Amalan Dan Kelebihan Malam Nisfu Sya'ban

Artikel terkait : Amalan Dan Kelebihan Malam Nisfu Sya'ban


Bulan sya’ban adalah salah satu bulan yang sangat agung. Dimana didalam bulan sya’ban tersebut terdapat satu malam yang sangat istimewa yaitu malam diangkatnya buku amalan manusia kehadirat ilahi Rabbi Allah SWT yang disebut dengan malam Nisfu Sya’ban. Malam Nisfu sya’ban artinya malam pertengahan bulan sya’ban yaitu malam ke-15 bulan sya’ban.

Malam nisfu sya’ban ini adalah malam yang dinanti-nantikan oleh ummat muslim, karena pada malam ini adalah malam diangkatnya buku amalan kita kepada Allah SWT dan dibukanya buku lembaran baru agar kita dapat menyambut bulan suci Ramadhan dengan jiwa yang bersih dari perbuatan maksiat dan dosa. 



Sungguh, banyak sekali kelebihan-kelebihan dimalam nisfu sya’ban diantaranya yaitu pada malam inilah terbukanya pintu langit dan malam dimakbulkan segala doa, sehingga Malam Nisfu Sya’ban juga disebut dengan :

1) Malam Lailatul Mubarakah yaitu malam keberkatan

2) Malam Lailatul Qismah wal taqdir yaitu malam pembahagian dan penentuan

3) Malam Lailatul Syafaah yaitu malam syafaat

4) Malam Lailatul Takfir yaitu malam mengkifaratkan dosa

5) Malam Lailatul Ijabah yaitu malam diperkenankan doa

6) Malam  Lailatul Hayat yaitu malam yang hidup atau malam yang tidak dimatikan hatinya apabila seseorang menghidupkan malam tersebut. 


Nah begitu banyak kelebihan dimalam nisfu sya’ban tersebut, Rasulullah SAW pun bersabda:

Artinya: ”Jika terjadi Malam Nisfu Sya’ban maka shalatlah kamu sekalian pada malam harinya dan puasalah kamu sekalian pada siang harinya,karena seseungguhnya Allah  yang Maha Suci lagi Maha Tinggi turun pada malam tersebut mulai terbenam matahari dan berfirman: ”Apakah tidak ada hamba-KU yang meminta apunan sehingga AKU (Allah) ampuni, apakah tidak ada hamba-Ku yang meminta rizqi sehingga AKU memberinya rizqi.apakah tidak ada hamba-KU yang terkena Bala, sehingga aku dapat menyelamatkanya ,apakah tidak demikian ,apakah tidak demikian, hingga terbit fajar”.

Imam Al-Ghazali mengisahkan malam Nisfu Sya’ban sebagai malam yang penuh dengan syafaat (pertolongan Allah). dan menurut Imam Ghazali pada malam ke-13 Bulan Sya’ban Allah SWT memberikan sepertiga syafaatnya kepada hamba-NYA, sedangkan pada malam ke-14 seluruh syafaat itu diberikan secara penuh,dengan demikian pada malam ke-15 ummat islam dapat memiliki banyak sekali kebaikan sebagai penutup catatan amalnya selama setahun, karena pada malam ke-15 bulan Sya’ban inilah catatan perbuatan manusia penghuni bumi akan di naikkan ke hadapan ilahi Rabbi Allah SWT. Maka hidupkanlah malam nisfu sya’ban tersebut.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW : “Barangsiapa yang menghidupkan malam dua hari raya dan malam pertengahan bulan Sya’ban, maka hatinya tidak mati biarpun semua hati mati ketika itu.”


Oleh karena itu, Umat Islam disarankan untuk menghidupkan malam nisfu sya’ban ini dengan membaca surah Yasin sebanyak 3 kali selepas shalat maghrib.

1) Bacaan pertama diniatkan supaya dipanjangkan umur untuk beribadah kepada Allah SWT

2) Bacaan kedua dengan niat supaya dilapangkan Allah rezekinya yang halal dan diberkati-Nya

3) dan bacaan ketiga diniatkan supaya  ditetapkan iman didalam hatinya dan mati dalam keadaan beriman.

Lalu membaca Doa ini:




Demikian, semoga bermanfaat!









Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam