun A.S
Mukjizat nabi harun adalah Allah SWT telah mengkaruniakan kemampuan bahasa yang baik kepada Nabi Harun.

16) Mukjizat Nabi Zulkifli A.S
Mukjizat nabi zulkifli adalah sebagai utusan Allah SWT yang terkenal dengan kesabaran serta sifat dermawannya.

17) Mukjizat Nabi Daud A.S
Mukjizat nabi daud A.S adalah memiliki kemampuan untuk mengerti bahasa burung, memiliki kecerdasan akal, memiliki suara yang merdu, serta mampu melembutkan besi dengan menggunakan tangan kosong.

18) Mukjizat Nabi Sulaiman A.S
Mukjizat kepada nabi Sulaiman A.S adalah Mampu berbicara dan memahami bahasa binatang, serta mampu menundukkan Jin dan angin sehingga mereka mau menuruti kehendak Beliau.

19) Mukjizat Nabi Ilyas A.S
Nabi Ilyas A.S adalah utusan Allah SWT bagi kaun Bani Israil yang gemar menyembah patung yang diberi nama Ba’al. Akan tetapi kaum tersebut mengingkari apa yang diajarkan oleh Beliau. Oleh karena itulah Allah SWT menurunkan Azab bagi mereka berupa kemarau yang berkepanjangan serta hujan yang tidak mampu menyentuh bumi.

20) Mukjizat nabi Ilyasa A.S
Mukjizat Nabi Ilyasa A.S adalah Beliau termasuk hamba Allah SWT yang terbaik, dimana ia diberikan mukjizat oleh Allah SWT dapat menghidupkan orang yang telah meninggal.

 21) Mukjizat nabi Yunus A.S
Mukjizat nabi Yunus A.S adalah Beliau dapat selamat ketika ditelan oleh ikan paus dalam beberapa waktu ketika beliau meninggalkan kaum Asyiria di Ninawa.

 22) Mukjizat nabi Zakaria A.S
Mukjizat Nabi Zakaria adalah Beliau baru dikarunia keturunan ketika umurnya telah uzur (tua). Hal ini dikarenakan istrinya adalah wanita mandul. kemudian Nabi Zakaria memanjatkan do’a kepada Allah SWT, dan akhirnya Allah SWT mengabulkannya dan mengirimkan nabi yahya sebagai anak atau keturunan Nabi Zakaria A.S.

23) Mukjizat Nabi Yahya A.S
Mukjizat Nabi yahya A.S adalah Allah SWT mengkarunia kemampuan kepada nabi yahya untuk mengetahui syariat serta memutuskan perkara manusia sejak ia masih kecil. Beliau terkenal sangat rajin dan gemar membaca.

24) Mukjizat nabi Isa A.S
Mukjizat nabi Isa A.S adalah mampu menyembuhkan orang-orang yang buta, mampu menghidupkan orang-orang yang telah meninggal, dan Beliau pun akhirnya diangkat ke langit oleh Allah SWT ketika orang-orang Yahudi berusaha menyalibnya.

 25) Mukjizat Nabi Muhammad SAW
Nabi Muhammad SAW adalah  sebagai Nabi penutup, jadi tidak ada lagi utusan Allah SWT setelah Beliau. Adapun ajaran yang dibawa Nabi Muhammad SAW adalah untuk menyempurnakan ajaran-ajaran yang dibawa oleh Nabi-Nabi dan Rasu-rasul terdahulu.
Adapun mukjizat terbesar Nabi Muhammad SAW adalah Al-Qur’an sebagai pedoman hiddup ummat manusia. Selain itu, Allah SWT juga telah mengkaruniakan kepada beliau sebuah peristiwa yang sangat luar biasa yaitu peristiwa Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW, dimana dalam peristiwa tersebut berlangsung dalam kurun waktu kurang dari satu hari. dengan izin Allah SWT Nabi mUhammad SAW dapat membelah bulan menjadi dua,  dan pada saat kemarau dari sela sela jari Rasulullah SAW dapat mengeluarkan air yang dapat diminum oleh umatnya.

Demikian, semoga bermanfaat!

Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam