Nama-Nama Surga Serta Penghuninya

Artikel terkait : Nama-Nama Surga Serta Penghuninya


Surga adalah salah satu tempat yang diciptakan Allah SWT yang diperuntukkan khusus kepada hamba-hambanya yang beriman. Surga merupakan nikmat terbesar yang diberikan Allah SWT kepada orang-orang yang patuh akan perintah Allah, dan senantiasa menjauhi segala larangan-Nya, sebagai balasan terhadap amal baik yang pernah ia lakukan didunia. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam hadis Qudsi yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda, sesungguhnya Allah SWT berfirman:
Artinya:  "Aku telah menyediakan buat hamba-hamba-Ku yang shaleh sesuatu, tidak ada satu matapun yang mampu melihatnya, tidak ada satu telingapun yang mampu mendengarnya, dan tidak pula hati mampu untuk membayangkannya, sebagai simpanan (dalam memori hatinya). Biarlah Allah tidak memperlihatkannya kepada Anda, (sesuatu yang belum diperlihatkan itu amat besar dan mengagumkan). Kemudian Nabi membaca (ayat), 'Seorangpun tidak mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka, yaitu (bermacam-macam nikmat) yang menyedapkan pandangan mata.'" (HR.Muslim).
Dari hadis tersebut, jelas bahwa Allah SWT menyediakan tempat yang paling istimewa terkhusus buat orang-orang yang shaleh yang selalu taat kepada Allah SWT sebagai suatu balasan dari Allah SWT terhadap dirinya. Nah, Walaupun kita belum pernah melihat syurga . namun didalam Al-Qur’an telah dijelaskan betapa indahnya syurga, Surga itu penuh dengan kilauan cahaya, baunya harum semerbak, didalamnya ada istana yang tinggi, sungai-sungai yang terbentang luas dengan aneka rasa yang tidak pernah berubah rasa. ada sungai dari susu, sungai dari anggur,  sungai dari madu, sungai Al-Katsar, dan sungai khamar yang tidak menyebabkan mabuk bagi orang yang meminumnya, dan rasanya pun manis dan sedap sehingga tidak membuat bosan orang yang meminumnya. Subhanallah!


Nama-Nama Surga Serta Penghuninya
1) Surga Firdaus
Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surah Al-Mukminun ayat 9-11:
Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang memlihara shalatnya. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi, (yakni) yang akan mewarisi surga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya."
(QS. Al-Mukminun: 9-11).

2) Surga ‘Adn
Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surah At-Taubah ayat 72:
Artinya:"Allah menjanjikan kepada orang-orang mukmin lelaki dan perempuan (akan mendapat) surga di bawahnya mengalir sungai-sungai, kekal mereka di dalamnya, dan mendapat tempat-tempat yang bagus di surga 'Adn." (QS. At-Taubah: 72).
3) Surga Na’im
Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surah Luqman ayat 8:
Artinya:  “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan” (Q.S. Luqman: 8)

4) Surga Ma’wa
Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surah An-Nazi‘at ayat 40-41:
Artinya: “Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya. Maka sesungguhnya surga tempat tinggalnya.” (Q.S. An-Nazi‘at: 40-41)

5) Surga Darussalam
Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surah Al-An’am ayat 127:
Artinya: “Bagi mereka (disediakan) Darussalam (surga) pada sisi Rabbnya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal sholeh yang selalu mereka kerjakan.” (QS. Al-An’am: 127)

6) Surga Darul Muqamah
Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surah Fathir ayat 34-35:
Artinya:  “Dan mereka berkata, ‘Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; di dalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu.” (Q.S. Fathir: 34-35)

7) Surga Maqaamul Amin
Surga Maqaamul Amin adalah surga yang diciptakan Allah SWT dari emas. penghuninya adalah orang-orang yang sangat beriman (muttaqien), yaitu yang benar-benar bertakwa kepada Allah SWT. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surah Ad-Dukhan ayat 51:
Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman.” (Q.S. Ad-Dukhan: 51)

8) Surga Khuldi
Surga Khuldi adalah surga yang diciptakan Allah SWT dari marjan merah dan kuning. penghuninya adalah orang-orang yang taat menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangan-Nya. Sebagaimana Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surah Al-Furqan ayat 15:
Artinya: “Katakanlah, Apa (azab) yang demikian itukah yang baik, atau surga yang kekal yang telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa? Dia menjadi balasan dan tempat kembali bagi mereka.” (Q.S. Al-Furqan: 15).
Menurut hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘Anhu, surga memiliki 8 pintu dari emas yang ditaburi mutiara. Pintu-pintu tersebut ialah :
1) Pintu untuk para Nabi, Rasul, para syuhada, dan dermawan.
2) Pintu bagi orang-orang yang mendirikan sholat dengan sempurna.
3) Pintu bagi orang-orang yang mengeluarkan zakat dengan kebersihan jiwa.
4) Pintu untuk orang-orang yang memerintah kebaikan dan melarang kemungkaran.
5) Pintu untuk orang-orang yang mencegah hawa nafsu dan syahwatnya.
6) Pintu bagi orang-orang yang menunaikan ibadah Haji dan umrah.
7) Pintu bagi para Mujahid (orang yang berjuang menegakkan agama Allah)
8) Pintu untuk orang-orang yang bertakwa, berbakti kepada orang tua, dan menyambung tali persaudaraan.

Demikian, semoga bermanfaat! 

Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam